Cara Mengisi Absen Online Data Kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan

Posted by Supiadi Yadi on 31 August 2017


Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara penggunaan aplikasi sim kehadiran guru di dapodik untuk mengisi data kehadiran guru tiap hari baik yang hadir, izin, sakit maupun alpha? 

Sekedar mengingatkan, Sebelum menggunakan aplikasi data kehadiran guru ini, pastikan telah melakukan sinkronisasi pertama melalui aplikasi dapodik versi 2018. Tujuannya adalah agar data dari dapodik masuk ke aplikasi sim kehadiran guru sehingga data guru telah ada di aplikasi tersebut. 

Mengenai Cara Isi Absen Sim Kehadiran Guru sekolah anda tentunya sangatlah mudah. hal yang harus anda lakukan hanyalah komputer anda terkoneksi dengan jaringan internet. nah, Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langah-langkah dibawah

Langkah pertama: buka browser internet anda dan menuju link berikut: 
dan sebaiknya gunakan browser Mozilla Firefox atau Chrome (hapus/Clear cache atau history)

Langkah kedua: pada form login sim kehadiran guru user id anda isikan username dapodik sekolah anda atau memakai akun (Email) KEPSEK yang ada didapodik, begitu pula dengan password. berikutnya kode captcha, lalu klk tombol login seperti penampakkan gambar dibawah

Langkah ketiga: Klik Menu Kehadiran

Langkah keempat: Misal mau membikin Absen bulan Maret (lihat dulu Semester dan Bulannya) baru Klik Buat Daftar Hadir tunggu sampai muncul daftar hadirnya,kemudian Klik Perbaharui Daftar Hadir,disini silahkan contreng masing-masing nama GTK yang hadir dan tidak hadir, Klik Simpan,untuk lebih yakin apakah sudah tersimpan,Klik Refresh, selesai

Untuk Guru dan Tenaga Kependidikan yang tidak hadir pada tanggal tertentu tinggal beri tanda uncheck (ceklist dihilangkan) dan klik Simpan

Langkah kelima: Tetap pada Absen bulan Maret ,kita mau membuat Kalender Sekolah dengan 3 pilihan Tambah Baru, Hapus Semua dan Show Template,dimana pada bulan Maret ada tanggal Merah yaitu Tanggal 17 dan 30.
Cara membikin libur Tanggal 17, Pada Kalender Sekolah Klik Tambah Baru,maka akan muncul Tambah Kalender dengan isian : Jenis Libur(Hari Besar Agama), Mulai Tanggal(2018-03-17), Sampai Tanggal(2018-03-17) dan Keterangan(Hari Raya Nyepi) setelah terisi semua Klik Simpan dan OK.

Cara membikin libur Tanggal 30, Pada Kalender Sekolah Klik Tambah Baru,maka akan muncul Tambah Kalender dengan isian : Jenis Libur(Hari Besar Agama), Mulai Tanggal(2018-03-30), Sampai Tanggal(2018-03-30) dan Keterangan(Wafat Isa Al Masih) setelah terisi semua Klik Simpan dan OK.
Nanti pada saat berjalannya hari silahkan ceklist Hari Libur Tanggal 17 dan 30 Maret tersebut,bukannya setelah dibikin Kalendernya langsung otomatis terceklist,tidak?

Langkah keenam: Tetap pada Absen bulan Maret,ada GTK yang libur/tidak hadir dengan izin : silahkan Klik nama GTKnya,kemudian klik menu Input Surat Izin/Dinas Luar/Sakit, Pada menu input surat izin, silahkan anda isikan nomor surat izin, perihal surat, tanggal surat izin, ditandatangani kepala sekolah, NIP, jabatan,jenis izin silahkan pilih, kemudian Klik Simpan dan OK.

Langkah ketujuh: Kunci dan Buat SPTJM : Mengunci daftar hadir yang sudah dicontreng,ingat sebelum mengunci,apakah sudah yakin dengan semester, Bulannya dan daftar hadirnya,karena kalau sudah dikunci daftar hadir tidak bisa di edit lagi,bagusnya mengunci SPTJM ini pada akhir bulan.

Caranya : Klik menu Kunci dan Buat SPTJM,gulir mouse kebawah contreng “Saya Setuju” dan “Kunci daftar hadir”,kemudian Klik Kunci Daftar Hadir dan Klik Simpan,belum yakin tersimpan Klik Refresh kemudian Cetak PDF
Semua cara-cara diatas sama dengan Buat Daftar Hadir bulan Januari dan Februari serta Kunci dan Buat SPTJM
Ket : Gambar warna Kehadiran

Terbaru di DHGTK :
1. Bulan Februari ==> Sudah Tidak Lagi s/d tgl 31
2. Ada Menu "PEMBAHARUAN DAFTAR HADIR : Untuk Pembaharuan Daftar GTK terbaru.
Bagi yang GTK di Bulan "Januari & Februari" masih yang Lama keadaannya (Posisi 20171) sedang di Maret sudah Daftar GTK terbaru, silahkan coba di Bulan Januari & Februari ==> Klik "Pembaharuan Daftar GTK".
Maaf dan Terima Kasih.

Previous
« Prev Post

Related Posts

August 31, 2017

0 komentar:

Popular Posts