Mulai
Senin kemaren tepatnya tanggal
27/07/2020,daerah kami mengadakan Bimtek Dapodik 2021,dengan jumlah sekitar
98 Sekolah/Operator mulai jenjang Paud, SD, SMP dan SMA/SMK ,agar bisa mematuhi protokol kesehatan,pertemuan tersebut kami
bagi dalam beberapa zona/kelompok,misal 1x pertemuan dihadiri hanya 15-20 Operator
Sekolah, dan 1 Operator Dinas dkk.
1.Mengenai Akun Pengguna beserta Email
yang di sebagian sekolah kena Cleansing/Penghapusan
Penyelesaiannya
-Operator
silahkan membikin Email baru/Email Sekolah (bukan Email pribadi) yang nantinya
dipakai untuk Login pada Aplikasi Dapodiknya dan silahkan minta daftarkan ke
Operator Dinas
-Silahkan
Operator login tes ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan
memakai Email yang didaftarkan ke Operator Dinas tadi
-Setelah
bisa Login dan masuk, Pertama yang
wajib dilakukan Verifikasi Akun pengguna ( Email Sekolahnya), Klik Akun
>>Daftar Akun>>Jenis Akun pilih Admin>>Klik TAMPILKAN,akan
terlihat nama Operator beserta Emailnya,apabila terlihat beberapa nama
email/lebih dari satu Email,pilihlah Email yang akan diaktifkan dengan Klik
gambar pensil dan isilah passwordnya Klik UPDATE. Lanjutkan Kedua kembali Klik Akun >>Daftar
Akun>>Jenis Akun pilih PTK>>Klik TAMPILKAN,akan terlihat nama-nama
PTK,untuk mengaktifkan passwordnya,Pilih nama PTK,Klik gambar pensil,isilah
passwordnya dan Klik UPDATE,begitu juga dengan PTK lainnya lakukan Klik
pensil,isi passwordnya,Klik UPDATE dan begitu seterusnya sampai semua PTK sudah
di isi passwordnya.
-Setelah selesai mengupdate password lalu Logout dari sp.datadik.kemdikbud.go.id dan kembali coba login,nanti ada keterangan Verifikasi Akun Pengguna (Admin) untuk mengisi Kode Verifikasi,dan buka pesan Email ada nanti kodenya 4 angka...kode inilah yang dimasukan agar Email Operator sudah terverifikasi
-Setelah selesai mengupdate password lalu Logout dari sp.datadik.kemdikbud.go.id dan kembali coba login,nanti ada keterangan Verifikasi Akun Pengguna (Admin) untuk mengisi Kode Verifikasi,dan buka pesan Email ada nanti kodenya 4 angka...kode inilah yang dimasukan agar Email Operator sudah terverifikasi
-Silahkan
download prefillnya dan install Aplikasinya dan login/Registrasi memakai Email
baru
CATATAN:
Email
Aktif itu artinya bisa dibuka dengan password untuk cek pesan apa yang masuk ke
Emailnya, jangan arti Email Aktif itu hanya bisa dipakai nama emailnya tapi
tidak bisa buka pesannya
BACA JUGA :
2.Pergantian Operator Baru agar tidak
bergantung pada Operator lama
Penyelesaiannya
- Operator
baru silahkan membikin Email baru/Email Sekolah (bukan Email pribadi) yang
nantinya dipakai untuk Login pada Aplikasi Dapodiknya dan silahkan minta
daftarkan ke Operator Dinas
-Silahkan
Operator login tes ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan
memakai Email yang didaftarkan ke Operator Dinas tadi
-Setelah
bisa Login dan masuk, Pertama yang
wajib dilakukan Verifikasi Akun pengguna ( Email Sekolahnya), Klik Akun
>>Daftar Akun>>Jenis Akun pilih Admin>>Klik TAMPILKAN,akan
terlihat nama Operator beserta Emailnya,apabila terlihat beberapa nama
email/lebih dari satu Email,pilihlah Email yang akan diaktifkan dengan Klik
gambar pensil dan isilah passwordnya Klik UPDATE. Lanjutkan Kedua kembali Klik Akun >>Daftar
Akun>>Jenis Akun pilih PTK>>Klik TAMPILKAN,akan terlihat nama-nama
PTK,untuk mengaktifkan passwordnya,Pilih nama PTK,Klik gambar pensil,isilah
passwordnya dan Klik UPDATE,begitu juga dengan PTK lainnya lakukan Klik
pensil,isi passwordnya,Klik UPDATE dan begitu seterusnya sampai semua PTK sudah
di isi passwordnya.
