Berikut ini adalah sumber
permasalahan dan solusinya:
1.
Tidak bisa menginstal aplikasi dapodik versi 2021:
Solusinya: pastikan anda menggunakan perangkat atau laptop sesuai dengan
standar minimalnya baik Spesifikasi hardware maupun Operating System (OS).
2. Menu sinkronisasi tidak muncul pada
saat mau melakukan sinkronisasi yang muncul tombol tarik data:
Solusinya:
• Silahkan anda buka bagian sarpras
• Kemudian input kondisinya kerusakan tanah dan bangunan, dilanjutkan dengan
ruangan yang ada pada sekolah anda.
3. Nama pengguna tidak aktif pada saat
sinkronisasi
Solusi:
• pastikan anda tidak melakukan reset pengguna akun kepala sekolah setelah anda
melakukan registrasi.
• lakukan perubahan akun ks di sp.datadik.kemdikbud.go.id tunggu 1X24 jam
lakukan tarik data dari aplikasi dapodik anda.
4. PTK menggunakan referensi yang
dinonaktifkan
Solusi:
• silahkan anda login menggunakan akun PTK di ptk.datadik.kemdikbud.go.id
tunggu 1 x 24 jam kemudian tarik data anda dengan melakukan tarik data di
aplikasi dapodik versi 2021.
5. Akun Petugas pendataan yang merangkap
sebagai PTK (guru/Tendik) tidak bisa verval di ptk.datadik.kemdikbud.go.id
Solusi:
Silahkan anda tunggu saja karena nama 1 tetapi memiliki 2 user yang berbeda dan
permasalahan ini semua sama di seluruh Indonesia.
Sedikit dari permasalahan
pada aplikasi dapodik di atas adalah perdasarkan pengalaman pribadi saya.
Sekedar mengingatkan kembali kepada petugas pendataan bahwa lakukan kegiatan
input data pada dapodik sesuai dengan petunjuk teknis/panduan aplikasi dapodik versi
2021.
6. ERROR ini disebabkan karena pada
halaman login SSO tersebut terpasang Google reCaptcha V3 yang fungsinya untuk
membaca perilaku pengunjung/pengguna, apabila pengguna yang akan melakukan
login tersebut oleh sistem reCaptcha di indikasikan sebagai aktifitas yang
dilakukan oleh user maka sistem akan mencegah untuk proses selanjutnya dalam
hal ini adalah authentikasi.
Beberapa kendala yang
terjadi saat login ke aplikasi yang menggunakan SSO Dapodik adalah ERROR dengan
keterangan seperti berikut ini. Kita dapat mengetahui informasi penggunaan
reCaptcha V3 pada halaman SSO ini terlihat dari gambar diatas yang menampilkan
informasi pada sudut kanan bawah.
Pada bagian kanan bawah
terdapat identitas ‘protected by reCAPTCHA. Solusi untuk masalah ini adalah
dengan melakukan reload halaman dan menyegerakan melakukan login dengan tidak
menunda atau membiarkan halaman login terbuka dalam waktu lama karena bisa
mengakibatkan token reCAPTCHA akan invalid/timedout yang berimbas muncul
peringatan ERROR seperti tersebut diatas Untuk melengkapi artikel saya
berkaitan dengan solusi permasalahan dapodik versi 2021 silahkan anda simak
tanya jawab seputar aplikasi dapodik versi 2021 di bawah ini yang terdiri dari
151 pertanyaan berikut jawabannya.
7. Akun PTK belum di buat
Jawaban silahkan anda buat akun PTK tersebut untuk caranya disini
Umum
1 Apa itu Aplikasi Dapodik?
Sistem Aplikasi
Dapodik adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang
pendidikan dasar dan menengah di lingkungan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Kemendikbud). Entitas data pokok tersebut meliputi sekolah termasuk
sarana dan prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Peserta Didik dan
Proses Pembelajaran di dalam rombongan belajar (Rombel).
2
Mengapa sekolah harus menggunakan Aplikasi Dapodik?
Berdasarkan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 serta
Surat Edaran Menteri mengenai aplikasi pendataan di lingkungan Kemendikbud,
dinyatakan bahwa Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi resmi yang digunakan untuk
menjaring data pokok pendidikan dasar dan menengah.
Data dari Aplikasi
Dapodik akan digunakan sebagai acuan data dalam program-program Kemendikbud di
tingkat pendidikan dasar dan menengah seperti: pemberian Nomor Induk Siswa
Nasional (NISN), pemberin Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan(NUPTK),
Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), tunjangan guru,
Ujian Nasional, dan program-program lainnya. Oleh karena itu sekolah harus
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan Dapodik.
3 Apa akibatnya jika
sekolah menolak menggunakan Aplikasi Dapodik?
Data Aplikasi Dapodik digunakan sebagai acuan data dalam program-program
Kemendikbud di tingkat pendidikan dasar dan menengah. Apabila sekolah tidak
berpartisipasi aktif, maka sekolah akan rugi karena data milik mereka tidak
akan sampai ke Kemendikbud. Sekolah tersebut otomatis tidak akan tersentuh
program-program Kemendikbud.
4 Bagaimana tahapan
update aplikasi versi 2020 ke Versi 2021?
Dikarenakan dapodik versi 2021 berupa installer maka harus uninstall terlebih
dahulu versi sebelumnya. Adapun langkah demi langkahnya dapat dilihat pada buku
panduan dapodik versi 2021
5 Apakah Madrasah
Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dapat
menggunakan Aplikasi Dapodik?
MI, MTs dan MA berada di bawah naungan Kementerian Agama sehingga tidak dapat
menggunakan Aplikasi Dapodik.
6 Apakah web manajemen
PAUD-Dikmas masih terpisah
Manajemen Dapodik bergabung jadi satu, tidak terpisah
7 Apakah Aplikasi Dapodik
PAUD – Dikmas terpisah
Dapodik PAUD – Dikmas dan Dapodik Dikdasmen menjadi satu data pokok Pendidikan.
8 Apakah termasuk sekolah
terpencil dan luar negeri?
Ya, tidak terkecuali.
9 Apakah username dan
password harus diganti dengan yang baru?
Tidak, tetap menggunakan username dan password yang lama, tapi jika menemukan
masalah yang mengharuskan, maka bisa mengganti username dan password di dinas
Pendidikan setempat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk jenjang SD dan
SMP di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan untuk jenjang SMA SMK di Dinas
Pendidikan Propinsi.
10 Peringatan sebagian
data tidak masuk, apa yg harus dilakukan?
Silakan lakukan generate ulang prefill dan registrasi ulang. Bila belum
berhasil, silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat.
11 Apakah prefill yang
lama bisa digunakan di aplikasi versi 2018.b?
Tidak, harus lakukan generate ulang prefill sebelum memulai proses pendataan
(jika registrasi menggunakan metode offline). Hendaknya melakukan generate
ulang prefill ketika akan memulai pendataan.
12 Bagaimana untuk
sekolah baru, sekolah merger dan sekolah yang sudah tutup?
Laporkan ke dinas pendidikan kab/kota setempat untuk di teruskan ke pusat
selanjutnya admin pusat yang akan melakukan tindak lanjut permasalahan
tersebut.
Q.13 Apakah aplikasi ini
masih bersifat mampu bekerja dalam keadaan offline?
