Latest Updates

BAGAIMANA CARA MENGISI/MENYUSUN JJM PADA DAPODIKDAS 2013

Masalah JJM ini yang paling utama karena Rombel yang tidak normal mengakibatkan  seorang PTK tidak  bisa mendapatkan  tunjangan,maka dari itu perlu kita pelajari bagaimana betul tidaknya cara penginputan datanya.Aplikasi dulu beda dengan sekarang,yang jadi masalah adalah bagaimana cara memasukkan JJM ini di Aplikasi Dapodikdas 2013
Bisa anda lihat Keterangan di bawah ini yang saya ambil dari teman-teman yang ikut workshop Dapodikdas 2013

Pengisian JJM pada rombel
-Yang diakui adalah JJM yang sesuai struktur kurikulum KTSP.
-Diperbolehkan menambahkan jam maksimum 4 jam perminggu akumulasi semua mata pelajaran dalam KTSP

KEPALA SEKOLAH
Memiliki kewajiban mengajar 6 jam tatap muka
-Jika Kepsek memiliki bidang studi sertifikasi Guru kelas, harus mengajar salah satu mapel yang menjadi kewajiban Guru Kelas di 3 kelas
-Jika Kepsek memiliki bidang studi penjas harus mengajar Penjas di dua kelas
-Jika Kepsek memiliki bidang studi B. Inggris dapat mengajar Mulok Bahasa Inggris.
 

Struktur Kurikulum KTSP  (SD)
permendiknas no 22 tahun 2006
-Guru kelas (25 jam)
PKN  biasanya diambil kepsek
Bahasa Indonesia
Matematika
IPA
IPS
Seni Budaya dan Keterampilan
Mulok PLBJ (DKI Jakarta)

-Penjaskes (4 jam)
-Agama (3 jam)
-Mulok Potesi Daerah (2 jam) Bahasa Inggris
-Free 2 jam (bisa diambil kepsek)
Jika kepsek ambil PKN maka Guru Kelas menambahkan jam di pelajaran lainnya



Struktur Kurikulum KTSP  (SMP)
permendiknas no 22 tahun 2006
Agama : 2 jam
PKN : 2 jam
Bahasa indonesia : 4 jam
Bahaa Inggris : 4 jam
Matematika : 4 jam
IPA : 4 jam
IPS : 4 jam
Seni Budaya : 2 jam
Penjas : 2 jam
Ketrampilan/TI : 2 jam
Muatan Lokal : 2 jam
Free 4 jam (bisa diambil oleh beberapa pelajaran)

Rombel Normal
Rombel yang memiliki jumlah jam maksimum 36 jam, dengan tidak mengurangi jam untuk mata pelajaran yang ada dalam struktur KTSP
Penambahan jam maksimum 4 jam yang dapat dibagi dalam beberapa pelajaran, contoh (untuk SMP) :
Matematika  5 jam (KTSP 4 jam)
IPS 5 jam (KTSP 4 jam)
IPA 6 jam (KTSP 4 jam)
Jika ditambahkan lagi akan menjadi tidak normal


Gambar di bawah ini saya dapatkan di Groups Facebook
JJM Untuk SD




















JJM Untuk SMP





















Dari kedua keterangan JJM  diatas apakah beda?harus yang mana kita pakai JJM nya?mungkin ini jadi pertanyaan teman-teman sesama operator?
Kabar yang beredar maksimalnya JJM harus sesuai referensi PDSP


Cara yang saya coba susun dikelas 1,2 dan 3 dengan berpatokan pada Kurikulum KTSP
Guru Kelas di KTSP 25 jam saya jadikan maksimalnya 24 jam
Guru PAI 3 jam di KTSP saya sesuaikan
Guru Penjaskes 4 jam di KTSP saya sesuaikan
Karena Guru PAI diharuskan 24 jam juga oleh Depag setempat saya buatkan saja Pendidikan Al Qur'an 1 jam di bagian Mulok


