Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) memiliki tugas “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk Pendidikan dan Kebudayaan”.
MAME 2021 merupakan nama dari Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tahun 2021. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.
Dalam
rangka melaksanakan tugas tersebut, BPMPK menyelenggarakan fungsi:
1) Pengkajian
model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
2) Perancangan
model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
3) Pembuatan
model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
4) Pendayagunaan
sarana dan peralatan multimedia,
5) Fasilitasi
pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
6) Evaluasi
pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan, dan
7) Pelaksanaan
urusan ketatausahaan Balai.
Sehubungan
dengan tugas dan fungsi BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional,
BPMPK perlu mempublikasikan keberadaan dan fungsinya agar dikenal oleh
masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan. Selain itu,
program-program yang telah dilaksanakan beserta produk-produknya bisa secara
langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah maupun
seluruh stakeholder pendidikan khususnya pengguna mobile edukasi.
Salah satu strategi publikasi yang ditempuh oleh BPMPK adalah dengan
melaksanakan pembuatan bahan ajar berbasis komunitas yang kita sebut
dengan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi atau disingkat dengan MAME. Konsep
utama diadakan MAME ini adalah “mendapatkan konten bahan ajar mobile edukasi
yang dikembangkan oleh komunitas”.
MAME
2021 merupakan nama dari Lomba
Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan
Umum. MAME memilih karya Aplikasi Mobile Edukasi yang layak untuk
dimanfaatkan bagi pendidikan di Indonesia. Karya ini merupakan aplikasi yang
dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur
pendidikan. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta konten bahan ajarnya
dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat
pendidikan di Indonesia.
Waktu dan
Tempat Lomba Membuat Aplikasi
Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Pendaftaran
dan pengumpulan karya dilaksanakan pada 1 April 2021 sampai 31 Juli 2021
secara online.
Kegiatan Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum. Setelah kegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftaran dan pengumpulan hasil karya bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya MAME 2021 bagi peserta ditentukan selama 4 bulan. Pendaftaran dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame
Langkah
Pendaftaran Lomba Membuat Aplikasi
Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum
1.Kunjungi
website resmi MAME kemudian mendaftar menjadi
peserta http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/mame
2.Akun
user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
3.Peserta
mendapatkan konfirmasi email yang didaftarkan
4.Peserta
diwajibkan:
5.Melengkapi
biodata
6.Mengunggah
identitas bukti diri (kartu identitas dan foto diri)
7.Mengunggah
karya yang diajukan beserta surat pernyataan orisinalitas karya
8.Mengunggah
video demo karya dengan durasi 30-60 detik (contoh video bisa dilihat di web
resmi lomba)
9.Upload
ikon ( 512 x 512 px) dan 3 screenshot karya (ukuran
sesuai smartphone)
10.Peserta
memberikan deskripsi atau sinopsis mengenai karya yang diunggah
11.Biodata, karya lomba, video demo, ikon dan deskripsi bisa diperbaharui dan diunggah ulang sampai batas akhir waktu pendaftaran.
Persyaratan
Peserta Lomba Membuat
Aplikasi Mobile Edukasi (Mame) Tahun 2021 untuk Guru, Siswa dan Umum
1.Warga
Negara Indonesia (WNI)
2.Peserta
diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia MAME melalui website,
email, dan media sosial resmi MAME .
3.Kegiatan
dibagi menjadi empat kategori yaitu :
A.Kategori
Pelajar :
-SD,
SMP, SMA/SMK atau sederajat dan saat Seleksi Karya Terbaik masih
berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
-Wajib
melampirkan/mengunggah surat izin dari kepala sekolah untuk mengikuti MAME.
-Apabila
lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus pelajar dan wajib
membawa surat tugas dari kepala sekolah
-Panitia
memberi fasilitas satu guru pendamping setiap peserta untuk menghadiri acara
Seleksi Karya Terbaik
-Guru
pendamping wajib membawa surat tugas dari kepala sekolah peserta.
-Panitia
akan menanggung transportasi dan akomodasi (konsumsi dan penginapan) guru
pendamping.
B.Kategori
Guru :
-Guru
segala jenjang (SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat)
-Pamong
belajar, tutor keaksaraan, pendidik PAUD
-Wajib
melampirkan/mengunggah surat izin yang mencantumkan mata pelajaran yang diampu,
dari atasan langsung untuk mengikuti MAME.
-Jika lolos ke Seleksi Karya Terbaik, peserta masih berstatus guru, pamong belajar,tutor keaksaraan atau pendidik PAUD, dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah/atasan langsung.
Kategori Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME)
untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021. Program mobile edukasi merupakan
salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan
dari model ini adalah dapat menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak
digunakan dan dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi.
Untuk
mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK
mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan
serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk
kegiatan Membuat Aplikasi Mobile Edukasi yang disebut MAME 2021 dengan 4
kategori, yakni:
1.Kategori
Pelajar bertema Sosial Budaya
2.Kategori
Guru bertema Mata Pelajaran
3.Kategori
Umum bertema Virtual, dan
4.Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Pelaksanaan kegiatan MAME 2021 ini dibagi dalam 4 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya Kontributor, dan Seleksi Karya Terbaik.
Karakteristik Peserta
1.Perorangan
atau kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya akomodasi hanya 1
orang saat presentasi di babak Seleksi Karya Terbaik)
2.Peserta
yang pernah menjadi Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi
peserta seleksi karya terbaik MAME pada kategori yang sama.
