Kemendikbud Gelar Lomba Peringatan Hari Sejarah

Dalam rangka memperingati Hari Sejarah, yang diusulkan untuk ditetapkan pada tanggal 14 Desember setiap tahunnya, maka Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengadakan berbagai aktivitas perlombaan yaitu :
I. Lomba Logo Gerakan Nasional Cinta Sejarah

II. Lomba Foto Diri Mirip Pahlawan Nasional

III. Lomba Reportase Sejarah

Lomba Logo Gerakan Nasional Cinta Sejarah dirancang untuk mendapatkan logo Gerakan Nasional Cinta Sejarah yang dapat mendorong keterlibatan masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih peduli pada sejarah, sehingga logo ini dapat menumbuhkan rasa bangga, nasionalisme dan cinta tanah air.

Konsep desain logo tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, menunjukkan sifat dinamis dan inspiratif, menggambarkan kecintaan terhadap tanah air dan nasionalisme, dan mendorong tumbuhnya kecintaan terhadap sejarah Indonesia.

Kategori mirip tokoh pahlawan nasional antara lain dinilai berdasarkan tingkat kemiripan mendekati tokoh yang diperankan dan kostum yang sesuai dengan zaman dan identitas tokoh yang diperankan.

Lomba Foto Diri Mirip Pahlawan Nasional bertujuan sebagai sarana mendekatkan masyarakat khususnya generasi muda dengan tokoh-tokoh yang telah diangkat sebagai pahlawan nasional.

Pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan Pemerintah Indonesia kepada seseorang Warga Negara Indonesia yang semasa hidupnya berjasa sangat luar biasa bagi kepentingan berbangsa dan bernegara. Pahlawan Nasional yang sudah diakui saat ini oleh Pemerintah Indonesia berjumlah sekitar 156 orang.

Lomba Reportase Sejarah adalah kegiatan untuk melakukan peliputan jurnalistik dalam bentuk audiovisual tentang suatu peristiwa sejarah di suatu tempat bersejarah (monumen, makam, bangunan bersejarah dan tempat-tempat bersejarah).

Video tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan menggambarkan kecintaan terhadap tanah air dan nasionalisme. 

Penilaian video juga dilihat dari cara menyampaikan informasi (gesture, penampilan, dan bahasa), kualitas dan ketajaman gambar, relevansi informasi dengan lokasi, serta mendorong tumbuhnya kecintaan terhadap sejarah Indonesia.

I. Lomba Logo Gerakan Nasional Cinta Sejarah
Kegiatan ini dirancang untuk mendapatkan logo Gerakan Nasional Cinta Sejarah yang dapat mendorong keterlibatan masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih peduli pada sejarah, sehingga logo ini dapat menumbuhkan rasa bangga, nasionalisme dan cinta tanah air.
1. Persyaratan umum:
a. Peserta adalah warga negara Indonesia
b. Pendaftaran tidak dipungut biaya
c. Mencantumkan identitas diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa)
d. Mengisi formulir yang disediakan oleh panitia
e. Logo yang dikirimkan adalah karya original dan belum pernah mendapatkan penghargaan dinyatakan dengan Surat Pernyataan bermaterai Rp.6000,-

2. Ketentuan khusus:
a. Seluruh karya yang dikirim menjadi milik panitia
b. Logo yang dinyatakan sebagai pemenang secara sah menjadi milik Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
c. Panitia berhak mengubah bentuk, ukuran, dan warna serta menggunakannya untuk keperluan Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya tanpa adanya kewajiban memberikan royalti kepada pemenang
d. Apabila ada gugatan pihak ketiga atas karya pemenang dikemudian hari, hal tersebut menjadi tanggung jawab peserta/pemenang.

3. Konsep Desain Logo
a. Tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
b. Menunjukkan sifat dinamis dan inspiratif
c. Menggambarkan kecintaan terhadap tanah air dan nasionalisme
d. Mendorong tumbuhnya kecintaan terhadap sejarah Indonesia

4. Spesifikasi Desain logo
a. Menjelaskan visi dan misi
b. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) logo dengan format JPEG 300 dpi (high quality).
c. Melampirkan tulisan (dalam format pdf) tentang konsep desain logo dan uraian makna/arti logo termasuk spesifikasi warna yang dibuat.

5. Jadwal Pelaksanaan
a. Batas waktu pengumpulan tanggal 25 November 2015
b. Konsep logo dikirim ke alamat email panitia: gentasejarah2015@gmail.com, 
Subyek: Lomba Logo Gerakan Nasional Cinta Sejarah
c. Pemenang lomba akan dihubungi oleh panitia melalui email/telepon. Pengumuman pemenang logo tanggal 30 November 2015 melalui email atau http://kebudayaan.kemdikbud.go.id
d. Kesalahan alamat kirim atau melewati batas waktu yang ditentukan dianggap tidak mengirimkan karya
e. Keputusan Dewan Juri mutlak tidak dapat diganggu gugat

6. Hadiah
- Hadiah I Rp. 7.500.000
- Hadiah II Rp. 5.000.000
- Hadiah III Rp. 2.500.000
Pajak hadiah ditanggung pemenang
Kepada seluruh peserta akan diberikan sertifikat dan kepada Pemenang I, II, III akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti perayaan Hari Sejarah pada tanggal 4-6 Desember 2015.

Keterangan selengkapnya
II. Lomba Foto Diri Mirip Pahlawan Nasional
III. Lomba Reportase Sejarah
Silahkan download disini
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kemendikbud Gelar Lomba Peringatan Hari Sejarah"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top