Untuk Kelas 4,5 dan 6
Kepsek 2 jam
Guru Kelas 24 jam
Guru PAI 3 jam
Guru Penjaskes 4 jam
Guru Mulok 2 jam B.Banjar
Guru PAI untuk Mulok Pendidikan Al Qur'an 1 jam

Benar tidaknya cara saya diatas bukan saya yang paling benar,karena ini cuma pemikiran dengan nalar sendiri,PANDUAN RINCINYA TIDAK ADA!!! terserah anda menilainya sendiri?bagi teman-teman yang benar paham akan hal susunan JJM nya bisa kita berbagi share di Post comment



Penjelasan dari Akang Yulian Cahyo Hadi Saputro : PENTING !!!!!!  
Perbedaan Matpel Wajib,

Matpel Wajib (tambahan 4 jam),
Matpel Tambahan  
Pada PEMBELAJARAN :
-Group matpel wajib: matpel disinilah yg sesuai kurikulum yg dipilih. sehingga matpelnya sudah ditentukan. bapak/ibu tinggal mengisikan ptk, tmt mengajar, sk mengajar nya. dan matpel ini tidak dapat dihapus, yg ada hanya edit ptk saja
-Group matpel wajib (4 jam) : ini untuk mengakomodir kurikulum ktsp, yang mana setiap rombel diperbolehkan menambahkan 4 jam. silakan ditambahan melalui tombol "Tambah".
-Group matpel tambahan : ini adalah matpel-matpel tambahan dari pihak sekolah sendiri

Sehingga, nanti JJM yg akan diakui oleh pihak P2TK adalah group Matpel Wajib dan group Matpel Wajib (4 jam).

Untuk group Matpel Tambahan tidak akan diakui.



32 Responses to "BAGAIMANA CARA MENGISI/MENYUSUN JJM PADA DAPODIKDAS 2013"

Rahmad Jaya Halawa said...

jd kepsek tu ngmbil mata pelajaran apa mas bro??

Supiadi Yadi said...

@RAHMD,Kepsek yg sertifikasinya guru kelas ya pilihkan saja mata pelajaran bisa PKn,kalau kepseknya sertifikasi guru mata pelajaran sesuaikan dgn bidang studinya tersebut

Anonymous said...

guru agama islam kan total 17 jam jadi gimana cara nambahnya supaya jadi 24 jam?

boy said...

Kalo sy guru matematika mengajar 6 jam di 4 kelas sementara jjm maksimal nya hanya diperbolehkan 4 solusinya gimana bro... apa musti dibuatkan BTA sperti diatas ...
ohya operator di sekolah sy nggak tahu BTA itu apa..

Supiadi Yadi said...

@boy ditempat kami BTA itu Baca Tulis Al Qur'an

lee said...

Pak, mau tanya nih.. semoga belum tahun baruan.. hehehe
pak 24 jam guru kelas itu apakah termasuk bahasa daerah? kalo tidak berrt setiap kelas ditambah jam muatan llokal bahasa daerah yg ngajar guru kelasnya.. gtu ya pak? brri guru kelasnya jam nya klo ditotal lebih dari 24 ya?
terima kasih

Supiadi Yadi said...

@LEE,kalau memang tidak ada guru muatan lokal bahasa daerahnya,guru kelas tadi bisa mengambilnya,jadi buatkan aj lagi 2 jam dgn nama guru kelas tadi,didapodik tdk bs kn wali/guru kelas 26 jam, max 24,kalau aplikasi 2012 dulu bs kita jadikan 26

YOSI RIAN WIDIATMOKO said...

untuk kelas SD/MI ap harus 24 jam? soalnya kepala sekolah kan ngambil 2 jam PKn dari Kelas SD/MI. tetap disi 24 atau 2 setelah dikurangi untuk Kepala Sekolah?

sekolah said...

izin bertanya pak....
sekolah saya adalah SD swasta. wali kelasnya hanya dapat 7 jam, untuk tingkatan kelas 6.sementara kepseknya mengajar bid studi matematika dan sudah sertifikasi, dan mendapat 7 jam juga. jd gimana cara mengisi rombelnya pak. sementara masih ada lagi guru bid studi lainnya.....
mohon solusinya dong pak

Supiadi Yadi said...