Ya, mekanisme tersebut masih tetap berlaku di versi ini untuk meakomodir untuk
sekolahsekolah yang memiliki keterbatasan akses internet
Q.14 Kapan paling lambat pengiriman data dapodik?
Pengiriman dapodik sudah di atur dalam aplikasi per semester.
Q.15 Dimana saya bisa mendapatkan aplikasi dapodik versi terbaru?
Lakukan pengunduhan installer aplikasi melalui website resmi
http://dapo.kemdikbud.go.id
16 Kapan masa berlaku
aplikasi dapodik ?
Untuk kita ketahui bersama bahwa dapodik tidak mengenal masa belakunya sampai
kapan, yang ada pada aplikasi dapodik adalah batas akhir pemanfaatan data.
Sebagai contoh untuk batas akhir pengambilan data untuk bantuan operasional
sekolah adalah 31 Agustus pada tahun berjalan, dengan demikian data yang
berkaitan dengan BOS akan di potret untuk dimanfaatkan. Bukan berarti selesai
batas waktu tersebut sekolah tidak dapat melanjutkan pendataan pada aplikasi
dapodik, dapodik masih dapat digunakan seperti biasa
17 Ketika data masih
invalid (warna merah) apakah masih bisa sinkronisasi?
Tidak. Pastikan seluruh data yang berwarna merah sudah bersih, hal ini di
maksudkan untuk meningkatkan kualitas data yang dikirimkan oleh sekolah.
18 Jika peringatan
warning (warna kuning) apakah bisa melakukan sinkronisasi?
Bisa. Untuk yang bertanda warning masih bisa diberikan keringanan untuk
pengiriman data masih di ijinkan, namun demikian diharapkan peringatan warna
kuning tersebut di perbaiki sampai bersih validasinya.
19 Apa yang dimaksud
dengan data periodik, lalu bagaimana cara mengisinya?
• Data periodik adalah
data yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester
lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus
diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi.
• Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan
fitur yang sudah di sediakan pada action menu lanjutkan data periodik PD atau
PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.
20 Jika ada siswa mutasi
dari sekolah lain apa yang harus di lakukan?
• Bisa menggunakan fitur
mutasi online (tarik PD online melalui website dapo.kemdikbud.go.id) atau
mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.
• Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah
melakukan mutasi online (tarik PD online).
21 Jika ada GTK
mutasi/mencari jam tambahan di sekolah lain apa yang harus dilakukan?
Bisa menggunakan fitur mutasi GTK online (tarik GTK online melalui website
dapo.kemdikbud.go.id), agar sekolah baru tidak perlu menambahkan/ inputkan GTK
di sekolah baru/ sekolah ke 2 secara manual, selanjutnya pihak dinas yang akan
menyetuji GTK tersebut diizinkan atau tidak untuk penambahan jam di sekolah
lain.
22 Ketika sinkronisasi,
berapa lama data masuk ke dalam server?
Data masuk kedalam database dan profil sekolah secara realtime, tapi untuk
agregat data muncul dalam waktu 1×24 jam.
23 Apa yang dimaksud
dengan dokumen pakta integritas?
Dokumen yang menyatakan keabsahan data dapodik oleh sekolah secara online untuk
di bubuhi tanda tangani oleh kepala sekolah, pengawas sekolah, dinas
kabupaten/kota.
24 Apa yang harus sekolah
lakukan dengan dokumen pakta integritas tersebut?
Dokumen tersebut dapat di serahkan oleh pihak sekolah kepada dinas pendidikan
kab/kota.
25 Kapan dokumen tersebut
di kumpulkan?
Dokumen pakta integritas dapat di unduh web dapo.kemdikbud.go.id pada saat data
sekolah sudah merasa data lengkap, benar dan mutakhir, untuk selanjutnya
dokumen tersebut di tanda tangani oleh sekolah, pengawas dan dinas pendidikan
kab/kota.
26 Apakah pengawas,
kepala sekolah, KKDatadik terlibat dalam dokumen pakta integritas?
Ya. Ketiga pihak tadi melakukan verifikasi data dapodik yang terkirim ke pusat.
27 Penggunaan kurikulum
2013 tidak diizinkan pada aplikasi Dapodik?
Untuk semester genap tahun ajaran 2017/2018 secara otomatis sekolah bisa
menggunakan kurikulum 2013.
28 Sekolah kami berstatus
Negeri, tapi kenapa menerima BOS = Tidak?
Perbaiki data isian bersedia menerima BOS di data rinci sekolah.
29 Peta koordinat sekolah
salah posisi?
Lakukan perubahan melalui http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Login
menggunakan akun SDM yang sudah di registrasikan kemudian lakukan sinkornisasi
pada aplikasi dapodik.
30 Bagaimana cara
mengupdate versi aplikasi?
Cek koneksi internet harus terhubung ke internet. Lakukan pengupdatean versi
melalui menu pengaturan kemudian pilih Cek Pembaruan, jika laptop dalam keadaan
online/terhubung internet. Maka akan terunduh secara otomatis.
31 NISN tidak muncul di
aplikasi Dapodikmen?
Cek kembali penginputan pada vervalpd apakah sudah melakukan konfirmasi data,
jika pada vervalpd belum melakukan konfirmasi data maka data NISN siswa tidak
akan muncul pada aplikasi Dapodikmen.
32 Bagaimana cara
mengajukan NUPTK melalui dapodik?
• Lakukan pengisian
dapodik secara benar.
• Biarkan kosong atribut NUPTK pada data individu GTK, adapun pihak yang akan
melakukan validasi adalah pihak dari Pusdatin dan akan di terbitkan sesuai
dengan kebutuhan guru di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan
dari Direktorat GTK.
33 Apakah validasi dan
sinkronisasi mengalami perubahan?
Iya, pada aplikasi versi 2021 ada beberapa mekanisme penambahan validasi dan
metode sinkronisasi. Mekanisme pada pengiriman data dengan menggunakan
sinkronisasi, adapun metode tarik data untuk mendapatkan pembaruan yang telah
terjadi pada server.
34 Jika ingin berpindah
komputer atau laptop untuk mengerjakan Aplikasi Dapodik, apa yang harus dilakukan?
• Di komputer yang baru:
generate ulang prefill baru, lalu instal aplikasi dan registrasi seperti biasa.
Maka akan muncul data hasil sinkronisasi terakhir;
• Di komputer yang lama lakukan uninstall aplikasi;
• Jika tidak dilakukan tahapan seperti di atas, akan terjadi data berganda.
35 Apakah PAUD wajib
mengisi data Nilai?
Untuk jenjang PAUD boleh mengisi nilai pada menu Rapot. Dan tidak perlu mengisi
nilai pada menu US/USBN.
36 Apakah dapodik sudah
terintegrasi dengan data EMIS dari Kemenag?
Untuk sementara waktu ini satuan pendidikan atau lembaga dibawah kemenag pada
binmas islam belum bisa terintegrasi dengan dapodik, namun untuk pemanfaatan
lainnya terkait dengan verifikasi dan validasi sudah.
Instalasi
37 Dimana bisa didapatkan master installasi Aplikasi Dapodik?
Master Aplikasi Dapodik bisa diunduh lewat alamat http://dapo.kemdikbud.go.id/
pada bagian unduh aplikasi.
38 Apa fungsi Pengaturan
Port dalam proses installasi Aplikasi Dapodik?