-Silahkan
download prefillnya dan install Aplikasinya dan login/Registrasi memakai Email
baru
Bagi Operator baru silahkan mendaftarkan diri lagi ke Cara Registrasi Operator Sekolah Pada Portal SDM-PDSPK Kemdikbud dan Operator yang sudah terdaftar di Update untuk Tahun 2021
Bagi Operator baru silahkan mendaftarkan diri lagi ke Cara Registrasi Operator Sekolah Pada Portal SDM-PDSPK Kemdikbud dan Operator yang sudah terdaftar di Update untuk Tahun 2021
CATATAN:
*Email
Aktif itu artinya bisa dibuka dengan password untuk cek pesan apa yang masuk ke
Emailnya, jangan arti Email Aktif itu hanya bisa dipakai nama emailnya tapi
tidak bisa buka pesannya
*Kenapa Operator baru lebih baik membikin Email baru,karena tidak semua Operator lama itu mau mengasih passwordnya dan info lainnya saat dia jadi Operator lama (setiap manusia beda-bedalah)
3.Siswa Mutasi keluar, Tetapi tidak
dikeluarkan oleh Operatornya melalui Sinkron
Penyelesainnya
-Misalnya
Si Badu pindah sekolah dari Sekolah A Ke Sekolah B dan Si Badu sudah bersekolah
di B,tetapi pada Dapodik Sekolah B tidak ada nama Badunya,karena Operator
Sekolah A tidak memutasi atau biarpun sudah memutasi tapi tidak melakukan
sinkron, maka Operator Sekolah B tidak bisa menarik Siswanya.(mutasi antar
Kabupaten itu sendiri,tidak keluar daerah)
-Operator
Sekolah B lapor ke Operator Dinas minta tarik paksa siswa tersebut,misal sudah
dilakukan oleh Operator Dinas.
-Operator
Sekolah B wajib Sinkron,setelahnya cek dimenu Peserta Didik sudah ada siswanya (sudah
ketarik),silahkan masukkan kerombel untuk SD ke kelas 1 dan SMP masukan ke kelas
7 agar Valid
-Operator
Sekolah B wajib Sinkron lagi,lalu lapor ke Operator Dinas untuk minta siswa
tadi naikkan ke kelas yang di inginkan,bila sudah
-Operator
Sekolah B wajib Sinkron lagi,lihat Rombelnya dan pasti masuk sesuai dengan Rombelnya
4.Operator Sekolah Sudah Instal dan
Registrasi Aplikasi Dapodiknya,ada siswa yang tidak mau dimasukan ke Rombel
setelah melakukan Menu Aksi (Naik Kelas)
Penyelesaiannya
-Silahkan
Operator Sekolah memasukan dulu siswa tersebut pada Rombel untuk SD ke kelas 1 dan
ke kelas 7 untuk SMP agar Valid
-Kemudian
Operator Sekolah wajib melakukan Sinkron
-Operator
Sekolah lapor ke Operator Dinas untuk minta siswa tadi naikan ke kelas yang di
inginkan,bila sudah
-Operator
Sekolah wajib Sinkron lagi,lihat Rombelnya dan pasti masuk sesuai dengan Rombelnya
5.Setelah Tarik PD online, data siswa
tidak bisa masuk semuanya
Penyelesaiannya (ini pengalaman dari
Operator lainnya yang ada pada daerah kami)
-Operator
Sekolah melakukan Tarik PD Online untuk beberapa siswa,lalu buka Aplikasi
Dapodiknya lakukan Sinkron,cek di menu Peserta Didik,masuk apa tidak ,bila
tidak masuk,Tarik Pd online lagi,lalu Sinkron lagi,begitu seterusnya pada siswa
lain yang belum bisa ke tarik masuk ke Aplikasinya.Maksudnya boleh tarik Pd
ulang bagi siswa yang tidak bisa ketarik/belum masuk ke Aplikasi
CATATAN
:
Penyebabnya ini, apa mungkin karena keberuntungan atau server masih belum setabil,belum
kita ketahui lagi…tapi memang berhasil ke tarik semua data siswanya
Jadi
hasil dari pertemuan tersebut hanya menyelesaian permasalah dari keterangan
diatas, untuk laptop tidak bisa install dan lainnya itu permasalahan yang
terjadi secara umum
CATATAN UMUM :
Apabila Aplikasi Dapodiknya sudah di instal dan sudah registrasi dan sudah melakukan Sinkron , dan Operator mau merubah nama emailnya dan kemudian melapor/minta daftarkan ke Operator Dinas, wajib generate lagi prefillnya
CATATAN UMUM :
Apabila Aplikasi Dapodiknya sudah di instal dan sudah registrasi dan sudah melakukan Sinkron , dan Operator mau merubah nama emailnya dan kemudian melapor/minta daftarkan ke Operator Dinas, wajib generate lagi prefillnya
Post a Comment for "Ini Beberapa Sebagian Masalah Yang Ada Pada Dapodik 2021,Dan Bisa Diselesaikan Dari Kegiatan BIMTEK"