Ini Aplikasi FasterPMP 2017 Versi 2.0 Untuk Mempercepat Input Data PMP

Written By Supiadi Yadi on 17 August 2017 | August 17, 2017

Langkah Sukses Pengisian Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) 2017
Dengan hormat diberitahukan kepada seluruh Kepala Sekolah, Pengawas, LPMP, Dinas Pendidikan Kab/kota dan Propinsi, sehubungan dengan Surat Edaran Dirjen Dikdasmen Nomor:09/D/PD/2017 tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2017/2018 maka Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah akan menyampaikan beberapa informasi  mengenai pemetaan mutu pendidikan tahun 2017 ini.

Beberapa informasi yang perlu diperhatikan mengenai Pemetaan Mutu Pendidikan 2017 adalah sebagai berikut:
  1. Pengiriman data PMP dr sekolah dibuka pada tanggal 15 Juli 2017 sesuai dengan surat edaran seiring diinformasikan dalam website resmi ini.
  2. Aplikasi PMP versi 2.0 kompatibel dengan Aplikasi Dapodik 2017 dan versi updater-nya. Sehingga sekolah dapat langsung mulai menginput data PMP tanpa harus menunggu updater terbaru dari Dapodik. Panduan Aplikasi akan dimuat di laman web PMP.
  3. Perbaikan dan peningkatan pelayanan pemetaan mutu pendidikan terus diupayakan oleh Ditjen Dikdasmen baik dari sisi infrastruktur maupun sarana prasarana pendukungnya, sehingga diharapkan tahun 2017 ini implementasi PMP dapat berjalan lebih baik lagi dibanding tahun sebelumnya. Disarankan agar selalu meng-update informasi di web dapodik dan PMP.
  4. Perbaikan dan optimalisasi aplikasi juga dilakukan dengan merilis Aplikasi PMP versi 2.0 dan Website PMP versi 2.0 dengan beberapa perbaikan dan penambahan fitur-fitur di dalamnya. Fitur tersebut diantaranya Optimasi metode kirim data yang lebih ringan, pemrosesan data, Login LPMP dan Dinas Pendidikan, Menu Raport Mutu, Sekolah Model, Menu Fasilitator, Menu Jadwal Pelatihan, dsb yang sekiranya dapat bermanfaat untuk implementasi PMP 2017.
  5. Adanya Feedback dan Tindak Lanjut dari Rilis Aplikasi PMP 2017. Sampai dengan akhir bulan Juli 2017 akan dilakukan evaluasi dari feedback yang
    kami terima selama pemetaan pasca rilis aplikasi berlangsung.
Tindak lanjut dari evaluasi pelaksanaan selama bulan Juli ini adalah antara lain:
  1. Merilis Updater PMP versi 2.1 pada awal Agustus. (Tidak perlu melakukan install ulang, cukup dengan cek pembaharuan online atau install Updater PMP v2.1)
  2. Me-reset Progress Pemetaan Mutu Tahun 2017 ke titik awal dan menampilkan kembali hasil Pemetaan tahun 2016 sebagai data histori apabila diperlukan.
  3. Melengkapi dan menyempurnakan Website PMP secara progressif seiring saran dan masukan yang kami terima.
  4. Manual Aplikasi PMP dan FAQ akan dimuat di laman web PMP sesuai dengan perkembangan dan perubahan aplikasi.
  5. Bantuan Layanan Operator dapat menghubungi LPMP atau Dinas Pendidikan wilayah masing-masingyang selalu berkoordinasi dengan pusat.
Download Aplikasi PMP Versi 2.0 klik disini
Download Aplikasi updater  PMP Versi 2.1 klik disini (link mediafire)
Download Aplikasi updater  PMP Versi 2.1 klik disini (link drive google)

Download Aplikasi installer PMP Versi 2.1 klik disini
Instrumen PMP bisa anda download pada Aplikasi dipusat unduhan
=====================================================
                                                          Aplikasi FasterPMP 2017
        Login menggunakan user dan password sama dengan Dapodiknya

Aplikasi FasterPMP 2017
Aplikasi FasterPMP 2017 adalah sebuah Tool pelengkap dari Aplikasi PMP yang dapat digunakan untuk mempercepat pekerjaan OPS dalam melaksanakan input data PMP 2017.Dan sudah beberapa versi dirilis mulai dari versi :
FasterPMP 2017 Installer,
FasterPMP 2017 v1.4 Installer,
FasterPMP 2017 v1.5a Installer dan sekarang versi 
FasterPMP 2017 v2.0 Installer

Petunjuk Penggunaan Aplikasi FasterPMP 2017
Sebelum dapat menggunakan aplikasi FasterPMP 2017 harus sudah dulu terinstall aplikasi PMP 2017 versi 2.0. Dan dalam sistem Windows juga harus sudah terinstall driver psqlodbc dan Net Framework 4.0

Langkah-langkah installasi:
1) Install driver psqlodbc (cukup dilakukan satu kali saja)
2) Install FasterPMP 2017 v2.0 (pass 123)
3) Cek Net Framework 4.0 dengan cara tekan tombol Win+R ketik %WINDIR%\Microsoft.Net\Framework
Lalu cek apakah ada folder v4.0.30319 ? Jika belum ada maka perlu install net framework 4.0

Langkah-langkah penggunaannya:
1) Setelah sukses membuka aplikasi PMP maka yang perlu dilakukan menyiapkan akun pengguna melalui Manajemen Pengguna (Salin Peserta Didik, Salin PTK, Tambah Pengawas dan Tambah Komite Sekolah).
2) Jika sudah lengkap seluruh responden ditambahkan pada aplikasi PMP maka tinggal buka aplikasi FasterPMP 2017, dan pilih jenis respoden serta repsondennya setelah itu tinggal klik Proses. Ulangi sampai jumlah yang diinginkan.

Download driver Psqlodbc (pelengkap aplikasi FasterPMP 2017) disini
Download Net Framework 4.0 (pelengkap aplikasi FasterPMP 2017) disini
Download aplikasi FasterPMP 2017 v.1.5a disini 
Download aplikasi FasterPMP 2017 v.2.0 disini 
PESAN ADMIN BLOG
Jangan lupa Back up dulu
Gunakanlah aplikasi ini dengan bijak,kalau saya sendiri hanya menggunakan menu BackupRestore Data dan Batal Konfirmasi (ampuh membatalkan jawaban yang sudah terkunci kalau kita mau edit kembali jawaban responden yang salah), untuk jawaban otomatisnya saya tidak memakai,karena sesuai tidak dengan keadaan sekolah anda,jawablah isian kuesioner dengan keadaan nyata sekolah anda,bagikanlah instrumennya kepada Kepala Sekolah,Guru,siswa dan Komite.

Sekian dan semoga bermanfaat

Ditulis Oleh : Supiadi Yadi ~Berbagi Itu Indah

Supiadi Anda sedang membaca artikel berjudul Ini Aplikasi FasterPMP 2017 Versi 2.0 Untuk Mempercepat Input Data PMP yang ditulis oleh Supiadi Yadi , Dan Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan syarat wajib mencantumkan link kami

Blog, Updated at: August 17, 2017

0 komentar:

×