Fungsinya untuk menentukan letak server lokal yang akan diinstalkan dan
bertujuan agar aplikasi bisa berjalan sempurna. Tidak perlu ubah port ketika
instalasi. Biarkan sistem mengaturnya.
39 Bagaimana jika
instalasi aplikasi berhenti di bagian konfigurasi server?
Bisa jadi port defaultnya sudah terpakai sehingga aplikasi tidak mau terinstal.
Solusinya segera hapus aplikasi yang menggunakan port default Aplikasi Dapodik.
40 Bagaimana cara melakukan
uninstall Aplikasi Dapodik?
Buka control panel > Program and Features> Dapodik > klik uninstall.
Kemudian akan muncul kotak kecil berisi pernyataan menghapus aplikasi >
pilih Ya. Tunggu sampai muncul keterangan Aplikasi Dapodik berhasil dihapus dari
komputer Anda.
41 Apa yang terjadi
setelah registrasi dengan file prefill ini?
File terebut akan hilang dengan sendirinya setelah registrasi berhasil. Hal ini
dimaksudkan agar penggunaan file ini hanya satu kali saja setelah sekolah
melakukan proses input data. Selanjutnya menggunakan mekanisme generate ulang
prefill.
Perangkat
42 Aplikasi Dapodik paling baik diinstall di PC atau di laptop?
Disarankan diinstal pada laptop karena mobilitasnya lebih baik. Jika terjadi
sesuatu dengan Aplikasi Dapodik, laptop bisa dibawa untuk konsultasi perbaikan
data dan aplikasi.
43 Bagaimana spesifikasi
hardware minimal agar lancar menggunakan Aplikasi Dapodik?
Spesifikasi yang kami rekomendasikan untuk mengerjakan pendataan dengan
aplikasi dapodik antara lain sebagai berikut
• Processor minimal Intel Core i3,
• Memory minimal 4 GB
• HDD/SSD Storage minimal 128Gb
• Monitor 14Inch
44 Sistem Operasi
(Operating System) apa yang paling baik digunakan untuk Aplikasi Dapodik?
Disarankan menggunakan Windows 10 64bit. Meski demikian, Aplikasi Dapodik juga
dapat berjalan di Sistem Operasi berikut ini:
• Windows 7 32 & 64 Bit
• Windows 8 32 & 64 Bit
• Windows 8.1 32 & 64 Bit
• Windows 10 32 & 64 Bit
45 Peramban (Browser) apa
yang paling baik digunakan untuk menjalankan Aplikasi Dapodik?
Peramban yang direkomendasikan untuk digunakan adalah Google Chrome atau
Mozilla Firefox.
46 Bagaimana cara
melakukan pengaturan agar Aplikasi Dapodik dapat dibuka di peramban tersebut?
Aplikasi Dapodik berjalan di peramban bawaan (default browser) di komputer.
Jadi untuk dapat membuka aplikasi melalui shortcut yang ada di desktop, silakan setting
peramban yang akan digunakan sebagai peramban bawaan di komputer. Aplikasi
Dapodik juga dapat diakses dengan mengetik alamat localhost di navigasi
peramban.
47 Apa pengaruhnya jika
di validasi lokal berwarna merah dengan keterangan invalid?
pada aplikasi dapodik versi 2021 invalid tetap memengaruhi sinkronisasi, namun
bukan berarti tidak bisa mendapatkan update dari pusat ke aplikasi dapodik
lokal. Versi saat ini ada dua mekanisme sinkronisasi atau tarik data.
48 Apa bisa dalam satu
sekolahan mengoperasikan Dapodik 3 komputer
Sangat bisa namun yang harus diperhatikan adalah username atau email yang
digunakan disarankan berbeda dengan akun lainnya.
Registrasi
Q.49 Data apakah yang diinputkan saat registrasi?
Adapun data yang diinputkan pada saat registrasi baik untuk registrasi online
maupun ofline adalah Username (email), Password, Kode Registrasi:
• Username (email) :
usahakan unik, maksudnya 1 sekolah menggunakan 1 email yang berbeda dengan yang
lain.
• Password : password yang sebelumnya sudah di dapat, dan terakhir di perbarui
• Kode registrasi : pastikan kode registrasi ini adalah milik sekolah Anda.
50 Apa yang harus
dilakukan jika saat registrasi muncul keterangan “kode registrasi tidak ditemukan”?
Cek pada folder prefill yang ada di c:/prefill_dapodik apakah prefill-nya sudah
diunduh dan disimpan pada folder tersebut atau belum. Kalau belum maka segera unduh
prefill-nya pada alamat http://dapo.kemdikbud.go.id/ pada bagian unduhan Download Data Prefill,
kemudian masukkan kode registrasi. Setelah itu klik unduh di tulisan sini. Langkah
selanjutnya simpan di folder C:/prefill_dapodik.
51 Apa yang harus dilakukan
jika saat registrasi muncul keterangan “beberapa data tidak masuk’’
Ada beberapa pendekatan untuk menangani masalah ini, pertama aplikasi dapat
digunakan namun ada tendensi sebagian data tidak masuk, hal ini mayoritas data referensi
yang bermasalah dan terjadi pada saat melakukan registrasi secara online. Kami
sarankan untuk melakukan registrasi kembali setelah aplikasi di install ulang.
jika ingin melanjutkan, pastikan semua data individu dan isian sebelumnya di
cek ulang, apakah ada yang berkurang atau bertambah. Jika setelah pengecekan
aman, masih sesuai silakan melanjutkan pendataan. Terkait referensi yang belum
terakomodir akan bertambah secara otomatis saat sinkronisasi selesai
Kode registrasi
52 Apakah kode registrasi berubah ketika versi aplikasi berubah ?
Tidak. Secara default, kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun
jika ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah dapat
melakukannya melalui dinas pendidikan kabupaten/kota setempat. Meski demikian,
diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi karena aplikasi kode
registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat sinkronisasi.
53 Apa yang dimaksud
dengan kode registrasi?
Sebuah kode unik dan rahasia yang dibuat oleh sistem sebagai kunci aktivasi
Aplikasi Dapodik. Kode ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah
memiliki kode registrasi yang berbeda-beda.
54 Apa fungsi kode
registrasi?
Untuk melakukan aktivasi ketika sekolah akan memulai entri data sekolahnya.
Kode ini juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill dan melihat data
individu sekolah di progres pengiriman laman http://dapo.kemdikbud.go.id Selain
itu juga untuk membaca data prefill sekolah masing-masing.
55 Di mana sekolah saya
bisa mendapatkan kode registrasi?
Cara mendapatkannya adalah dengan menghubungi Kelompok Kerja Pendataan
Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat atau dinas
pendidikan provinsi untuk jenjang SMA, SMK dan SLB.
56 Apa syarat mendapatkan
kode registrasi?
Syaratnya, sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan terdaftar
di dalam referensi Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud.
Apabila belum terdaftar, segera perbaharui ke PUSDATIN atau menghubungi dinas
pendidikan kabupaten/kota setempat. Cek data NPSN bisa dilakukan di
referensi.data.kemdikbud.go.id >> Data Master >> pilih jenjang yang
diinginkan.
57 Jika tidak memiliki
NPSN, apakah sekolah kami bisa mendapatkan kode registrasi?
Tidak. Solusinya adalah dengan mengurus NPSN terlebih dahulu. Setelah memiliki
NPSN, otomatis bisa didaftarkan agar mendapatkan kode registrasi. Hal ini
dimaksudkan agar keabsahan sekolah tersebut resmi terdaftar di Kemendikbud.
