TANYA JAWAB SEPUTAR NISN DAN VERVALPD

Written By Supiadi Yadi on 08 October 2014 | October 08, 2014


Tanya Jawab seputar NISN, Registrasi DISDM PDSP dan permasalahannya ini ditampilkan untuk menjawab pertanyaan Teman-teman OP Dinas dan Sekolah, mudah-mudahanan bisa menjawab pertanyaan yang selama ini di hadapi teman-teman.
*Tanya : Apakah Operator Sekolah yang akan melakukan vervalPD harus registrasi di SDM-PDSP dengan melamapirkan SK dari lembaga?
**Jawab : Operator Sekolah yang akan melakukan vervalPD harus registrasi di SDM-PDSP dengan melamapirkan SK dari lembaga untuk di masukan datanya di database Operator pengelola data pendidikan yang di kelola oleh PDSP - Kemdikbud.


*Tanya : Mengapa operator sekolah harus di registrasi ?
**Jawab : Registrasi Operator dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi antara operator sebagai bagian dari pengelola data pendidikan dengan PDSP sebagai pengelola database pendidikan Nasional.

*Tanya : Berapa lama harus meunggu hasil registrasi sehingga operator bisa login SDM-PDSP dan verval ?
**Jawab : Segera setelah berkas pengajuan operator di periksa oleh admin SDM-PDSP akan di approve apabila berkas SK OP sesuai
ketentuan dan akan di tolak jika berkas meragukan, tidak lengkap atau tidak valid.

*Tanya : Operator Sekolah sudah registrasi di SDM-PDSP dan baru melakukan VervalPD, apa yang pertama harus di lakukan ?
**Jawab : Unduh panduan VervalPD di http://sdm.data.kemdikbud.go.id pada menu Panduan.

*Tanya : Sudah registrasi di SDM-PDSP dan sudah menerima email dari admin SDM-PDSP, tapi tidak bisa login SDM-PDSP dan vervalPD ?
**Jawab :
*** OP Dinas atau Sekolah yang registrasi sebelum tanggal 13 September 2014, default username dan passwordnya adalah email yang di tuliskan di kolom "Email Pribadi" pada saat registrasi SDM-PDSP,
*** OP Dinas atau Sekolah yang registrasi sesudah tanggal 13 September 2014, Username nya adalah email yang di tuliskan di kolom "Email Pribadi" pada saat registrasi SDM-PDSP dan passwordsnya sama dengan password yang di tuliskan pada kolom "Password" dan "Konfirmasi Password".

*Tanya : Kenapa data PD yang sudah di input melalui DAPODIKDAS harus di verifikasi dan Validay kembali ?
**Jawab : Tujuan Verifikasi dan Vaildasi data PD dimaksudkan untuk mendapatkan data pendidikan yang berkualitas, yaitu data yang valid dan benar serta akuntabel

*Tanya : Bagaimana memperbaiki data ganda di Referensi atau di residu ?
**Jawab : Pilih salah satu data PD yang sudah valid, dan data ganda nya yang tidak valid di unmatch(data di referensi), atau di biarkan(data di residu).

*Tanya : Bagaimana memperbaiki data Individu PD yang salah dalam menuliskan nama dan tanggal lahir ?
**Jawab : Perbaikan data dilakukan pada menu Edit Data dan pengajuan perbaikan Nama dan tanggal lahir, dengan melampirkan berkas pendukung berupa scan berkas asli atau copy dari Akta kelahiran atau Surat Kenal Lahir, atau Ijazah, atau Kartu Keluarga, atau surat keterangan dari kepala desa setempat.

*Tanya : Kapan sebaiknya melakukan perbaikan dengan edit data ?
**Jawab : setelah semua data di residu di verifikasi dan di tabel konfirmasi di validasi oleh operator Sekolah.

