March 17, 2024
0

Saat ini masih banyak komunitas, pemangku kepentingan dan lembaga penyelenggara ajang talenta serta satuan pendidikan yang menyelenggarakan ajang secara tidak terstruktur atau tidak didasarkan atas pedoman tertentu. Hal tersebut salah satunya disebabkan belum adanya standar yang jelas, baik mengenai kualitas ajang maupun prestasi talenta peserta didik. Belum adanya standar tersebut dapat memicu terjadinya ketidakadilan dan kesenjangan dalampengembangan potensi talenta peserta didik.

Di samping itu, Pemerintah tidak akan mungkin bisa menyelenggarakan ajang-ajang yang tentunya banyak jumlahnya. Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran atau kemampuan sumber daya manusia yang ada.  Pengakuan terhadap ajang yang diselenggarakan komunitas atau pemangku kepentingan atau lembaga penyelenggara, harus dilakukan melalui proses kurasi. Adanya pengakuan akan mendorong masyarakat atau orang tua untuk mengikutkan anak-anaknya berpartisipasi dalam ajang-ajang yang sudah memeroleh pengakuan tersebut.

Oleh karena itu perlu adanya suatu proses kurasi terhadap penyelenggaraan ajang dan juga prestasi talenta peserta didik. Proses kurasi ini mengidentifikasi, menilai, menyimpulkan, dan memberikan pengakuan resmi oleh Kementerian kepada suatu ajang talenta dan/atau

prestasi talenta peserta didik. Hasil kurasi selanjutnya akan masuk pencatatan atau registrasi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan menjadi bagian dari program manajemen talenta. Adanya proses kurasi ini sekaligus menunjukkan keberpihakan Pemerintah dan prinsip “keadilan” kepada berbagai komunitas, pemangku kepentingan,dan lembaga penyelenggara.

Untuk itu, diperlukan pedoman yang memuat standar dan kriteria dalam proses kurasi talenta untuk memastikan proses kurasi yang obyektif, akuntabel, akurat dengan mempertimbangkan prinsip keadilan dan kesetaraan dalam pengembangan potensi peserta didik. Adanya pedoman kurasi talenta yang jelas dapat membantu peserta didik dan satuan pendidikan serta orang tua untuk memilih ajang yang terstandar dan memiliki derajat kualitas tertentu, sehingga pengembangan talenta peserta didik menjadi optimal.

2 Pedoman ini juga dapat membantu masyarakat dalam memahami standar dan kriteria kurasi talenta serta dapat membantu pemerintah dalam memantau dan mengawasi proses kurasi talenta untuk memastikan terlaksananya kurasi talenta secara transparan dan adil.

Hasil proses kurasi diharapkan dapat menjadi pemberian pengakuan terhadap Tingkat kualitas penyelenggaraan ajang, dan sekaligus penghargaan terhadap talenta berprestasi dan pemberian insentif berupa jaminan karier belajar atau bentuk lainnya yang memadai termasuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dan pemberian BOS Kinerja-Prestasi. Hasil kurasi dalam bentuk daftar ajang talenta dan peserta didik bertalenta selanjutnya dapat dimasukkan dalam Sistem Informasi Manajemen Talenta (SIMT

Unduh file Pedoman Pengelolaan Ajang Talenta Peserta Didik di sini

 

 

Unduh file Pedoman Penjurian dan Seleksi Ajang Talenta Peserta Didik di sini

 

 

Unduh file Pedoman Kurasi Talenta di sini

Demikian postingan kami dengan judul Download Tiga Buku Pedoman Ajang Talenta Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media