@yosi rian,untuk wali kelas jgn dikurangi harus tetap 24 jam

Supiadi Yadi said...

@sekolah,utk KEPSEK umumnya diberikan mata pelajaran PKN 2jam kls4,2jam kls5,2jam kls6 .kalau KEPSEK pada wktu sertifikasi bidang studi MATEMATIKA maka harus dan wajib KEPSEK mengajar MATEMATIKA agar sertifikasi tetap dapat,utk kepsek 7 jam ini harus posisi mengajarnya dikls 4,5,6 kalau 7 jam ini cm dikls 6 maka wali kelas pasti jd korban dn tdk cukup 24 jam

Anonymous said...

malam pak saya masih bingung dengan pembagian jjm ini terutama untuk kepsek. kepsek sertifikasinya guru kelas kalau melihat penjelasan bapa harus mengambil jam tambahannya mengajar pkn di kelas atas (4,5,6) kalau begitu berarti guru kelas jadi kurang jam ? di dapodik ada kan ada guru kelas 24 jam (apakah 24 jam itu termasuk pelajaran bahasa sunda ?)tolong pak bantuannya?

Supiadi Yadi said...

ini jadi pikiran dan sy tanyakan juga pd org2 yg betul2 tau tentang ini,takutnya wali kelas 24 jam jd berkurang karena diambil kepsek masing2 2 jam,tap setelah sy lihat punya teman2 yg lain dan sy pikir diaplikasi sdh tercantum wali kelas 24 itu hak wali kelas tetap menang wali kelas di cek info guru,yg berpengaruh itu kita lihat normal tidaknya aj suatu rombel,kalau kepsek sertifikasi guru kelas wajib mengambil matpel yg ad pd wali kelas misal PKN,Jadi pilih aj Kelas SD/MI dgn pilihan PKN,sy rasa aman2 aj WALI KELAS kepsek ngambil PKN,tp ingat ini bkn sy yg paling benar,cb jg tanyakn pd org lain,nanti sy yg disalahkn oleh anda

Wisha wirata said...

pak apakah bisa jam mengajar kepala sekolah mengajar IPA 4 jam kls 4, 5, dan 6? mohon infonya ya

Irvanda Posumah said...

pak, mohon bantuannya...kepala sekolah saya di SMP tapi sertifikasinya Guru Kelas SD. itu gimana, ya? apakah bisa Kepala Sekolah tersebut mengambil 6 jam di SD dengan mapel Guru Kelas dan mata pelajaran lokalnya IPS?terima kasih.

Supiadi Yadi said...

yang idealnya KEPSEK ngambil PKN,KALAU NGAMBIL IPA 4 jam, guru kelas jd byk kurangnya ,kalau jg mengambil 2 jam gimana nanti pembelajarannya IPA di ajarkan oleh 2 guru pasti guru satu tnya sampai dimana bapak ngajarinya jd ribet.kepsek yg bersertifikasi guru kelas boleh aj ngambil macam2 matpel wajib yg dipegang guru kelas,tp ingat jgn ad yg dirugikan dan berhati hati lah dlm menyusun JJM NYA

Supiadi Yadi said...

@IRVANDA,dari yg saya tau kepsek kamu itu harus di SD mengajarnya sesuai sertifikasinya,kalau tetap di SMP bisa g keluar itu SKTP nya,kalau sertifikasinya GURU MATA PELAJARAN BARU PAS BENAR DI SMP

Supiadi Yadi said...