58 Apakah NPSN sementara
dengan format NPxxxxx bisa dibuatkan kode registrasinya?
Ya, Karena itu NPSN sementara yang dikeluarkan oleh PUSDATIN
59 Apa yang harus
dilakukan jika lupa dengan kode registrasi sekolah?
Solusinya bisa segera menanyakan kode registrasi sekolahnya kepada dinas
pendidikan sesuai dengan kewenangannya masing masing. Untuk jenjang PAUD, TK,
SD dan SMP silakan koordinasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/kota, dan untuk
jenjang SMA, SMK dan SLB dapat berkoordinasi ke Dinas Pendidikan Provinsi
60 Apa akibatnya jika
kode registrasi diketahui oleh sekolah lain/pihak lain?
Kode registrasi itu bersifat rahasia. Jadi jangan sampai diberitahukan ke
sekolah lainnya karena menyangkut data masing-masing sekolah. Dikhawatirkan
kalau sampai diketahui oleh sekolah/pihak lain, maka data sekolahnya akan
digunakan oleh orang-orang yang tidak
bertanggung jawab.
61 Apakah kode registrasi
tahun saat ini sama dengan tahun sebelumnya?
Ya. Namun jika sekolah ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal, maka
dapat diubah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota atau provinisi setempat.
62 Apa fungsi lain dari
kode registrasi?
Selain untuk kode aktivasi juga dapat digunakan untuk mengunduh data prefill
per sekolah melalui dapo.kemdikbud.go.id. Di samping itu juga untuk memeriksa
data individu sekolah di progres pengiriman untuk memastikan datanya sudah sama
dengan di server.
63 Untuk sekolah baru,
bagaimana prosedur mendapatkan kode registrasi?
Melalui dinas pendidikan kabupaten/kota. Ajukan nomor NPSN ke Pusdatin dengan
melampirkan dokumen-dokumen kelengkapan administrasi perizinan sekolah dan SK
izin operasional. Setelah mendapatkan NPSN maka dapat mengajukan kode
registrasi ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
64 Apa akibat bila kode
registrasi dipakai oleh dua sekolah atau lebih?
Akibatnya akan fatal. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu.
Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, pastikan kode registrasi tersebut benar-benar
milik sekolah tersebut dan tidak diketahui oleh orang lain. Bila sudah
telanjur, solusinya adalah generate ulang prefill dan lakukan prosedur
instalasi seperti semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan
data berganda tersebut lalu lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua
minta ke dinas kabupaten/kota untuk dibuatkan kode registrasi baru.
65 Apakah dapat mengubah
kode registrasi?
Ya , melalui fasilitas ubah/reset kode registrasi di dinas kabupaten/kota.
Fitur ini dimaksudkan ketika kode registrasi diketahui oleh pihak lain yang
tidak bertanggung jawab atau pergantian operator, maka perubahan ini dapat
dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Reset kode
registrasi tidak menghilangkan data. Namun yang perlu diingat, kode registrasi
lama yang sudah direset tidak dapat melakukan sinkronisasi.
66 Kode registrasi ini
apakah untuk keperluan administrasi kelembagaan?
Tidak. Kode registrasi ini hanya untuk kebutuhan teknis operasional penggunaan
Aplikasi Dapodik saja, bukan sebagai nomor administratif seperti Nomor Pokok
Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) maupun Nomor Unik
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
67 Apakah kode registrasi
bersifat permanen?
Ya, selama pendataan Dapodik masih berjalan secara berkelanjutan.
Data Prefill
68 Apa definisi data prefill?
Prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “compressed” menjadi prf
file. Prefill ini adalah database sekolah hasil pengiriman terakhir Dapodik.
Prefill ini dimaksudkan agar data tahun ajaran sebelumnya dapat berlanjut ke
data tahun ajaran berjalan. Selain itu agar operator sekolah tidak melakukan
input data untuk kedua kalinya.
69 Apakah fungsi data
prefill?
Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data-data sekolah yang telah
dimasukkan pada aplikasi sebelumnya.
70 Dimana bisa
mendapatkan data prefill?
Data prefill bisa didapat di alamat http://dapo.kemdikbud.go.id Pastikan data
prefill tersebut yang terbaru (update) melalui generator prefill.
71 Apa yang dimaksud
dengan generate data prefill?
Updating data awal prefill dengan hasil sinkronisasi terakhir ke server.
Sehingga data prefill menjadi ter-update dengan data kiriman ke server
terakhir.
72 Dimana dapat
difasilitasi untuk melakukan generate prefill?
Generate prefill bisa dilakukan oleh operator tingkat sekolah. Alamat untuk
generate prefill adalah: http://dapo.kemdikbud.go.id Fasilitas ini semacam
simpan lokal secara nasional.
73 Jika komputer
bermasalah (hilang, rusak, atau ganti komputer) apa yang harus dilakukan?
Lakukan generate ulang prefill, unduh, lalu lakukan prosedur instalasi seperti
prosedur awal instalasi. Dengan demikian, pada aplikasi lokal sekolah akan mucul data hasil
kiriman sekolah yang terakhir. Hal ini penting dan perlu dilakukan agar
operator tidak menginput data dari awal lagi. Jika prosedur ini tidak dilakukan
dikhawatirkan datanya akan ganda/duplikasi, karena data di server sudah pernah
ada.
74 Apakah dapat
menggunakan data prefill tahun ajaran sebelumnya?
Tidak bisa, karena struktur berbeda dan data tahun sebelumnya sudah melalui
proses “cleansing”/pembersihan data. Pastikan Anda menggunakan data prefill
terbaru untuk melakukan proses input data di tahun ajaran baru.
Beranda
75 Apa yang harus dilakukan jika nama sekolah di aplikasi tidak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
untuk meminta bantuan mengubah nama sekolah. Seandainya dinas kabupaten/kota
tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
76 Apa yang harus
dilakukan jika nama kabupaten/kota di aplikasi tidak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya
dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
77 Apa yang harus
dilakukan jika nama kecamatan di aplikasi tidak sesuai?
Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya
dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.
78 Apa yang harus
dilakukan jika di Beranda terdapat keterangan “kepsek belum
dipilih”?
Silakan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab GTK pilih nama Kepseknya, lalu
klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data GTK pada tab Tugas Tambahan,
di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Setelah semua data selesai
diinput, kemudian klik simpan.
Input Data
79 Bagaimana prosedur input data yang benar?
Penginputan data yang benar sesuai dengan yang ada di lapangan dan teratur,
dimulai dari input data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, PTK, Rombel, dan
sebagainya.
80 Di mana bisa
didapatkan formulir pendataan Aplikasi Dapodik?
Formulir bisa didapat melalui aplikasi dapodik pada menu pusat unduhan,
formulir terbagi berdasarkan entitas yang diinput dalam aplikasi dapodik.
81 Apakah di aplikasi
terdapat panduan pengisian data?
