November 30, 2019
0
Laporan Daya Saing Global atau Global Competitiveness Report yang menggambarkan situasi ekonomi dunia diterbitkan setiap tahun oleh World Economic Forum. Terdapat 12 jenis aspek yang digunakan dan disusun untuk menghasilkan laporan ekonomi bagi semua negara di dunia ini.

Diantara aspek yang dilaporkan meliputi lingkungan makro ekonomi, infrastruktur, kesehatan dan daya saing pendidikan serta efisiensi pasar kerja. Informasi tentang sistem pendidikan yang dipublikasilkan pada laporan ini menunjukkan negara mana saja yang memiliki tingkat pendidikan terbaik di dunia. Setiap negara memiliki skor tertentu untuk daya kompetisi sistem pendidikannya. Poin tertinggi atau sempurna adalah skor 7. Berikut ini kami sajikan 10 negara teratas yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.
Daftar Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
Sebelum anda menyimak 10 besar negara yang memiliki sistem pendidikan yang paling bagus di dunia, ada baiknya kita mengupas sedikit tentang sistem pendidikan negara Jepang yang menduduki rangking ke-11. Jepang adalah satu di antara negara yang mempunyai prestasi sangat baik dari segi literasi, sains dan matematika dalam organisasi OECD (Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi).

Bagi siswa di Jepang, mereka menjalani 6 tahun di sekolah dasar. Para siswa kemudian menjalani 3 tahun di sekolah menengah pertama, dan 3 tahun di kelas atas sebelum melanjutkan ke jenjang universitas. Hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Di Jepang, sekolah menengah bukanlah kewajiban, tapi 98% siswa melanjutkan ke jenjang sekolah menengah. Jepang memperoleh skor yang sama dengan negara Barbados dan Selandia Baru, yakni 5,6.

1. Finlandia (Skor 6,7)
Ini merupakan rutinitas bagi negara Finlandia untuk mengungguli bagan sistem pendidikan global. Finlandia sangat terkenal dengan sistem pendidikannya yang tidak mengklasifikasikan siswa sesuai tingkat kecerdasannya. Semua siswa masuk kelas yang sama tanpa pembedaan kemampuan. Sistem pendidikan ini telah memberikan hasil yang sangat menggembirakan dari kesenjangan antara siswa lemah dan siswa cerdas. Ini artinya kecerdasan hampir merata untuk semua siswa, sehingga skor kesenjangan antara yang pinta dan yang bodoh adalah yang terendah di dunia. Selain itu, siswa di Finlandia tidak kelebihan beban karena pekerjaan rumah yang diberikan sangat sedikit. Hanya ada 1 ujian wajib yang harus ditempuh oleh seorang siswa Finlandia saat usianya 16 tahun.

Nah, demikianlah sepuluh besar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia saat ini. Lalu, bagaimana dengan peringkat Indonesia? Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Anggaran dana pendidikan yang besar dan pembaruan kurikulum telah dilakukan. Pemberian dana BOS telah diterapkan sejak tahun 2005 untuk mengurangi beban finansial bagi masyarakat dalam menyekolahkan putra-putrinya. Berdasarkan laporan yang dipublikasikan oleh World Economic Forum, peringkat kualitas sistem pendidikan di Indonesia berada di urutan ke-54 dengan skor 4,3, tertinggal 31 level dari negara tetangga kita, Malaysia yang ada di peringkat 23. Sementara itu, Inggris ada di rangking 24 dan Amerika Serikat di posisi ke-25.

2. Swiss (Skor 6,2)

Proses belajar mengajar dilakukan dalam berbagai bahasa tergantung pada daerah di Swiss. Di antara bahasa utama yang digunakan adalah Jerman, Perancis dan Italia. Hanya 5% siswa masuk sekolah swasta di Swiss. Apa yang menarik dan patut dicontoh dari sistem pendidikan Swiss adalah mereka mengisolasi siswa sesuai kemampuan mereka saat mulai dari SMA.

3. Belgia (Skor 6,2)

Posisi negara dengan sistem pendidikan terbaik ke tiga di dunia adalah Belgia berbagi posisi yang sama dengan negara Swiss dengan perolehan skor 6,2 poin. Belgia memiliki 4 kategori sekolah menengah yang berbeda, yaitu sekolah menengah reguler, sekolah teknik, sekolah dengan pendidikan kejuruan dan institusi pendidikan. Komisi Fulbright Amerika Serikat, yang menjadi tuan rumah program pertukaran pelajar dengan Belgia dan Luksemburg, mengatakan bahwa “Pendidikan adalah prioritas yang sangat tinggi dan mendapat alokasi anggaran tahunan terbesar oleh pemerintah Belgia. Sistem pendidikan publik dan swasta dapat dinikmati oleh semua orang Belgia dari usia 4 sampai 18 tahun, dengan biaya sangat rendah, atau bahkan gratis.

