BEASISWA S2 BAGI PENGAWAS SEKOLAH TAHUN 2015

Written By Supiadi Yadi on 06 May 2015 | May 06, 2015


Kabar gembira, peluang beasiswa ditawarkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa S2 ini ditujukan bagi pengawas sekolah atau calon pengawas sekolah (kepala sekolah/guru) jenjang pendidikan menengah.

Dengan beasiswa tersebut pengawas atau calon pengawas sekolah dapat mengambil gelar S2 dengan tanggungan biaya penuh. Beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan, biaya buku, biaya hidup, dan biaya penelitian (tesis).

Persyaratan:
  1. Pengawas atau calon pengawas sekolah (kepala sekolah atau guru yang akan dipersiapkan menjadi pengawas sekolah) Pendidikan Menengah berstatus PNS (diutamakan pengawas sekolah);
  2. Berusia maksimal 50 tahun pada bulan Juni 2015 untuk pengawas sekolah, sedangkan bagi calon pengawas sekolah (kepala sekolah/guru) berusia maksimal 48 tahun;
  3. Memiliki golongan/pangkat minimal IIIc/penata atau masa kerja PNS minimal 6 Tahun;
  4. Sehat Jasmani dan Rohani.
Dokumen aplikasi:
  • Surat permohonan menjadi peserta seleksi Program Beasiswa S2 Kepengawasan.
  • Formulir Pendaftaran
  • Fotokopi Ijazah S1/D4 yang sudah dilegalisir oleh perguruan tinggi yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kab/kota setempat.
  • Fotokopi Transkrip Nilai/Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 yang sudah dilegalisir oleh perguruan tinggi yang bersangkutan atau kepala dinas pendidikan kab/kota setempat.
  • Fotokopi SK Pengangkatan terakhir.
  • Fotokopi Kartu Identitas.
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  • Pasfoto Berwarna 1 Lembar.
  • Surat izin mengikuti seleksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat (ditembuskan ke BKD).
* Formulir pendaftaran dan formulir surat lainnya tertera di pedoman. Bisa diunduh di laman p2tkdikmen.kemdikbud.go.id

Pendaftaran:
Dokumen aplikasi dikirim via pos/jasa pengiriman ke:
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah,
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Gedung D Lantai 12, Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Senayan Jakarta 10270

Bisa juga discan dan dikirim ke alamat email: program.pptkdikmen@kemdikbud.go.id atau beasiswas2.ptk@gmail.com

Dokumen pendaftaran calon peserta sudah harus diterima panitia paling lambat 1 Juli 2015.

Ketentuan wilayah Program Beasiswa S2:
  • Sulawesi, Maluku dan Papua di Universitas Negeri Makassar (UNM)
  • Kalimantan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bangka Belitung dan Bengkulu di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT di Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Selatan, Jambi dan Sumatera Barat di Universitas Negeri Medan (UNIMED).
Seleksi:
  • Pelaksanaan tes tertulis dan wawancara akan dilaksanakan di Universitas sesuai dengan wilayah yang sudah ditentukan (bagi peserta yang lulus seleksi administrasi akan dikirimkan undangan untuk mengikuti tes tertulis dan wawancara).
  • Bagi peserta yang lulus tes tertulis dan wawancara harus menyerahkan persyaratan yang diminta pihak Universitas dan surat izin belajar dari Badan Kepegawaian Daerah setempat.
  • Apabila peserta yang sudah dinyatakan lulus dan diterima sebagai Peserta program beasiswa S2 mengundurkan diri, maka peserta yang bersangkutan wajib mengembalikan semua dana yang sudah dikeluarkan untuk dikembalikan ke kas Negara.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Subdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan PTK Dikmen, Telp. 021-57974108. Penjelasan lebih rinci juga bisa dilihat di laman P2TK Dikmen, Kemdikbud atau pedoman yang diberikan.

Kualitas pendidik yang bagus dan berkualitas rasanya sangat diperlukan demi menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Maka dari itu, seorang guru yang baik pastinya sungguh didambakan bagi para murid maupun orang tua.

Lalu, apa saja kriteria guru yang dikatakan berkualitas? Berikut adalah 5 hal yang harus dimiliki agar menjadi guru yang berkualitas:

1. Sabar dan Percaya Diri

Mendidik murid dibutuhkan kesabaran ekstra dan perlakuan yang tepat. Karena setiap murid memiliki pemahaman yang berbeda dalam menerima pelajaran. Dampingi murid serta tanyakan kesulitannya dengan sabar, hingga sang murid paham benar terhadap materi pelajaran.

Selain itu, memiliki kepercayaan diri merupakan sebuah nilai plus bagi guru. Terkadang banyak ditemui kejadian seperti gugup dan tidak percaya diri di kelas, sehingga mengakibatkan tidak terkontrolnya ruang kelas yang menimbulkan kegaduhan. Lain halnya bila guru percaya diri. Mereka akan memutar otak untuk memetakan apa yang menyebabkan kelas tidak kooperatif, dan segera mengendalikan situasi, sehingga akhirnya dapat mengambil alih keadaan kelas yang kacau.

2. Kesediaan membantu siswa mencapai tujuan

Tidak sekedar formalitas dalam berkarir saja, guru yang baik tentunya sangat peduli kepada siswanya dalam menggapai tujuan atau penguasaan materi. Guru yang baik tahu bahwa ada beberapa siswa yang memerlukan perhatian atau bantuan ekstra. Mereka menyadari bahwa prestasi bukan hanya nilai yang baik pada tes, tetapi dengan menguasai subjek.

3. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua

Terkadang komunikasi terhadap orang tua diperlukan agar mereka tahu bagaimana mengatasi siswa yang mengalami kesulitan. Mereka juga siap menjadi seorang konsultan bagi para orang tua terhadap anak muridnya.

4. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif

Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas. Tidak hanya memiliki ketereampilan mendisiplinkan, guru yang baik juga perlu memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan

Sebenarnya ini merupakan hal yang wajib dimiliki bagi seorang pendidik. Pengetahuan yang luas dan pemahaman yang fasih terhadap subyek yang diajarkan menjadi poin penting bagi guru berkualitas. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber) - See more at: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/5-hal-yang-harus-dimiliki-oleh-seorang-guru-berkualitas.html#sthash.ZUwNqvfD.dpuf

Ditulis Oleh : Supiadi Yadi ~Berbagi Itu Indah

Supiadi Anda sedang membaca artikel berjudul BEASISWA S2 BAGI PENGAWAS SEKOLAH TAHUN 2015 yang ditulis oleh Supiadi Yadi , Dan Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan syarat wajib mencantumkan link kami

Blog, Updated at: May 06, 2015

0 komentar:

×