Catatan Hasil Bimtek Tentang Permasalahan Pada Cek Lembar Info GTK Invalid

Written By Supiadi Yadi on 23 February 2016 | February 23, 2016


Berbagai permasalahan keterangan ketidak validan data guru pada cek info gtk/info ptk tentu membuat para guru kawatir,karena berhubungan dengan  tunjangan yang akan mereka terima(bagi penerima tunjangan profesi atau sertifikasi maupun insentif guru bukan PNS).

Mengenai ketidakvalidan data guru tersebut hanya bersifat sementara,dimana pada tahun sebelumnya ini terjadi juga pada awal bisa dibukanya cek info GTK pastilah banyak data guru yang tidak valid,karena Cek info GTK masih uji coba,versi beta dan lain-lain…Tapi ingat jangan menganggap itu masih uji coba ataupun masih versi beta,seiring berjalannya waktu tetap fokus pada kelengkapan dan perbaikan data bagi PTK yang belum valid.

Untuk lebih jelasnya berikut kami kutip catatan hasil bimtek dapodikdasmen Se'Provinsi Jawa Barat di Garut 20-21 Pebruari 2016 dari Pak Nazarudin Kompetan (Admin Pusat GTK). yang hadir pada saat itu seluruh operator se'provinsi jabar (Dikdas, Dikmen)

Catatan yang ada hubungannya pada cek info GTK tersebut adalah :
1. Bila Cek Info GTK Status Rekening (Silang) : Tenang nanti akan dibuatkan Rekeningnya oleh Pusat. Bagaimana kisahnya, nanti bunda akan tau. Jd Enjoy aja yah.

2. Guru TK, tidak boleh Lintas jenjang misal pindah ke SD. Harus Konsisten, hidup matipun di TK 

3. Di Cek Info GTK, yg belum Sertifikasi jgn Lihat Validasi (yg silang, ceklis). Coba dilihat dgn seksama itu buat siapa datanya "VALIDASI TUNJANGAN PROFESI"

4. Bila di Cek Info GTK keterangannya : Lulus di Kementerian Lainnya, itu masih proses jd jangan galon ya bun..

5. Di TK tidak ada Team Teaching (Guru Pendamping) Kalo istilahnya kerenya Duet Maut di Kelas.. hehe 1 Rombel 1 Guru kelas & Kepala Sekolah. bukan 1 Rombel 1 Guru Kelas, Guru Pendamping & Kepala Sekolah.

6. Kesalahan dr Jenjang PAUD : Pembelajaran tidak diisi, Mapping rombel salah. 

7. Gelar jangan dimasukkan/ di entrykan di app dapodiknya seperti : Hj, Raden, S.Pd dan lain –lain Misal, Yudi Wahyudi, S.Pd, Hj. Yudi Wahyudi, S.Pd. Cukup Nama saja : Misal : Yudi Wahyudi.

8. Kalau sudah 4 hari data Cek Info GTK belum update/masuk lakukan sinkron ulang.

9. Keaktifan PTK di Penugasan, sesuai dengan bulan berjalan. Misal kalau sekarang Januari ya Ceklis Januari, Trs Bulan Pebruari Ceklis itupun tiap diakhir bulan dan seterusnya. (Misal ya ini Misal, Kalau di Ceklis semua bulannya apakah kita tau nantinya Mutasi atau Meninggal)

10. NUPTK yang diinputkan didapodik harus nuptk milik PTK tersebut tidak boleh menggunakan NUPTK milik orang lain Contoh : PTK A meninggal dunia lalu NUPTK nya digunakan oleh PTK B , maka di info GTK akan terditeksi NUPTK di gunakan oleh 2 orang walaupun PTK A sudah meninggal.

11. Jenis PTK kalau di entry "Lainnya" tidak akan muncul di pembelajaran.

12. Data di Cek info GTK akan di Kunci setelah keluar SKTP, data yang dikunci, dapat dibuka kuncinya di info GTK ada buka kunci klik usulan , prosesnya 4 hari, bila kunci tidak bisa di buka maka simtunjangan kab/kota pun tdk akan bisa membuka.

13. Semua Jenis Tunjangan diambil dr Dapodik. Jd Cek n Ricek Datanya ya bunda, Kalo sudah oke/valid duluan bisa lebih duluan terbit SKTP nya.
Sumber info : Yudi Wahyudi (Group Dapodik PAUD-DIKMAS)
=============================================

SEKILAS INFO :
Buat bunda yanda PAUD yg sudah sertifikasi TIDAK usah panik dateline 29 Februari 2016 ya, untuk batas tarikan data tgl 29 Februari 2016 itu untuk yg aneka tunjangan antara lain Insentif guru non PNS, tunjangan daerah khusus/terpencil dan kualifikasi akademik ...


untuk penerbitan SKTP masih bisa perbaikan data sampai akhir Mei 2016 untuk semester 1 itu yang sudah kami tahu....

Sekedar biar gak terlalu panik takut tunjangan sertifikasinya hilang gara-gara blm berhasil SINKRONISASI menjelang tgl 29 Februari 2016

jadi yg terkait tunjangan sertifikasi yg belum beres datanya terus perbaiki sampai valid sebelum akhir MEI 2016, tapi walau msh ada waktu jangan terus glandor..... 
Sumber Ragil Indaryanto ... Suhu nya para Master di Dapodikdas ...Salam satu data ... Maturnuwun ...

Ditulis Oleh : Supiadi Yadi ~Guru Berbagi Info

Supiadi Anda sedang membaca artikel berjudul Catatan Hasil Bimtek Tentang Permasalahan Pada Cek Lembar Info GTK Invalid yang ditulis oleh Supiadi Yadi , Dan Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan syarat wajib mencantumkan link kami

Blog, Updated at: February 23, 2016

0 komentar:

×