October 08, 2019
0

Sahabat operator sudah pernahkah membuat akun PTK pada aplikasi dapodik? Sudah pastinya... namun lupa lagi kata sandi atau paswordnya. Sahabat ops tidak perlu cemas dan bingung, karena hal tersebut semua orang pasti mengalaminya, kita bisa atasi dengan langkah langkah yang cukup mudah dan simpel. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips/cara merubah pasword Akun PTK pada aplikasi dapodik 2020. Mau tahu bagaimana cara merubahnya? Agar PTK yang bersangkutan tetap bisa masuk atau login di dapodik 2020. Simak saja uraianya pada ulasan yang sudah kami buat.

CARA MERUBAH PASSWORD AKUN PTK
1.Langkah pertama, bisa langsung membuka aplikasi dapodik versi terbaru dengan mengaksesnya pada login operator.

2.Selanjutnya, pilih (1).“GTK->Guru”. Kemudian (2).Nanti akan muncul tampilan nama seluruh Guru , lalu pilih salah satu“Guru” yang mau kita rubah password login dapodik guru. (3).Sekarang klik menu“Penugasan”
3.Setelah terbuka tampilan penugasan tersebut, pilih “Buat/Ubah Akun PTK”

4.Jika menu penugasan sudah kita buka, selanjutnya... 
(1)“Isi Password baru,
(2)Ulangi paswordnya pada kolom Konfirmasi” Jika sudah,  pilih/klik tombol 
(3)“Simpan”, lalu tunggu sebentar hingga muncul notifikasi “Data Pengguna Berhasil di Perbaharui”

5.Silahkan tes dulu Login Dapodiknya dengan Email PTK dan Password yang sudah diubahkan oleh Operator Sekolah tadi,dan bisa Login PTK,lalu Log out.
6.Login sebagai Operator,silahkan sinkron lagi

CARA LANGSUNG MERUBAH PASSWORD AKUN PTK
Cara ini PTK belum pernah sama sekali Login Akun PTKnya
1.Login Akun PTK dengan Password Lama

2.Sebentar nanti akan terbuka Dapodiknya dan 
3.Nanti secara otomati muncul menu Perubahan Password,isi password lama dan password baru,klik Simpan
4.Setelah itu klik Logout, tes login lagi dengan password barunya,Logout lagi
5.Login sebagai Operator,silahkan sinkron lagi
Catatan : 
Password harus memakai kombinasi huruf besar dan angka ( Contoh : Sekolah123)
=================================
CARA MERUBAH NAMA EMAIL AKUN PTK
Wajib pakai Email Aktif, artinya bisa dibuka Emailnya kalau2 nanti ada pesan masuk
1.Tentu PTK sudah bisa login dengan Akun PTKnya
2.Selanjutnya, pilih (1).“GTK->Guru atau Tendik”. Kemudian (2).Nanti akan muncul nama Guru atau Tendik , lalu pilih Nama“Guru/Tendik” yang mau kita rubah Emailnya  (3).Sekarang klik menu“Ubah”

3.Setelah klik "Ubah" tadi,maka terbuka Edit PTK Ardi, pada menu KONTAK ada isian nama Email,silahkan ketik ulang kalau mau diubah Nama Email PTKnya,dan klik Simpan dan Tutup (x)

4.Klik lagi Nama Guru/Tendik seperti cara 2 diatas,tapi sekarang bukan klik "Ubah"tapi klik "Penugasan"
5.Setelah terbuka tampilan penugasan tersebut, pilih “Buat/Ubah Akun PTK”
6.Akan terlihat sudah Nama Email PTK terbaru secara otomatis setelah diubah pada menu KONTAK tadi (saya jelaskan disini isian menu KONTAK terhubung langsung ke Buat/Ubah Akun PTK ini) dan juga  (terserah anda mau ubah passwordnya nanti klik Simpan atau tidak dengan password asal yang sudah bisa login PTK, klik Batal)
7.Selesai,silahkan Log out
8.Login sebagai Operator,silahkan sinkron lagi

CARA MENGETAHUI USERNAME,PASSWORD DAN KODEREG  LOGIN OPERATOR KARENA LUPA
Secara umum aplikasi Dapodik yang sudah terinstall pada Laptop maupun PC semua filenya akan tersimpan pada folder Dapodik yang berada di dalam folder Program Files atau Program Files (x86) pada Local Disk (:C).
Langkahnya :
1. Buka di local disk (C:) / Program file (x86)/Dappdik/Webserver/Logs Buka double klik access.log
2.Lalu ketikan perintah CTRL+F di keyboard. Ketik di kolom Find what >> Ketikan " getEncryptPass " tanpa tanda kutip. Lalu enter/Find Next sampai ketemu password yang dibuat. 
Cobalah.. (sedikit ribet sih...harus teliti betul mencari username, passwordnya)
2.Lalu ketikan perintah CTRL+F di keyboard. Ketik di kolom Find what >> Ketikan " getEncryptPass " tanpa tanda kutip. Lalu enter/Find Next sampai ketemu password yang dibuat. Cobalah.. (sedikit ribet sih...harus teliti betul mencari username, passwordnya)





Aplikasi GetPass Dapodik 2020
Karena masih banyak rekan OPS yang masih awam dan bingungan terutama saat lupa password buat login dapodik. Sudah banyak teman-teman yang share cara mengetahui password tersebut melalui file access.log tapi harus manual. Maka saya share aplikasi GetPass Dapodik 2020 yang ukurannya sangat kecil cuma 354 KB (karena berupa file executable dan ukuran file kecil seringkali dianggap virus oleh sistem). Aplikasi ini hanya membaca data dari file access.log dan tidak bersentuhan sama sekali dengan database dapodik. Link Unduhan disini atau disini
1.Download dulu Aplikasinya
2.Klik Aplikasinya,dan tidak di instal

3.Terlihat hasilnya Password Lama dan Baru (yang saya bingung, muculnya ini password Akun Operator atau Akun PTK),tapi dengan klik aplikasi ini tidak mempengaruhi sistem dapodik dan aman saja,jadi silahkan dicoba dulu

Setelah semua sudah anda lakukan seperti cara-cara di atas maka wajib melakukan sinkronisasi dan hasil sinkron ini nantinya menunggu hasil penarikan data/validasi oleh pusat, tunggu beberapa hari ...bukannya setelah anda perbaiki/ubah langsung bisa di cek pada Login Info GTK, BUKAN BEGITU?..SINKRON DULU

Demikian postingan kami dengan judul Cara Ubah Nama Email dan Password Akun PTK Untuk Bisa Login Info GTK 2019/2020 Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media