4. Singapura (Skor 6,1)

Tidak mengherankan bila Singapura berada dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Dengan skor 6,1 poin, Singapura berada di urutan ke empat, dan yang teratas di benua Asia. Singapura mencatatkan nilai yang sangat tinggi dalam tes Program Penilaian Siswa Internasional (PISA) dimana tes tersebut bertujuan untuk mengukur dan membandingkan kinerja siswa di seluruh dunia. Namun, tidak mudah berada di antara negara-negara yang paling kuat dalam sistem pendidikan, di mana orang-orang Singapura dikatakan sedikit tertekan di usia muda.

5. Belanda (Skor 5,9)

Menurut penelitian Unicef ​​pada tahun 2013, anak-anak di Belanda paling bahagia di dunia. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa Belanda secara global memimpin dalam kesejahteraan pendidikan. Sekolah di Belanda tidak memberikan banyak pekerjaan rumah kepada siswa sekolah dasar, tetapi hanya untuk siswa sekolah menengah. Dengan cara ini akan mengurangi stres dan tekanan pikiran di kalangan siswa sekolah dasar. Sekolah dibagi menjadi sekolah keagamaan dan sekolah pemerintah, dan sejumlah kecil sekolah swasta.

6. Qatar (Skor 5,8)

Negara dengan Produk Domestik Bruto tertinggi di dunia ini berada di peringkat yang sama dengan Irlandia dengan 5,8 poin. Menurut laporan BBC, negara kaya minyak ini telah menjadi salah satu kekuatan utama dalam hal inovasi pendidikan yang mendukung proyek dari riset tingkat dasar hingga universitas. Negara yang beribu kota Doha ini telah menghabiskan banyak uang untuk meningkatkan standar pendidikan. Ini adalah bagian dari program Vision 2030 untuk menjadi negara yang berdaulat dan mandiri. Sekolah yang didanai pemerintah menawarkan pendidikan gratis, hanya untuk orang-orang Qatar. Sebagian besar pekerja asing cenderung mengirim anak-anak mereka ke sekolah swasta.

7. Irlandia (Skor 5,8)

Di Irlandia, kebanyakan sekolah menengah dimiliki dan dijalankan oleh pihak swasta, namun mendapat dana dari pemerintah. Pemerintah dan sekolah kejuruan masih ada. Peringkat Irlandia dalam daftar ini agak terganggu karena laporan dana yang digunakan dalam sistem pendidikan kurang dari 15% seperti yang biasa dianggarkan oleh negara maju. Hal ini karena krisis keuangan antara tahun 2008 dan 2013. Jika tidak segera ditangani, maka sistem pendidikan Irlandia mungkin dalam bahaya di masa depan.

8. Estonia (Skor 5,7)

Negara Eropa Utara ini berada di peringkat 8 dalam daftar ini dengan 5,7 poin. Menurut data pada tahun 2015, Estonia telah menghabiskan 4% Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 12 triliun rupiah untuk meningkatkan sistem pendidikan. Tujuan pendidikan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Pendidikan Estonia 1992 adalah menciptakan lingkungan yang mendukung pembangunan pribadi, keluarga dan nasional. Selain itu juga bertujuan untuk mempromosikan pengembangan etnik, ekonomi, politik dan budaya di Estonia. Tujuan lain adalah untuk melestarikan lingkungan dalam konteks ekonomi dan budaya global, menerapkan nilai kewarganegaraan, dan menetapkan kondisi dalam menghasilkan tradisi belajar sepanjang hayat di seluruh negeri.

9. Selandia Baru (Skor 5,6)

Sekolah-sekolah di Selandia Baru menerima siswa dari usia 5 sampai 19 tahun di tingkat sekolah dasar dan menengah. Ini wajib bagi mereka yang berusia 6 sampai 16 tahun. Ada 3 jenis sekolah menengah di Selandia Baru, yakni: Sekolah Negeri yang dihuni 85% siswa, Sekolah Terpadu (negeri-swasta), dan Sekolah Swasta yang dihuni 3% siswa Selandia Baru. Sebenarnya posisi peringkat tiga negara, yakni Jepang, Barbados, dan Selendia Baru ada di skor yang sama, yaitu 5,6 poin.

10. Barbados (Skor 5,6)

Barbados adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudra Atlantik. Dengan perolehan poin 5,6 (lima koma enam), Barbados termasuk negara yang terbaik dalam hal pendidikan. Tingkat melek huruf di Barbados mencapai 98%, menjadikan negara yang beribu kota Bridgetown ini sebagai satu di antara yang tertinggi di dunia. Ini adalah hasil investasi besar oleh pemerintah Barbados. Sekolah dasar dimulai dari usia 4 sampai 11 tahun, sedangkan sekolah menengah dimulai dari usia 11 sampai 18 tahun. Sebagian besar sekolah di kedua tingkat ini dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah.
Sumber : https://www.diedit.com

Demikian postingan kami dengan judul Daftar Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media