Di aplikasi ada panduan dalam pengisian data berupa tombol “help” berupa tanda
Tanya (?). Tombol tersebut berfungsi untuk memberitahu operator kalau ada
inputan yang tidak diketahui bisa dilihat melalui bantuan tersebut. Adapun
manual dan FAQ ini dapat di unduh juga pada menu pusat unduhan
82 Dapatkah 1 komputer
digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Bagi lembaga yang menaungi dua sekolah bisa mengerjakan pengisian data dalam 1
laptop. Cara pengerjaannya:
• Siapkan kode registrasi
dan file prefill semua sekolah yang akan dimasukkan;
• File prefill kedua sekolah tersebut dimasukkan ke folder dengan nama
prefill_dapodik di drive C;
• Siapkan user/email yg berbeda untuk setiap sekolah, pastikan email yang
digunakan berbeda dengan sekolah lainnya;
• Lakukan registasi sekolah pertama;
• Setelah berhasil bisa melakukan registrasi dengan akun sekolah selanjutnya
atau langsung login.
• Prosedurnya sama, hanya saja yang perlu diperhatikan adalah akun yang
digunakan harap berbeda, dan saat registrasi maka data yang akan terkirim hanya
sekolah
83 Dapatkah entri satu
data sekolah dikerjakan oleh beberapa operator pada laptop berbeda?
Untuk mempermudah pengerjaan satu sekolah bisa dikerjakan oleh beberapa orang
operator dengan menggunakan laptop yang berbeda. Caranya dengan menggunakan LAN
atau IPCONFIG yang di-share oleh Laptop/PC server. Akan tetapi untuk melakukan
sinkronisasi hanya bisa dilakukan oleh komputer utama yang dijadikan server.
84 Bagaimana jika setelah
dipindahkan ke tabel utama, data PTK/Peserta Didik hilang?
Bila setelah menambahkan data GTK atau Peserta Didik baru, baik itu pindahan
atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi
untuk mengambil data dari server agar SP (Store Prosedure) berjalan dan
PTK/Peserta Didik bisa tampil di tabel utama. Atau klik Action Menu lalu pilih
GTK “belum penugasan”, atau tampilkan data peserta didik belum registrasi dan
lakukan refresh dengan menekan tombol ctrl+f5,
85 Apa solusinya jika
terjadi kesalahan input nama, tanggal lahir, dan NISN peserta didik?
Bisa diedit atau diperbaiki melalui vervalpd.data. kemdikbud.go.id Setelah
melakukan edit data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal
(Aplikasi Dapodik di sekolah).
86 Kenapa data individu
Peserta Didik, PTK, dan rombongan belajar berbeda antara Aplikasi Dapodik dan
server?
Kesalahan jumlah biasanya terjadi karena pengisian data di aplikasi double,
atau terjadi duplikasi data di server. Cara menormalkannya, silakan lakukan
generate prefill, lalu instal ulang aplikasinya dan lakukan registrasi dengan
menggunakan username dan password yang sama. Setelah itu lakukan sinkronisasi.
87 Bagaimana jika sekolah
kami ingin melakukan merger dengan sekolah lain?
Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan merger adalah SK Penutupan atau
SK Merger, prosedur yang ada saat ini adalah melaui jalur dinas pendidikan
setempat sesuai dengan kewenangannya. Setelah itu dinas pendidikan akan
melakukan koordinasi dengan admin yang ada di pusat, tepatnya di bagian
PUSDATIN. Setelah dinas pendidikan sudah menerima informasi bahwa sekolah sudah
merger, maka dinas pendidikan setempat harus menginformasikan kepada sekolah
yang menjadi induk untuk melakukan registrasi ulang di dapodiknya untuk
mengetahui apakah data dari sekolah yang sudah ditutup datanya masuk atau tidak
ke sekolah yang menjadi induk
88 Bagaimana cara
mendapatkan kembali data yang telah kita isi bila laptop dan PC terkena virus
atau hilang?
Data bisa diambil kembali apabila sekolah pernah melakukan sinkronisasi
sebelumnya. Data bisa diambil dengan melakukan generate prefill yang bisa
dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di
generate, silakan instal aplikasinya dan lakukan registrasi dengan username dan
password yang sama.
Kirim Data atau
Sinkronisasi
89 Bagaimana parameter sinkronisasi yang berhasil?
Pada kotak perubahan apa saja yang sebelumnya berisi pemberitahuan data yang
sudah ditambah, update, hapus akan tertera di situ. Jika parameter sinkronisasi
berhasil maka kota perubahan tersebut hilang.
90 Apa
parameter/ciri-ciri data telah berhasil terkirim semua ke server?
Bisa dilihat dari tabel perubahan, datanya menjadi kosong. Kemudian cek laman,
data hasil sinkronisasi telah muncul berikut tanggal sinkronisasi terakhir.
91 Di mana kita dapat
mengecek hasil pengiriman sinkronisasi Aplikasi Dapodik?
Data yang telah terkirim dapat di cek keseluruhannya setelah 1×24 jam, adapun
kita dapat cek melalui laman manajemen sekolah di laman resmi aplikasi dapodik.
92 Di Dapodik sekarang
tidak ada tombol Sinkronisasi, bagaimana cara sinkronisasi Dapodik jika sudah
selesai input data?
Untuk input data dapodik bisa dilakukan dengan akun pengguna Kepala Sekolah.
Dengan 2 cara, yaitu kepala sekolah login dengan akun penggunanya, yang kedua operator
menggunakan fitur Tukar Pengguna yang ada pada menu Pengaturan.
93 Apakah yang dimaksud
tarik data pada menu sinkronisasi
Fitur tarik data adalah fitur terbaru pada aplikasi dapodik versi 2021. tarik
data adalah fitur pada aplikasi dapodik yang berfungsi untuk menarik data yang
telah atau sudah mengalami perubahan pada server dapodik. Bisa hasil perubahan
melalui aplikasi verval maupun penambahan referensi.
94 Apa perbedaan tarik
data dan sinkronisasi ?
Mulai aplikasi dapodik versi 2021 ada dua jenis pengiriman data, tarik data
adalah fitur pada aplikasi dapodik yang berfungsi untuk menarik data yang telah atau sudah
mengalami perubahan pada server dapodik. Bisa hasil perubahan melalui aplikasi
verval maupun penambahan referensi. Sedangkan sinkronisasi adalah fitur yang
digunakan untuk mengirimkan data ke server pusat.
95 Bagaimana cara
sinkronisasi untuk sekolah atau satuan pendidikan pada jenjang PAUD Dikmas ?
Sama hal nya dengan jenjang lainnya, untuk melakukan sinkronisasi tentunya
harus memperhatikan validasi yang ada pada aplikasi dapodik. Sekolah atau
lembaga dapat melakukan sinkronisasi bila tidak ada lagi status validasi dengan
kategori invalid, jika status warning masih bisa melakukan sinkronisasi.
96 Kenapa sinkronisasi
harus menggunakan peran kepala sekolah ? tidak menggunakan akun admin dapodik
saja ?
Dengan demikian dapat meningkatkan partisipasi aktif kepala sekolah sebagai
orang yang bertanggung jawab terhadap data yang akan dikirimkan. Hal ini
dilakukan juga untuk meningkatkan kesadaran kepala sekolah agar lebih sadar
terhadap pentingnya data pokok pendidikan.
Sekolah
97 Jika ada sekolah merger, apa yang harus dilakukan?
• Dinas Pendidikan
setempat menghubungi Pusat untuk dilakukan proses merger.
• Proses merger di Pusat dapat memindahkan data PD, GTK, dan Prasarana secara
otomatis dari sekolah yang dilebur ke sekolah induk tanpa harus menginput
ulang.
