Menristek Dikti Canangkan Program Sarjana Mengabdi Pada 2016

Written By Supiadi Yadi on 22 December 2015 | December 22, 2015


Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dikti) Mohamad Nasir mencanangkan Program Sarjana Mengabdi pada 2016. Hal ini diungkapkannya mengingat pihaknya memiliki program Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar dan Tertinggal (SM3T).

“Kita rencanakan program Sarjana Mengabdi,” ujar Nasir, Senin (21/12). 

Menurut Nasir, selama ini banyak sarjana yang menginginkan program semisal SM3T. Namun kebanyakan mereka bukan lulusan dari Fakultas Keguruan. Karena banyaknya keinginan tersebut, Nasir berpendapat akan memberikan ruang bagi para sarjana lulusan manapun.

Hal terpenting, kata dia, mereka memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan kehidupan masyarakat di daerah 3T. Dia mencontohkan, sarjana pertanian bisa berkontribusi di daerah tersebut dengan keilmuannya.

Mengenai program ini, Nasir masih akan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo terlebih dahulu. Pada penyampaiannya nanti, dia akan melaporkan segala kegiatan pengabdian di daerah 3T seperti SM3T maupun Menyapa Negeriku.

Setelah itu, hal ini juga perlu diperbincangkan juga dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Kementerian Sosial dan sebagainya.

Nasir menerangkan, program pengabdian pendidikan ini merupakan salah satu solusi atas masalah pendidikan di daerah 3T. Sebab, selama ini banyak terjadi kesenjangan luar biasa antara daerah 3T dengan daerah maju lainnya dalam pendidikan.

Karena itu, dia berkeinginan agar program SM3T maupun Menyapa Negeriku bisa diperluas di masa mendatang. Dalam hal ini diharapkan bisa menyediakan anggaran lebih besar lagi ihwal tersebut.
Sumber : http://www.republika.co.id

Ditulis Oleh : Supiadi Yadi ~Guru Berbagi Info

Supiadi Anda sedang membaca artikel berjudul Menristek Dikti Canangkan Program Sarjana Mengabdi Pada 2016 yang ditulis oleh Supiadi Yadi , Dan Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan syarat wajib mencantumkan link kami

Blog, Updated at: December 22, 2015

1 komentar:

×