3.Peserta
hanya boleh mengikuti satu kategori kegiatan.
4.Peserta yang tidak bersedia mengikuti Seleksi Karya Terbaik, akan diturunkan sebagai Kontributor
Persyaratan Karya
1.Satu
karya yang diunggah dalam format APK (Android) dan HTML5. Jika peserta hanya
mengunggah satu format saja, maka panitia berhak mendiskualifikasi.
2.Karya
berupa konten mata pelajaran mencantumkan nama mapel, topik, jenjang, dan
tujuan pembelajaran. Sedangkan karya untuk konten umum mencantumkan topik,
tujuan, dan sasarannya (semisal Pendidikan Khusus, Pendidikan Masyarakat Budaya
atau Bahasa).
3.Karya
adalah hasil ide dan kreasi original peserta (dilampiri surat pernyataan
orisinalitas karya), isi karya menjadi tanggung jawab peserta.
4.Karya
berupa aplikasi mobile yang bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan
melalui website m-edukasi.kemdikbud.go.id
5.Aplikasi mobile yang
dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada
perangkat smartphone atau tablet.
6.Aplikasi
yang terkoneksi dengan server atau internet harus dapat dijalankan tanpa
koneksi internet.
7.Aplikasi
yang terkoneksi server harus menyertakan dokumentasi dan panduan instalasi,
jika masuk kontributor, data di server harus dipindah ke server Kemdikbud.
8.Konten
karya adalah kreasi original tanpa mengambil dari pihak ketiga.
9.Karya
peserta tidak boleh lebih dari 200 MB. Jika karya melebihi ukuran tersebut,
maka karya tidak bisa diunggah.
10.Karya
belum pernah dipublikasikan.
11.Karya
tidak mengandung unsur komersial
12.Karya
belum pernah menjadi juara di lomba yang lain.
13.Karya
wajib mencantumkan splash screen dengan logo standar yang telah
disediakan oleh panitia (dapat diunduh di website resmi lomba), tetapi animasi
dan musik boleh dimodifikasi dengan durasi maksimal 5 detik.
14.Tema
karya tidak boleh sama dengan karya yang sudah dipublish di
m-edukasi.kemdikbud.go.id. (gunakan fitur pencarian pada portal
m-edukasi.kemdikbud.go.id untuk menghindari kesamaan pemilihan tema).
Contoh, hindari tema-tema berikut ini: Alfabet, Tata Surya,
Aksara Jawa, Operasi Hitung Sederhana, Pengenalan huruf abjad/hijaiyah, Bangun
Ruang dan Menangkal HOAX. Tema yang sama tidak akan diikutsertakan dalam
proses seleksi.
15.Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yang digunakan (apabila menggunakan aset dari pihak lain).
16.Pelajar :
Berisi tentang sosial budaya (Misalnya : Pelajar Pancasila, Kenakalan Remaja,
Pendidikan Karakter, Budi Pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia,
Peninggalan Sejarah, dan lain-lain)
17.Guru :
Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu dengan
mencantumkan tujuan pembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam
surat izin).
18.Umum
Virtual : Umum Virtual dapat berupa Virtual Lab, Virtual Reality, atau Augmented
Reality. Untuk karya Virtual Lab berisi simulasi praktikum di laboratorium
sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum (judul, tujuan, dasar teori,
hasil pengamatan, pernyataan, dan kesimpulan) dalam bentuk PDF.
19.Umum
Game Edukasi : Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur
pembelajaran, Membantu orang untuk mempelajari subjek tertentu, mengembangkan
konsep, memperkuat pengembangan, memahami peristiwa atau budaya historis, atau
membantu mempelajari keterampilan saat bermain. Mengandung prinsip-prinsip
pembelajaran dan cenderung instruksional (ditunjukan adanya storyline)
serta dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.
20.Disajikan
dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran
bahasa asing / daerah / muatan lokal.
21.Peserta
yang masuk Seleksi Karya Kontributor 25 peserta per kategori,
menyertakan Source Code atau Resource guna keperluan
sinkronisasi karya ke website resmi BPMPK untuk keperluan publikasi dan Seleksi
Karya Terbaik.
22.Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka panitia berhak mendiskualifikasi.
Ketentuan
Umum Lomba Membuat Aplikasi Mobile
Edukasi (MAME) untuk Guru, Siswa dan Umum tahun 2021
Peraturan
dan ketentuan umum dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1.Panitia
tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti
berita/informasi dari panitia kegiatan.
2.Pengumpulan
karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya.
3.Panitia
berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak
sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
4.BPMPK
berhak mempublikasikan dan mendistribusikan 100 karya hasil seleksi kontributor
dan karya terbaik.
5.Keputusan panitia dan/atau tim selektor tidak dapat diganggu gugat.
Hadiah
bagi pemenang Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) untuk Guru,
Siswa dan Umum tahun 2021
Total
keseluruhan penghargaan yang disediakan untuk semua kategori dalam MAME 2021
kurang lebih Rp. 358.000.000,-
Hadiah Untuk Pemenang
Kategori Pelajar
a.Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
b.Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
c.Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-
Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru
a.Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
b.Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
c.Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang
Kategori Umum Virtual
a.Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
b.Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
c.Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang
Kategori Umum Game Edukasi
a.Karya
Terbaik 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
b.Karya
Terbaik 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
c.Karya
Terbaik 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Peringkat 4-25 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,
Post a Comment for "Lomba Membuat Aplikasi Mobile Edukasi (MAME) Tahun 2021"