zmedia

Ini Beberapa Sebagian Masalah Yang Ada Pada Dapodik 2021,Dan Bisa Diselesaikan Dari Kegiatan BIMTEK


Mulai Senin kemaren tepatnya tanggal  27/07/2020,daerah kami mengadakan Bimtek Dapodik 2021,dengan jumlah sekitar 98 Sekolah/Operator mulai jenjang Paud, SD, SMP dan SMA/SMK ,agar bisa mematuhi protokol kesehatan,pertemuan tersebut kami bagi dalam beberapa zona/kelompok,misal 1x pertemuan dihadiri hanya 15-20 Operator Sekolah, dan 1 Operator Dinas dkk.
Dari pertemuan ini pastilah ada masalah yang dihadapi teman-teman Operator,diantaranya:
1.Mengenai Akun Pengguna beserta Email yang di sebagian sekolah kena Cleansing/Penghapusan
Penyelesaiannya
-Operator silahkan membikin Email baru/Email Sekolah (bukan Email pribadi) yang nantinya dipakai untuk Login pada Aplikasi Dapodiknya dan silahkan minta daftarkan ke Operator Dinas

-Silahkan Operator login tes ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan memakai Email yang didaftarkan ke Operator  Dinas tadi

-Setelah bisa Login dan masuk, Pertama yang wajib dilakukan Verifikasi Akun pengguna ( Email Sekolahnya), Klik Akun >>Daftar Akun>>Jenis Akun pilih Admin>>Klik TAMPILKAN,akan terlihat nama Operator beserta Emailnya,apabila terlihat beberapa nama email/lebih dari satu Email,pilihlah Email yang akan diaktifkan dengan Klik gambar pensil dan isilah passwordnya Klik UPDATE. Lanjutkan Kedua kembali Klik Akun >>Daftar Akun>>Jenis Akun pilih PTK>>Klik TAMPILKAN,akan terlihat nama-nama PTK,untuk mengaktifkan passwordnya,Pilih nama PTK,Klik gambar pensil,isilah passwordnya dan Klik UPDATE,begitu juga dengan PTK lainnya lakukan Klik pensil,isi passwordnya,Klik UPDATE dan begitu seterusnya sampai semua PTK sudah di isi passwordnya.

-Setelah selesai mengupdate password lalu Logout dari sp.datadik.kemdikbud.go.id dan kembali coba login,nanti ada keterangan Verifikasi Akun Pengguna (Admin) untuk mengisi Kode Verifikasi,dan buka pesan Email ada nanti kodenya 4 angka...kode inilah yang dimasukan agar Email Operator sudah terverifikasi

-Silahkan download prefillnya dan install Aplikasinya dan login/Registrasi memakai Email baru

CATATAN:
Email Aktif itu artinya bisa dibuka dengan password untuk cek pesan apa yang masuk ke Emailnya, jangan arti Email Aktif itu hanya bisa dipakai nama emailnya tapi tidak bisa buka pesannya

BACA JUGA :
2.Pergantian Operator Baru agar tidak bergantung pada Operator lama
Penyelesaiannya
- Operator baru silahkan membikin Email baru/Email Sekolah (bukan Email pribadi) yang nantinya dipakai untuk Login pada Aplikasi Dapodiknya dan silahkan minta daftarkan ke Operator Dinas

-Silahkan Operator login tes ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan memakai Email yang didaftarkan ke Operator  Dinas tadi

-Setelah bisa Login dan masuk, Pertama yang wajib dilakukan Verifikasi Akun pengguna ( Email Sekolahnya), Klik Akun >>Daftar Akun>>Jenis Akun pilih Admin>>Klik TAMPILKAN,akan terlihat nama Operator beserta Emailnya,apabila terlihat beberapa nama email/lebih dari satu Email,pilihlah Email yang akan diaktifkan dengan Klik gambar pensil dan isilah passwordnya Klik UPDATE. Lanjutkan Kedua kembali Klik Akun >>Daftar Akun>>Jenis Akun pilih PTK>>Klik TAMPILKAN,akan terlihat nama-nama PTK,untuk mengaktifkan passwordnya,Pilih nama PTK,Klik gambar pensil,isilah passwordnya dan Klik UPDATE,begitu juga dengan PTK lainnya lakukan Klik pensil,isi passwordnya,Klik UPDATE dan begitu seterusnya sampai semua PTK sudah di isi passwordnya.

