Esensi dari Merdeka Belajar adalah menggali potensi terbesar
para guru dan murid untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas belajar secara
mandiri.
Pada Webinar Guru Belajar, Kepala Sekolah Cikal, Rosmayanti
Mutiara membawakan materi berjudul “Kepemimpinan Berbasis Merdeka Belajar”. Ia
di antaranya mengungkap tentang Teori Perubahan Sekolah Murid Merdeka.
“Yang kita hadapi selama ini adalah murid itu bukan murid yang Merdeka Belajar, tapi murid yang menderita belajar. Karena apa? Karena sebelumnya anak-anak kita hanya mendapatkan, kita menyiapkan satu resep untuk semua anak. Satu resep dan fokusnya atau orientasinya hanya kepada hasil dan kepatuhan murid,” kata Rosmayanti berbagi pengalaman.
“Makanya tadi kita bergerak menjadi Sekolah Murid Merdeka, Sekolah Merdeka Belajar. Oleh karenanya kita perlu melibatkan komunitas penggerak pendidikan. Seluruh guru-guru yang ada di sekolah, seluruh orang tua, semua pihak yang ada di dunia pendidikan itu sendiri,” sambungnya.
Bagaimana kepala
sekolah sebagai learning leader mempersiapkan seluruh komunitas sekolah
menghadapi tahun ajaran di masa pandemi covid 19?
Download Materinya di sini
Temukan jawabannya dengan
menyaksikan pemaparan dari Rosmayanti Mutiara, Kepala Sekolah Cikal. Selamat
menyaksikan!
Post a Comment for "Kepemimpinan Berbasis Merdeka Belajar"