Bisa aj pindah ke SD dan mcm2 Matpel wajib boleh diambil KEPSEK sesuai yg dipegang guru kelas dan bisa diatur dengan tidak mengurangi jam wajib guru kelas 24

Adhit Gutierrez said...

Bagaimna menambahkan BTA di dapodik SMP pak???mksh

berty ana said...

pak saya mu tanya
saya guru pns d sd tapi sk saya mapel bahasa inggris n sya lulus plpg mapel bahasa inggris, jadi bagaimana pengimputan data untuk mendapatkan tunjangan?
trims

Supiadi Yadi said...

@BERTY,dari ap yg sy tahu,b.inggris di SD tidak ad lagi,dan jumlah jamnya pun tdk akan cukup 24 jam utk b.inggris di SD,Untuk jd wali/guru kelas memang bisa 24 jam,tp tdk linier jg utk matpel b.inggris mungkin mash bs menerima tunjangan tp cm 2 tahun aj nerimanya,dn nanti kamu tetap plpg lg utk sertifikasi guru kelas,krn guru kelas harus jg bidang sertifikasi guru kls jg,b.inggris adanya utk guru SMP,jd bs kamu cari SMP yg bs cukup jg bagi km 24 jam,kepala lab b.inngris utk SMP 12 jam diakui syaratnya ad sertifikat kepala LAB

Supiadi Yadi said...

ISTRI SAYA BARU AJ IKUT PELATIHAN KEPALA LAB B.INGGRIS DI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT..YA UTK JAGA2 KALAU NANTINYA TDK CUKUP JAM SERTIFIKAT LAB 12 JAM DIAKUI,JD TINGGAL 12 AJ LG NAMBAHNYA SEANDAINYA TDK CUKUP JAM KRN GURU2NYA PENUH,INGAT YG MENGADAKAN DIKLAT LAB HARUS DISUATU UNIVERSITAS AGAR SERTIFIKATNYA PUNYA KEKUATAN PENUH DAN TERDAFTAR RESMI

smpnegeri3lamongan said...

Apakah no SK kepala lab yg diterbitkan sekolah tidak diakui di dpdik, krn 12 jam sdh ditulis tp gk keluar jam tgs tambahannya, mihon infonya...trims

Anonymous said...

Kasian ya guru Bahasa Inggris di SD. Sekolah saya di Jakarta Ada 26 rombongan belajar, saya mengajar Bahasa Inggris 13 kelas karena masing2 tingkat 4 dan 5 pararelnya @ 2 jam seminggu, total 26 jam. Tetap saja JJM Nol. Sertifikasi Bahasa Inggris SD sesuai Pendidikan strata 1 dulu. Masih terkendala seperti ini. Jalan 'Lurus' dan apa adanya memang berat konsekuensinya. Tapi Insya ALLAH saya ikhlas, pasrah dan berserah.

Sri Mariati said...

ya, hari ini saya bingung kmren pas ngisi dapodik tanya k op dinas buat cara isi guru bahasa inggris dan seni budaya adalah dengan menambah mapel tambahan, ternyata stlah dicek tidak linier karna jjlnya 0, akhirnya tdak kluar SK, ditanya kdinas jawabannya jg g tau dan cm ngasi solusi dgn mmasukkan k dalam muatan lokal, dan itu pun harus menunggu 3 hari - 1 minggu untuk lihat hasil BSD,, sedangkan saya sdh diburu pertanyaan sama kawan2,, jd bingung buat guru seni budaya dan bahasa inggris SD, kira2 kedepannya gmana yaa??

Supiadi Yadi said...

@sri mariati ,utk B.INGGRIS di SD memang g ada lg,tp mungkin bs utk masuk di MULOK,tp YG sdh sertifikasi B.inggris pastilah tdk cukup 24 jam,kalau di SMP pastilah cukup KRN KHUSUS guru matpel SEDANGkn Di SD SEBUTANNYA GURU KELAS 24 JAM sisanya yg cukup jg GURU PAI DAN PENJAS,kedepannya sy rasa tetap tidak cukup dan linier,solusinya ya cr sekolah SMP aj,ini menurut pendapat sy aj,dan sy tdk tahu pasti jg

Supiadi Yadi said...

