4 Virus Berupa Pesan yang Jadi Ancaman dan Membahayakan Pengguna Whatsapp

Posted by Supiadi Yadi on 14 May 2018


WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting paling populer dan hampir semua pengguna Smartphone menggunakan aplikasi ini.

Selain mudah, WhatsApp disebut sebagai cara baru berkirim pesan yang paling mirip dengan telepon dan SMS yang menggunakan nomor ponsel.

Untuk itulah aplikasi ini begitu populer, namun di balik popularitasnya justru banyak disalahgunakan oleh para hacker, di mana aplikasi ini justru digunakan untuk menyebarkan virus.

Hal ini tentu menjadi ancaman dan bahaya mengingat banyak sekali orang Indonesia menggunakan aplikasi ini.

Untuk itulah berikut ini 4 pesan yang perlu Anda waspadai ketika muncul di pesan WhatsApp Anda :
1. SkygooFree
Virus satu ini adalah malware yang sangat berbahaya dimana virus ini bisa masuk melalui history browser Anda.

Virus ini adalah salah satu yang menyerang WhatsApp beberapa kerugian jika terinfeksi Virus ini adalah seperti mencuri rekaman pribadi, password hingga melacak lokasi pengguna. 

2. WhatsApp Gold
Sama halnya dengan WhatsApp plus, WhatsApp bersi ini adalah hasil rekayasa dari para hacker yang menawarkan berbagai fitur khusus di dalamnya.

Usut punya usut aplikasi ini sudah disisipi malware yang bisa menyerang dan membobol data-data pengguna. 

Banyak link beredar untuk mengunduh aplikasi ini jadi jangan tertipu untuk menggunakan aplikasi ini, karena hal ini cukup berisiko.

3. Pesan New Colour For WhatsApp

Virus satu inilah yang sangat berbahaya karena bisa menyebar melalui pesan singkat WhatsApp yang menjanjikan fitur baru.

Cara mainnya mudah pengguna disuruh untuk mengirimkan ke 10 kontak atau 5 grup di WhatsApp.

Tentu hal semacam itu adalah sebuah modus dimana link tersebut berisi iklan-iklan menjebak yang sudah terisi malware, jika hal demikian terjadi bahayanya adalah smartphone Anda dalam bahaya sedangkan pemiliki link mendapat keuntungan financial.

4. WhatsApp Video Calling

Jika yang satu ini sangat berbahaya dan sering muncul di pesan singkat WhatsApp dengan modus aktivasi videocall WhatsApp.

Fitur ini ternyata adalah cara Hacker mencuri data pengguna atau kontak pengguna setelah fitur tersebut terinstal, halaman seperti survey online akan muncul.

Lalu anda diminta untuk  memasukkan data dan identitas anda pada link tersebut, jadi jika mendapat rujukan untuk membuka link dari sumber tidak terpercaya berhati-hatilah.

Bahayanya lagi jika data tersebut digunakan untuk pencurian saldo rekening bank. 
Sumber : http://jogja.tribunnews.com

Previous
« Prev Post

Related Posts

May 14, 2018

0 komentar:

Popular Posts