*Tanya : Mengapa data di pencarian NISN berbeda dengan data di tabel referensi vervalPD ? data mana yang harus di gunakan ?
**Jawab :
*** Konfirmasi data yang ada di tabel konfirmasi sampai habis
*** proses update dan sinkronisasi data antar server VervalPD dan Dapodikdas masih berlangsung
*** gunakan data yang ada di tabel referensi vervalPD, karena data di tabel referensi vervalPD nantinya akan men-update data :
- Pencarian NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id),
- Master Referensi (http://referensi.data.kemdikbud.go.id), dan
- DAPODIKDAS

*Tanya : Data kelas 1/siswa baru yang sudah di inputkan di dapodik belum muncul di vervalPD,
sedangkan sekolah lain sudah, padahal sudah sinkron seperti yang dilakukan oleh OPS lain, bagaimana solusinya ?

**Jawab : Saat ini proses update/sinkronisasi data antar server VervalPD dan Dapodikdas masih berlangsung.

*Tanya : Bagaimana mencari data PD yang sudah lulus pada tahun ajaran sebelumnya ?
**Jawab : Masuk ke http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id

*Tanya : Operator Sekolah tidak bisa login vervalPTK
**Jawab : VervalPTK, VervalSP dan Wilayah aksesnya ada di Dinas Pendidikan masing-masing Wilayah, apabila Operator Sekolah menemukan data PTK, SP dan Wilayah yang tidak valid, silahkan berkordinasi dan berkomunikasi dengan Operator Dinas di wilayahnya masing-masing.

*Tanya : Kapan batas akhir VervalPD ?
**Jawab : VervalPD akan berakhir apabila OP Sekolah dan Orang tua/Wali Murid sudah memahami Administrasi Pendataan Peserta didik dengan baik, misalnya, Menginputkan data individu PD di Dapodikdas sesuai dengan berkas yang sah menurut hukum, seperti Akta Kelahiran, Ijazah dll.

*Tanya : Saya Operator Sekolah, tidak bisa login VervalPD, sebelumnya pernah berhasil login dengan login DAPODIKDAS 2.08 dan sudah melakukan vervalPD, bagaimana solusinya ?
**Jawab : Setelah tanggal 28 Juli 2014, VervalPD dan SDM-PDSP tidak lagi menggunakan login DAPODIKDAS tetapi menggunakan sistem SSO(Single SignOn), dan Operator yang belum pernah mendaftar/registrasi anggota di "http://sdm.data.kemdikbud.go.id" harus melakukan daftar/registrasi anggota untuk dapat melakukan VervalPD, begitu pula Operator Sekolah yang akan mengganti Email/Username saat login VervalPD.

Sumber : Taufik Lone
==========================================================
TAMBAHAN DARI SAYA SEBAGAI ADMIN BLOG
*Tanya : Setelah melakukan Verval,kemudian synch kenapa di aplikasi Dapodiknya tetap tidak muncul NISNnya
**Jawab : Tunggu dalam beberapa hari,lihat diprogres pengiriman(masukan kodereg)lihat pada peserta didik,apabila sudah ada NISNnya lakukan synch

*Tanya :  Kenapa sampai Saat ini sulit untuk Login VervalPD
**Jawab : Minta bantu lah sama teman yang sudah bisa login di SDM,dengan memberitahukan No NPSN
Sekolahnya,Email apa yang sudah terdaftar di SDM PDSP tersebut

http://sdm.data.kemdikbud.go.id/forum/index.php/csebaran/index/

Kepada Saudara-saudara OPS yang masih dalam kegalauan Akibat Peserta didiknya Gagal Terentri ke Verval PD meskipun telah berulang kali melakukan sync dan "Sukses"., diharapkan untuk mengisi Form berikut dengan terlebih dahulu mengklik LINK di bawah ini
1.SYNCH PD SOLLUTION 

2.FORM DATA NISN SISWA KELAS 6 / 9 / 12 BERMASALAH

Dibawah gambar yang saya dapatkan dari teman digroup Fb,tentang bagaimana cara melakukan vervalPD

Ditulis Oleh : Supiadi Yadi ~Guru Berbagi Info

Supiadi Anda sedang membaca artikel berjudul TANYA JAWAB SEPUTAR NISN DAN VERVALPD yang ditulis oleh Supiadi Yadi , Dan Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan syarat wajib mencantumkan link kami

Blog, Updated at: October 08, 2014

0 komentar:

×