Dashboard Pengelolaan Data Peserta Didik dan Guru Terintegrasi (Sistem Dapodik dan Sistem Dukcapil)

Posted by


Untuk terintegrasinya Data Pendidikan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. perlu dilakukan pengelolaan data referensi sebagai salah satu acuan Sinkronisasi Data Pendidikan.

Dashboard Pengelolaan Data Peserta Didik dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi validasi yang berasal dari sistem pengelolaan data (Sistem Dapodik). Referensi Data Peserta Didik berisi informasi peserta didik pada tingkat Satuan Pendidikan, Kab/Kota. dan Provinsi di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Serta untuk melihat residu data peserta didik yang masih memerlukan perbaikan.

Variabel Data Master Referensi Peserta Didik yang perlu dilakukan verifikasi validasi. yaitu : NISN. Nama. Tempat Lahir. Tanggal Lahir. Nama Ibu Kandung. Jenis Kelamin dan NIK.

Proses verifikasi dan validasi data peserta didik, yang dilakukan oleh setiap operator sekolah melalui laman http:/vervalpd.data.kemdikbud.go.id

Dashboard integrasi Dapodik dan Dukcapil dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi validasi yang berasal dari dua sistem pengelolaan data (Sistem Dapodik dan Sistem Dukcapil) yang terintegrasi.

Dalam Dashboard Integrasi Dapodik dengan Dukcapil untuk Data Peserta Didik. diklasifikasikan menjadi 3 (Integrasi. Residu Dapodik, dan Residu Dukcapil).

PENGELOLAAN DATA PESERTA DIDIK
Data Peserta Didik yang sudah kita entrykan di Dapodik, untuk “NIK” apakah sudah benar terintegrasi dengan data pada “Dukcapil”
Akses link nya di bawah ini 
Username dan password untuk login menggunakan akun yang sudah terdaftar di https://sdm.kemdikbud.go.id/  atau memakai akun Login Dapodiknya
Silahkan “Login”



Menu Utama:
-Rangkuman, Total peserta didik, Total peserta didik tingkat akhir,  Residu berdasarkan tingkat (Jumlah siswa sudah punya NISN dan Belum punya NISN) 
-Tingkat Akhir, Data Peserta Didik Tingkat Akhir
-Peserta Didik, Data semua Peserta Didik
-Residu, Cek isian NISN dan NIK Peserta Didik dan apakah sudah di isi semua


Menu Dukcapil:
-Beranda
-Integrasi, Data Dapodik yang teridentifikasi secara system terkait dengan data peserta didik yang tercatat di Dapodik berkoresponden dengan data kependudukan di Dukcapil
-Residu Dapodik, Data peserta didik di dapodik yang belum berkoresponden dengan data kependudukan di Dukcapil

Kemudian cek data “Dapodik” apakan sudah sama dengan “Dukcapil” atau tidak, Masuk pada menu “DUKCAPIL”, Apabila ada ketidaksamaan data akan ditandai dengan warna “merah muda/pink, Silahkan disesuaikan dengan yang “BENAR”

INILAH CONTOH BEDA DATA DI DAPODIK DENGAN DATA DARI DUKCAPIL
Beda Nama Siswa
Beda Tempat Lahir

Beda Tanggal/Tahun Lahir

Beda Nama Ibu Kandung

Beda NIK

Perbaikan data :
-NISN dan NIK harus di isi di Dapodik
-Cek kembali data KARTU KELUARGA(ada nama siswanya) dan data AKTA LAHIR Siswa, apakah sudah sama dan data yang mana mau dipakai kalau data beda(ada sebagian data dari keduanya beda,Operator pasti bingung mau memakai data yang mana,terpaksa memanggil kembali orang tua siswa untuk memastikan data mana yang benar), dan nanti yang di input ke Dapodiknya
-Lewat Vervalpd dengan scan Kartu Keluarga/Akta Lahir

========================

Untuk terintegrasinya Data Pendidikan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perlu dilakukan pengelolaan data referensi sebagai salah satu acuan sinkronisasi Data Pendidikan

Dashboard Pengelolaan Data Guru dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi validasi yang berasal dari sistem pengelolaan data (Sistem Dapodik). Referensi Data Guru berisi informasi Guru pada tingkat Satuan Pendidikan. Kab/Kota. dan Provinsi di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Serta untuk mengetahui jumlah guru yang belum memiliki NUPTK maupun Rombel.

Dashboard Integrasi Dapodik dan Dukcapil dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi validasi yang berasal dari dua sistem pengelolaan data (Sistem Dapodik dan Sistem Dukcapil) yang terintegrasi.

Dalam Dashboard Integrasi Dapodik dengan Dukcapil untuk Data Guru. diklasifikasikan menjadi 2 ( Integrasi dan Residu Dapodik ).

PENGELOLAAN DATA GURU DIKDASMEN
Data Guru Dikdasmen yang sudah kita entrykan di Dapodik, untuk “NIK” apakah sudah benar terintegrasi dengan data pada “Dukcapil”
Akses link nya di bawah ini 
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ptk/index.php
Username dan password untuk login menggunakan akun yang sudah terdaftar di https://sdm.kemdikbud.go.id/  atau memakai akun Login Dapodiknya

Demikian postingan kami dengan judul Dashboard Pengelolaan Data Peserta Didik dan Guru Terintegrasi (Sistem Dapodik dan Sistem Dukcapil) Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

>>>BUKA POSTINGAN LAINNYA

About Supiadi
Bekerja sebagai pendidik dan Saya hanyalah blogger newbie yang senang berbagi dan meluangkan sedikit waktu untuk ngeblog. Semoga supiadi74.blogspot.com ini bisa memberikan informasi yang manfaat bagi teman-teman Guru di seluruh Indonesia.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: September 20, 2019

0 komentar:

Post a Comment