-Silahkan download prefillnya dan install Aplikasinya dan login/Registrasi memakai Email baru

Bagi Operator baru silahkan mendaftarkan diri lagi ke Cara Registrasi Operator Sekolah Pada Portal SDM-PDSPK Kemdikbud dan Operator yang sudah terdaftar di Update untuk Tahun 2021

CATATAN:
*Email Aktif itu artinya bisa dibuka dengan password untuk cek pesan apa yang masuk ke Emailnya, jangan arti Email Aktif itu hanya bisa dipakai nama emailnya tapi tidak bisa buka pesannya
*Kenapa Operator baru lebih baik membikin Email baru,karena tidak semua Operator lama itu mau mengasih passwordnya dan info lainnya saat dia jadi Operator lama (setiap manusia beda-bedalah)

3.Siswa Mutasi keluar, Tetapi tidak dikeluarkan oleh Operatornya melalui Sinkron
Penyelesainnya
-Misalnya Si Badu pindah sekolah dari Sekolah A Ke Sekolah B dan Si Badu sudah bersekolah di B,tetapi pada Dapodik Sekolah B tidak ada nama Badunya,karena Operator Sekolah A tidak memutasi atau biarpun sudah memutasi tapi tidak melakukan sinkron, maka Operator Sekolah B tidak bisa menarik Siswanya.(mutasi antar Kabupaten itu sendiri,tidak keluar daerah)

-Operator Sekolah B lapor ke Operator Dinas minta tarik paksa siswa tersebut,misal sudah dilakukan oleh Operator Dinas.

-Operator Sekolah B wajib Sinkron,setelahnya cek dimenu Peserta Didik sudah ada siswanya (sudah ketarik),silahkan masukkan kerombel untuk SD ke kelas 1 dan SMP masukan ke kelas 7 agar Valid

-Operator Sekolah B wajib Sinkron lagi,lalu lapor ke Operator Dinas untuk minta siswa tadi naikkan ke kelas yang di inginkan,bila sudah

-Operator Sekolah B wajib Sinkron lagi,lihat Rombelnya dan pasti masuk sesuai dengan Rombelnya

4.Operator Sekolah Sudah Instal dan Registrasi Aplikasi Dapodiknya,ada siswa yang tidak mau dimasukan ke Rombel setelah melakukan Menu Aksi (Naik Kelas)
Penyelesaiannya
-Silahkan Operator Sekolah memasukan dulu siswa tersebut pada Rombel untuk SD ke kelas 1 dan ke kelas 7 untuk SMP agar Valid

-Kemudian Operator Sekolah wajib melakukan Sinkron

-Operator Sekolah lapor ke Operator Dinas untuk minta siswa tadi naikan ke kelas yang di inginkan,bila sudah

-Operator Sekolah wajib Sinkron lagi,lihat Rombelnya dan pasti masuk sesuai dengan Rombelnya

5.Setelah Tarik PD online, data siswa tidak bisa masuk semuanya
Penyelesaiannya (ini pengalaman dari Operator lainnya yang ada pada daerah kami)
-Operator Sekolah melakukan Tarik PD Online untuk beberapa siswa,lalu buka Aplikasi Dapodiknya lakukan Sinkron,cek di menu Peserta Didik,masuk apa tidak ,bila tidak masuk,Tarik Pd online lagi,lalu Sinkron lagi,begitu seterusnya pada siswa lain yang belum bisa ke tarik masuk ke Aplikasinya.Maksudnya boleh tarik Pd ulang bagi siswa yang tidak bisa ketarik/belum masuk ke Aplikasi
CATATAN :
Penyebabnya ini, apa mungkin karena keberuntungan atau server masih belum setabil,belum kita ketahui lagi…tapi memang berhasil ke tarik semua data siswanya

Jadi hasil dari pertemuan tersebut hanya menyelesaian permasalah dari keterangan diatas, untuk laptop tidak bisa install dan lainnya itu permasalahan yang terjadi secara umum

CATATAN UMUM : 
Apabila Aplikasi Dapodiknya sudah di instal dan sudah registrasi dan sudah melakukan Sinkron , dan Operator mau merubah nama emailnya dan kemudian melapor/minta daftarkan ke Operator Dinas, wajib generate lagi prefillnya

Post a Comment for "Ini Beberapa Sebagian Masalah Yang Ada Pada Dapodik 2021,Dan Bisa Diselesaikan Dari Kegiatan BIMTEK"