• Setelah proses merger selesai, sekolah induk melakukan generate ulang prefill
baru dan diregistrasikan seperti biasa dengan menggunakan kode registrasi
sekolah induk. Sekolah yang dilebur akan otomatis terhapus di Pusat.
• Akan terlihat PD, GTK, dan Prasarana di sekolah yang dilebur otomatis masuk
ke sekolah induk.
98 Jika ada sekolah tutup
atau berhenti beroperasi, apa yang harus dilakukan?
Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan penutupan
sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data di Aplikasi
Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp.
99 Jika ada sekolah
berganti nomenklatur, apa yang harus dilakukan?
Hubungi dinas kabupaten/kota setempat, lalu dinas akan melakukan perubahan
nomenklatur sekolah melalui vervalsp.data.kemdikbud.go.id. Secara otomatis data
di Aplikasi Dapodik akan berubah mengikuti data di vervalsp.
100 Jika ada sekolah
baru, apa yang harus dilakukan?
Koordinasi dengan dinas pendidikan setempat, ada beberapa hal yang harus
diperhatikan sebelum mengerjakan aplikasi dapodik
• Pastikan dinas
pendidikan setempat sudah membuatkan akun dapodik
• Pastikan dinas sudah memasukan setidaknya satu GTK pada sekolah tersebut
• Sebelum melakukan registrasi pastikan sekolah sudah menambahkan data peserta
didik setidaknya satu pada manajemen sekolah setelah akun dapodik dibuatkan
oleh dinas pendidikan
• Setelah ketiga poin diatas sudah terpenuhi silakan mengerjakan pendataan
melalui aplikasi dapodik
• Lakukan unduh aplikasi dapodik versi terbaru, instal dan registrasi.
• Selesai
101 Jika terjadi
kesalahan identitas sekolah yang dikunci di Aplikasi Dapodik seperti NPSN,
alamat sekolah, kecamatan, SK Izin Operasional, desa, dll, apa yang harus
dilakukan?
Beberapa atribut sekolah memang sengaja di disable karena akan mengganggu
integritas data bila data inti bisa berubah, untuk mengubahnya silakan melakukan
pengajuan perubahan identitas data sekolah melalui vervalsp
102 Bagaimana jika ada
pertanyaan terkait integrasi Kurikulum Aplikasi Dapodik?
Jika ada pertanyaan terkait mata pelajaran atau kurikulum yang digunakan namun
belum dapat diakomodir di aplikasi dapodik, secara prosedural dapat menghubungi
dinas pendidikan setempat atau direktorat teknis sesuai dengan bentuk
pendidikan satuan pendidikan tersebut.
103 Jika sekolah saya
masuk ke dalam validasi Rombel berganda, apa yang harus
dilakukan?
• Lakukan generate ulang
prefill yang baru, registrasikan dengan prefill baru tersebut dengan username
dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
• Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang berganda tersebut;
• Keluarkan anggota Rombel, hapus pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.
104 Apakah isian pada
sanitasi harus dilengkapi semua ?
Pada dasarnya semua isian pada aplikasi dapodik memang harus diisi , dan pada
isian sanitasi ini tergolong banyak penambahan baik di jenjang PAUD Dikmas ,
dikdas maupun dikmen. Semua mengalami penambahan isian terkait sanitasi ini
karena akan dimanfaatkan datanya. Dan mulai pada aplikasi dapodik versi 2021
disarankan kepada seluruh satuan pendidikan dan lembaga untuk melengkapi data
ini
Sarana dan Prasarana
105 Pada bagian tanah apakah kita wajib memasukan NJOP suatu tanah tersebut ?
Pada isian memang belum menjadi mandatory, namun setiap kolom isian atau
atribut yang ada pada dapodik tentu akan sangat bermanfaat pada waktunya.
Mungkin saat ini belum digunakan, tapi suatu saat nanti pasti akan
dimanfaatkan.
106 Apa yang dimaksud
salin data periodik yang ada di tombol aksi pada menu tanah ?
Salin data periodik ini adalah untuk melakukan salin data dari semester
sebelumnya. Dengan ketentuan jika data semester sebelumnya sudah terisi berarti
pada semester berjalan tinggal melengkapi data yang mengalami perubahan.
107 Apakah kita harus
mengisi semua isian pada tanah ?
Sama pada pertanyaan sebelumnya, data ini akan bermanfaat pada waktunya. Tentu
kami sarankan untuk melengkapi data sebaik mungkin.
108 Apa yang dimaksud
luas lahan tersedia pada isian tanah ?
Luas lahan tersedia adalah tanah yang siap dibangun dan masih belum
dimanfaatkanmruangan atau bangunan apapun.
109 Bagaimana cara
menghapus ruang di dapodik
Ruangan yang ada dan sudah di inputkan sebelumnya di aplikasi dapodik tidak
dapat di hapus, data sarana yang bisa dihapus adalah bangunan. Untuk menghapus
ruangan harus dipetakan terlebih dahulu kebagian bangunan yang akan di hapus.
Proses penghapusan bangunan pun tidak semata-mata hilang, melainkan adalah
dengan tombol hapus pembukuan bangunan, pilihan keterangan adalah koreksi data.
110 Bagaimana cara
menghapus atau mengedit alat atau bangunan di menu Sarpras?
Bangunan melekat pada tanah, jadi untuk mengubah harap memilih tanah terlebih
dahulu. Tanah yang dipilih adalah tanah yang sudah ada bangunannya. Setelah
dipilih kemudian pilihan tombol akan aktif pada sub menu bangunan.
111 Apakah perlu mengisi
tingkat kerusakan setiap ruangan yang ada dalam satu
bangunan ?
Sangat perlu jika kerusakan bangunan belum termasuk rusak berat. Apabila
tingkat
kerusakan masa bangunan termasuk rusak berat maka tidak perlu mengisi tingkat
kerusakan pada setiap ruangan yang ada dalam bangunan tersebut. Pastikan
kembali pemetaan bangunan sesuai dengan kondisi sesungguhnya
112 Apakah yang harus
dilakukan bila bangunan sudah mengalami rusak berat ? Bagaimana implementasi
penginputan pada aplikasi dapodik ?
Jika hasil analisis tingkat kerusakan bangunan sudah termasuk rusak berat maka
silakan disesuaikan penginputannya di aplikasi dapodik. Karena tingkat
kerusakan yang telah disesuaikan penghitungannya di aplikasi dapodik saat ini
mengacu pada ketentuan yang ada pada kementerian pekerjaan umum dan perumahan
rakyat (PUPR).
113 Bagaimana jika tingkat
kerusakan suatu bangunan belum rusak berat ?
Jika tingkat kerusakan suatu bangunan masih dibawah rusak berat maka wajib
mengisi tingkat kerusakan ruangan di dalamnya.
114 Apakah tingkat
kerusakan setiap ruangan akan di akumulasi menjadi tingkat kerusakan suatu
bangunan ?
Betul tingkat kerusakan suatu bangunan termasuk dari tingkat kerusakan semua
ruangan yang ada pada bangunan tersebut. Pastikan mengikuti ketentuan yang
sudah disediakan pada aplikasi dapodik. Dan fitur ini baru hadir di aplikasi
dapodik versi 2021
Guru dan Tenaga
Kependidikan (GTK)
115 Bagaimana jika GTK tersebut keluar atau mutasi dari sekolah induk?
Untuk GTK yang keluar/mutasi dari sekolah induk tidak boleh langsung dihapus,
akan tetapi GTK tersebut harus diubah di penugasannya. Di sana terdapat beberapa pilihan di
antaranya: GTK keluar karena mutasi, pensiun, wafat, dll. Isi pula tanggal
keluar atau mutasinya.