@SRI, kalau rombelnya paralel bs cukup tuh 24 jam utk b.inggris,linier tdknya sy blm tahu lg karena b.inggris utk SD ini bagaimana kepastiannya,masuk MULOK kemungkinan bs linier kita tunggu aj

Ida Kartini Putri said...

Mohon bantuan. Kepsek kami bidang studi sertifikasinya B.Inggris. Sementara sekolah kami masih sampai kelas 5. Apa yg harus saya isikan pada jjm dapodiknya? Apalagi B.Ing sdh tdk diakui.

Supiadi Yadi said...

@IDA KARTINI ,utk B.INGGRIS di SD memang g ada lg,tp mungkin bs dicb utk masuk diMATPEL wajib TAMBAHAN,kalau memang cm 5 kls cb di kls III 2 jam,kls IV 2 jam,dan di kls V 2 jam,tp cb2 ini udah mepet waktunya cek validnya 5 harian dan jg tunggu2 bs g berubah tgl 30 mei batas akhir,tp g salahnya kamu tanyakan sama admin dapodikdasnya bapak Nazarudin

Ali kurniawan said...

pak, mohon bantuannya. mungkin sudah telat tapi setidaknya mencoba. kepsek SMP mapel IPA pembagian JJM nya gimana ?
udh 4 x gagal :
1. 4jam/kelas 2kelas (gagal)
2. 2jam/kelas 4kelas (gagal)
3. 3jam/kelas 2kelas (gagal)
4. 2jam/kelas 3kelas (Gagal)

semua diatas diperoleh dari menanyakan langsung operator dinas. ampe pusing bolak balik ke dinas.

Supiadi Yadi said...

@Ali kurniawan,apakah Kepsek kamu sdh sertifikasi,kalau sdh,tugas tambahan kepsek sdh 18 + sisa 6 atau 8 jam = 24 jam kan,karena Matpel wajib IPA ini terpadu dan KTSP harus 4 jam,posisikannya saja kepseknya dipilihan Matpel Wajib pada KLS 1(VII)4 JAM DAN KLS 2(VIII)4 JAM atau kelas lainnya jgn dicerai beraikan jadi 2 jam,3 jam, KTSP kan patokan 4 jam/kelas 1 guru ,dari 18 jam tugas tambahan+ 8 jam dari kedua kls 8 jam td g pp 26 jam cukup jam kepseknya,bagi yg kurang bisa di masukan dipilihan Matpel Wajib(tambahan jam)dgn ketentuan cm bs 4 jam aj

Supiadi Yadi said...

@ali kurniawan,cara 1 kamu itu betul aj sdh,tp perlu jg di aplikasi dapodiknya pada menu edit pembelajaran susunannya seperti ini
-1.Matpel Wajib
-2.Matpel Wajib(tambhan jam)
-3.Matpel Tambahan
susunan ini otomatis apabila kita memilih Kurikulum SMP KTSP dgn pilihan tingkat pendidikan utk SMP Kelas 7,8 dan 9,jgn pilih Kelas 1,2 dan 3 ini sebutan tingkat SD,kmaren sy ketemu kasus seperti ini Sekolah SMP dia pilih tingkat pendidikan Kelas 1,di edit pembelajaran g muncul susunan JJM,dia melakukan klik tambah muncul Alokasi jam cara ini salah sebab matpel Wajib g muncul,ini cm ada matpel wajib tambahan,biar bagaimanapun g linier/cukup 24,ini ad jg teman sy sering jg kerumah cukup lihai dia TU SMP Add aj di FB Namanya Lenni Parhan inbox dia pasti bs membantu jg


Live Traffic Stats

Revolvermaps

Connect With Us