HASIL UKA/UKG 2015

Hasil UKG dari tahun ke tahun jalan di tempat ada apa dengan guru-guru bangsa ini ? Bukankah jika kita menginginkan anak- anak bangsa ini menjadi cerdas maka harus berada di tangan pendidik yang cerdas tentunya walaupun di masa depan kecerdasan IQ bukan satu-satunya penentu kesuksesan melainkan EQ dan SQ juga berperan penting namun jika IQ berada pada level yang rendah berarti kompetensi dan profesionalnya juga rendah mungkin begitu rumusannya.

Tetapi alangkah eloknya jika kita tidak menyudutkan guru, bukankah dalam pembelajaran guru bukan satu-satunya faktor penentu keberhasilan ada indikator lain yang dominan, silahkan renungkan. Dalam UKG kami berfikir tidak adil bagi guru karena yang namanya tes itu harus menteskan apa yang telah dipelajari ini bapak dan ibu guru tidak diberi materi apapun tapi langsung tes.


Jadi hendaknya pihak-pihak terkait memikirkan pengembangan diri secara merata, contoh kasus ada guru A selalu mendapat pelatihan sedang guru K tidak pernah sama sekali ketika UKG mendapatkan tes yang sama, adilkah itu?
oleh Sariah.S.Pd

HASIL UKA 2012

HASIL UKG 2013


HASIL UKA/UKG TAHUN 2015 88 PERSEN GURU KOMPETENSINYA RENDAH
Kualitas guru di kabupaten/kota di luar Jawa masih memprihatinkan.  Berdasarkan data dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK dan PMP) Kemendikbud, sebanyak 1.611.251 guru hanya memperoleh rata-rata nilai uji kompetensi guru (UKG) sebesar 47.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 88 persennya di kabupaten/kota di luar Jawa nilainya di bawah 47," ungkap Kepala BPSDMPK dan PMP Kemendikbud Syawal Gultom dalam keterangannya, Rabu (1/4).

UKG, jelasnya, merupakan ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content guru.

Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi, bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik. Juga sesuai dengan kualifikasi akademik guru, bagi guru yang belum bersertifikat pendidik.

"Melalui diklat tatap muka konvensional, semua guru akan selesai dilatih pada 2072. Kemendikbud juga akan melakukan percepatan dengan Diklat Interaktif Online (DIO). Selama September sampai Desember 2014, sebanyak 1.849.742 guru sudah uji coba penilaian kinerja online," beber Syawal.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "HASIL UKA/UKG 2015"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top