Tiga Kampus Asal Indonesia Tembus Rangking Terbaik Dunia


Ada perasaan bangga bahwa universitas/kampus kita di Indonesia termasuk dalam rangking yang terbaik dunia.QS World University Rankings by Subject melansir daftar kampus terbaik sejagat berdasarkan kategori disiplin ilmu/jurusan. Pada daftar yang dilansir pada Selasa (28/4) ini, tiga kampus asal Indonesia masuk daftar 400 besar.

Institut Teknologi Bandung masuk 100 besar pada kategori Jurusan Seni dan Desain. Jurusan teknik perminyakan dan teknik informatika di kampus berpusat di Jalan Ganesha ini juga masuk 100 besar dalam kategori masing-masing.

Universitas Indonesia, di sisi lain, berhasil masuk ranking 400 besar dunia untuk Jurusan Kedokteran Umum. Satu lagi kampus dari Tanah Air yang masuk daftar QS adalah Institut Pertanian Bogor. Jurusan Pertanian dan Kehutanan IPB masuk daftar 150 terbaik dunia.

"Peringkat ini dapat menjadi panduan setiap kampus untuk memperkuat area yang jadi keahlian utama tersebut. Ini sebabnya kami tidak berusaha membuat ranking secara umum," kata Kepala Riset QS Ben Sowter dalam keterangan tertulis kepada merdeka.com.

Ada 36 jurusan/disiplin ilmu yang diperingkat oleh QS. Lembaga riset pendidikan asal Inggris ini mengkaji reputasi setiap jurusan berdasarkan daftar riset, wawancara akademisi, dan pekerjaan lulusan di dunia kerja, di seluruh dunia.

Omong-omong, apa kampus terbaik di dunia versi QS?

Jawabannya adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT) asal Amerika Serikat. Kampus teknik kesohor itu berhasil menempati urutan pertama sejagat buat 11 jurusan yang mereka punya. Misalnya Teknik Sipil, Teknik Informatika, dan Astronomi.

Sementara Harvard University yang biasanya bercokol di puncak daftar sejenis memiliki 10 jurusan dengan kualitas nomor wahid sedunia, semisal Hukum, Sejarah, dan Hubungan Internasional.
Sumber
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tiga Kampus Asal Indonesia Tembus Rangking Terbaik Dunia"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top