116 Kenapa login sebagai
operator tidak dapat mengubah data rincian setiap GTK ?
Sama hal nya dengan kepala sekolah, tujuan dengan diberlakukannya setiap akun
untuk setiap individu adalah untuk meningkatkan kesadaran individu terhadap
data yang dimiliki, karena kedepannya yang akan memanfaatkan data tersebut
adalah individu itu tersendiri. Meskipun pada kenyataannya kembali ke operator
untuk mengerjakan, setidaknya operator disini bisa membantu mendampingi setiap
GTK untuk melengkapi dan menyempurnakan data yang dimiliki.
117 Bagaimana mekanisme
jika ada kesalahan penulisan Nama, tanggal Lahir, NUPTK pada data PTK?
Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalptk.data.kemdikbud.go.id dan
login menggunakan akun yang sudah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.
118 Apakah pengisian data
rinci harus per bulan atau per semester?
Setiap data rinci itu diisi bila ada perubahan, baik itu per bulan ataupun per
semester, disesuaikan dengan kondisi riil di lapangan. Terdapat di tabel Action
Menu, bisa dipilih lanjutkan data periodik untuk mempermudah pengerjaan.
119 Berapa rasio guru dan
siswa untuk jenjang PAUD?
Menurut Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Pasal 36 Ayat 4 dijelaskan Rasio guru
dan anak didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas:
• a. Usia Lahir-2 tahun: rasio guru dan anak 1: 4.
• b. Usia 2-4 tahun: rasio guru dan anak 1: 8.
• c. Usia 4-6 Tahun: rasio guru dan anak 1:15.
120 Mengapa semua Guru
dan Tenaga Pendidikan harus membuat akun GTK?
Sangat penting setiap GTK membuat akun pengguna untuk mengelola sendiri data
masingmasing guru pada Dapodik, akun tersebut juga digunakan untuk membuka
aplikasi InfoGTK. Namun apabila guru ingin mengelola datanya dibantu oleh
operator sekolah, maka operator sekolah bisa mengganti pengguna pada fitur
Tukar Pengguna yang ada di Pengaturan. Dengan syarat guru tersebut sudah
membuat akun pengguna.
121 Bagaimana cara
membuat akun pengguna GTK pada Dapodik untuk jenjang PAUD?
Untuk membuat akun GTK bagi guru yang belum mebuat pada Dapodik semester
2019/2020 maka membuat akun pengguna GTK ada pada Operator Dapodik Dinas
Pendidikan Kab/Kota setempat.
122 Mengapa data info GTK
saya tidak bisa dicek?
Karena ada perbedaan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK),
nama PTK, dan tanggal lahir yang dientri di Aplikasi Dapodik dengan database
Pusat.
123 Kenapa ketika
mengecek data GTK di info GTK data sekolah induk tidak ditemukan?
Ada dua kemungkinan. Pertama, GTK tersebut terdaftar sebagai GTK induk di dua
sekolah.
Kedua, GTK tersebut tidak dipilih sekolah induknya.
124 Mengapa masa kerja
golongan atau pangkat GTK tidak sesuai dengan yang dientrikan?
Masa kerja golongan atau pangkat diambil dari tabel riwayat pangkat dan
golongan pada Tanggal Mulai Tugas (TMT) golongan atau pangkat. Bila TMT
Golongan lebih muda dari Pangkat, maka Masa Kerja Golongan yang diambil. Akan
tetapi bila TMT Pangkat lebih muda, maka Masa Kerja Golongan yang diambil.
125 Kenapa pada saat ubah
GTK dan Save tidak berhasil muncul keterangan “field
masih ada yang merah’’?
ini biasanya terjadi pada sekolah swasta, ganti status pegawaian menjadi PNS
dan cek kembali pada isiannya seperti NIP, SK CPNS, SK PNS jika masih ada yang
merah dihapus, setelah itu pilih kembali ke status pegawainnya yang asli
seperti GTY.
126 Apakah GTK harus
di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?
GTK harus dimapping kembali didalam rombel karena dipembelajaran untuk semester
yang sekarang kosong kembali
127 Jika ada GTK yg
mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?
Silakan diinputkan sesuaikan dengan surat mutasi atau pindahnya.terkait
penambahan data GTK bila sebelumnya belum pernah terdata akan diakomodir oleh aplikasi vervalptk
yang dikelola oleh PUSDATIN.
128 Bagaimana cara agar
Tendik di Sekolah Negeri yang belum punya NUPTK bisa lebih mudah
mendapatkannya?
Berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan NUPTK yang dapat diunduh pada
laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=site/panduan. Prosedur
penerbitan NUPTK untuk tanaga kependidikan (tenaga administrasi, pustakawan,
dll) persyaratannya sama dengan guru/pendidik tetapi untuk kualifikasi
pendidikan mengacu kepada Permendiknas No 24 Tahun 2008 Tentang Tenaga Administrasi
Sekolah/Madrasah dan Permendikdub No 32 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis
Pelayanan Minimal Pendidikan.
129 Bagaimana cara
menambahkan tugas tambahan yang melekat pada status guru
dan tenaga kependidikan ?
Langkah-langkah menambah tugas tambahan pada GTK di antaranya sebagai berikut:
• Login Aplikasi Dapodik
sebagai GTK
• Masuk ke Halaman GTK
• Pilih Data GTK
• Klik tombol Ubah
• Masuk ke Tab Tugas Tambahan di Menu Data Rinci GTK
• Klik tombol Tambah untuk menambah data tugas tambahan
• Lengkapi kolom jenis jabatan, nomor SK tugas tambahan, TMT tugas tambahan dan
kosongkan kolom TST tugas tambahan
• Klik tombol Simpan untuk menyimpan data tugas tambahan GTK
• Selesai
130 Adakah syarat atau
ketentuan pada tugas tambahan GTK ?
Tugas Tambahan memiliki beberapa syarat untuk diakui, di antaranya:
• Tugas tambahan hanya
diakui pada satminkal induk GTK,
• Pengisian Nomor SK Tugas Tambahan minimal 10 digit
• Pengisian TMT Tugas Tambahan terisi dengan benar sesuai SK terbaru
• Kolom TST Tugas Tambahan harus dikosongkan apabila GTK aktif menjabat.
Pengisian TST Tugas Tambahan hanya dilakukan bila GTK sudah tidak aktif
menjabat tugas tambahan.
• Kepala Sekolah satu orang di Satuan Pendidikan
• Wakil Kepala Sekolah paling banyak 3 orang pada jenjang SMP disesuaikan
dengan jumlah rombongan belajar yang dimiliki Satuan Pendidikan, sebagai
berikut:
• 3 sampai dengan 9 rombel satu orang wakasek
• 10 sampai dengan 18 rombel dua orang wakasek
• Lebih dari 18 rombel tiga orang wakasek
• Wakil Kepala Sekolah paling banyak 4 orang pada jenjang SMA dan SMK
disesuaikan dengan jumlah rombongan belajar yang dimiliki Satuan Pendidikan,
sebagai berikut:
• 3 sampai dengan 9 rombel satu orang wakasek
• 10 sampai dengan 18 rombel dua orang wakasek
• 19 sampai dengan 27 dari rombel tiga orang wakasek
• Lebih dari 27 rombel 4 orang wakasekKepala Perpustakaan
satu orang pada sekolah SMP, SMA, SMK
• Kepala Laboratorium satu orang pada sekolah SMP, SMA, SMK
• Ketua Program Keahlian/Program Studi pada sekolah SMK untuk setiap program
keahlian yang tersedia
• Kepala Bengkel pada sekolah SMK untuk setiap bengkel yang tersedia
• Kepala Unit Produksi satu orang pada sekolah SMK.
