July 11, 2019
0

SIPlah atau Sistem Informasi Pengadaan Sekolah adalah sistem elektronik yang dapat digunakan oleh sekolah untuk melaksanakan proses PBJ secara daring yang dananya bersumber dari dana BOS. Jika anda ingin mengunjungi sistem ini silahkan login dihttps://siplah.kemdikbud.go.id/ dan pelajari caranya.

SIPlah merupakan aplikasi sistem Informasi Pengadaan Sekolah yang rencananya akan dirilis. Tujuan dari Kemendikbud merilis aplikasi tersebut adalah agar digunakan dalam PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) sekolah yang dilakukan secara daring (Online Marketplace).

Pemanfaatan aplikasi SIPLah adalah untuk memanfaatkan Sistem Pasar Daring (Online Marketplace) yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Sistem pasar daring yang dapat dikategorikan sebagai SIPLah harus memiliki fitur tertentu untuk merealisasikan rencana kerja anggaran sekolah dan memenuhi kebutuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengawasi penggunaan dana BOS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jangan lupa download Permendikbud Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Juknis BOS Reguler tahun 2019 Revisi terbaru

Aplikasi SIPLah dapat digunakan oleh:
1.Pelaku Usaha, individu atau badan hukum, sebagai Penyedia Barang dan Jasa Sekolah.
2.Sekolah, yang diwakili Kepala Sekolah dan/atau Bendahara BOS, sebagai Pembeli Barang dan Jasa Sekolah.
3.Direktorat Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Pengawas PBJ Sekolah.

Cara Login Aplikasi SIPLaH
Untuk login ke aplikasi SIPlah, sekolah bisa menggunakan akun kepala sekolah dan bendahara BOS  sebagai username dan password. Tapi terlebih dahulu operator sekolah harus membuatkan dan memutakhirkan akun PTK(Email dan Pasword) tersebut melalui aplikasi dapodik.

BACA JUGA : 

Setelah berhasil membuat akun PTK (Kepsek dan Bendahara Bos) selanjutnya silahkan menuju website resmi nya melalui link berikut : https://siplah.kemdikbud.go.id/. Pilih salah satu situs mitra SIPLAH. (misal : https://siplah.pesonaedu.id/ PT Pesona edukasi).

Selanjutnya klik tombol login dapodik di pojok kanan atas. gunakan username dan password login dapodik sekolah anda.

Progres SIPlah
SIPLAH mendorong pengadaan lebih transparan serta membuka peluang pelaku usaha lebih bnyak sehingga transaksi lebih terkonsentrasi pad tingkat harga yang lebih rendah

Uji Login Laman SIPlah
1. https://siplah.pesonaedu.id Dapat login dengan menggunakan akun kepsek sementara akses dengan menggunakan akun bendahara belum bisa.
2. https://siplah.blanja.com/ Belum bisa login baik kepsek maupun bendahara.

SEKEDAR INFORMASI (TIDAK BEGITU PENTING)
==========================================
PERIHAL PENGGUNA SIPLAH
1. Login ke marketplace SIPLah hanya dapat dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Bendahara BOS
2. 2 jenis pengguna itu adalah pengguna individu PTK yang memiliki TUGAS TAMBAHAN sebagai Bendahara BOS dan Kepala Sekolah (jenis PTK Kepala Sekolah).
3. Login Operator Dapodik (sekolah) tidak dapat digunakan untuk akses marketplace SIPLah, jadi kondisinya tidak sama dengan aplikasi yang terpaut SSO Dapodik yang selain SIPLah (misal BOS Online).
4. Selain pengguna yang sudah ditentukan diatas maka pada halaman login SSO SIPLah akan tampil peringatan GAGAL LOGIN, jadi user yang bisa login ke BOS Online pasti tidak akan bisa login ke SIPLah karena beda peranan.
5. Jika terkendala login atau lupa password silahkan perbaiki pada manajemen pengguna dapodik kemudian sinkronkan dan akan dapat digunakan untuk akses marketplace SIPLah pada hari berikutnya (proses validasi penguna dilakukan harian).

6. (menyusul nanti ditambah lagi)

Demikian postingan kami dengan judul Cara Login Pada Aplikasi SIPlah Kemendikbud Menggunakan Akun Kepsek dan Bendahara BOS Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media