131 Apakah dampak bila
tidak melengkapi data rincian pada setiap GTK di sekolah ?
Aplikasi tidak bisa disinkronkan karena beberapa data rinci harus diisi, contoh
data rinci periodik PTK, riwayat pendidikan formal, kompetensi keahlian, nilai
test, riwayat gaji berkala bagi PNS dan riwayat kepangkatan bagi PNS,
132 Mengapa data GTK non
induk tidak dapat diubah data rinciannya ?
Karena data yang diambil mengikuti data di sekolah induk, begitupun dengan akun
yang hanya dapat diubah melalui sekolah induk
133 Bagaimana cara
mengubah jenis GTK ?
Mengubah jenis GTK pada aplikasi dapodik dapat menghubungi dinas pendidikan
setempat sesuai dengan ketentuannya. Bagi sekolah dengan jenjang pendidikan dibawah
dinas pendidikan kabupaten kota bisa langsung ke dinas, begitu juga dengan
jenjang pendidikan dibawah dinas pendidikan provinsi. Karena yang dapat
mengubah jenis GTK adalah admin dapodik atau KK Datadik yang berada dinas
pendidikan setempat.
134 Bagaimana cara
mengubah akun GTK pada aplikasi dapodik ?
Untuk mengubah akun GTK bisa menggunakan manajemen sekolah pada laman berikut
http://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ adapun langkahnya sebagai berikut
• Login menggunakan akun dapodik sekolah sebagai operator
• Pilih tab akun,
• Pilih jenis akun,
• Klik tampilkan,
• Pilih data GTK yang akan di ubah
• Klik icon pencil pada baris GTK tersebut, silakan ubah username dan password
• Selesai
Peserta Didik
135 Untuk siswa pindah ke sekolah lain bagaimana ?
Mekanisme tetap mengikuti kebijakan di daerah setempat, adapun pada aplikasi
dapodik kami sarankan bila siswa sudah tidak ada pada sekolah tersebut (sudah
mutasi) maka segera keluarkan data siswa tersebut. Hal ini akan berpengaruh
pada jumlah peserta didik dan ada tendensi pada duplikasi data peserta didik.
136 Untuk siswa masuk
atau pindahan dari sekolah lain bagaimana?
Tambahkan peserta didik seperti prosedur awal diinputkan sesuaikan dengan surat
mutasi atau pindahnya, bisa melalui tambah peserta didik secara online atau tambah
peserta didik secara offline Jangan lupa dimasukkan ke dalam rombongan belajar dengan status
siswa pindahan dan jenis pendaftaran pindahan di registrasi peserta didik.
137 Bagaimana cara tarik
data siswa dari Mts/Mtsn
Peserta didik yang berasal dari lembaga atau satuan pendidikan dibawah Kemenag
(MI,Mts, MA) tidak menggunakan dapodik, maka fitur tarik data peserta didik
tidak dapat digunakan. Hal ini hanya dapat diakomodir dengan menggunakan fitur
tambah peserta didik diluar dapodik
138 Kenapa “Sts” peserta
didik bertanda seru (!) dan berwarna merah?
Karena peserta didik tersebut belum diregistrasikan, maka silakan registrasikan
peserta didik tersebut sesuai tanggal masuk ke sekolahnya.
139 Untuk siswa lulus
bagaimana?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut. Isi alasan keluar
karena lulus di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan berpindah ke tabel peserta
didik keluar dengan alasan lulus.
140 Untuk siswa tinggal
kelas bagaimana?
Tidak boleh dihapus, Masukkan siswa tersebut ke dalam Rombel dengan pendaftaran
mengulang.
141 Untuk siswa yang
keluar atau putus sekolah bagaimana ?
Tidak boleh dihapus, tapi registrasikan siswa tersebut, isi alasan keluar
karena putus sekolah di tabel registrasi peserta didik. Maka peserta didik akan
berpindah ke tabel peserta didik keluar dengan putus sekolah.
142 Mengapa data peserta
didik pindahan yang telah diinput tidak bisa di-mapping ke Rombel yang
seharusnya, justru terbaca sebagai siswa kelas I?
Secara sistem saat ini
terkait perpindahan peserta didik atau tarik peserta didik pemetaan siswa
pindahan dapat dilakukan di manajemen sekolah. Bila ada kesalahan dalam
melakukan pemetaan siswa ke dalam rombongan belajar untuk membenarkannya
silakan hubungi dinas pendidikan setempat untuk memetakan siswa tersebut ke
dalam rombongan belajar yang benar.
143 Bagaimana jika ada
kesalahan pengisian nama dan tanggal lahir siswa di tabel
peserta didik ?
Untuk memperbaiki kesalahan entri melalui vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan
login menggunakan akun yang sudah registrasi di sdm.data.kemdikbud.go.id.
144 Apakah PD harus
di-mapping ulang di dalam tabel Rombel?
Jika menggunakan fasilitas action menu kenaikan kelas maka siswa tidak perlu di
mapping ulang dengan catatan peserta didik tidak diacak atau dirandom. Bila
menggunakan pilihan buat rombel baru maka peserta didik harus dimapping ulang
didalam rombel.
145 Apakah penerbitan
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) masih menggunakan
Aplikasi Dapodik?
Ya. Mekanisme pengumpulan datanya masih tetap dengan Aplikasi Dapodik dan
vervalpd.
146 Jika ada siswa yg
mutasi (pindah sekolah atau baru), bagaimana mekanismenya?
Untuk perpindahan peserta didik bila sebelumnya data peserta didik tersebut
sudah ada dan tercatat di aplikasi dapodik, maka bisa menggunakan fitur tarik
data peserta didik di manajemen sekolah. Namun bila data peserta didik tersebut
belum pernah tercatat di aplikasi dapodik bisa menggunakan fitur tambah peserta
didik di luar dapodik di manajemen sekolah. Adapun manajemen sekolah ini adalah
aplikasi online yang dapat di akses pada laman resmi dapodik di
https://dapo.kemdikbud.go.id/ .
Rombel
147 Bagaimana cara membuat rombongan belajar (Rombel)?
Sama seperti tahun sebelumnya. Namun jika Rombel tersebut berlanjut ke tingkat
selanjutnya, gunakan fasilitas kenaikan kelas dengan asumsi siswa tetap, tidak
di acak atau random. Namun jika diacak kembali, maka buatlah Rombel baru
seperti prosedur awal.
148 Kurikulum apa saja
yang dipilih?
Sesuai dengan ketentuan dari puspurdik sekolah yang terdaftar sebagai pengguna
kurikulum 2013 bisa tetap menggunakan kurikulum tersebut, tapi bila tidak
terdaftar sekolah harus menggunakan kurikulum KTSP. Dan untuk kurikulum KTSP
pada tahun 2020 tepatnya pada dapodik versi 2021 kurikulum KTSP sudah tidak
dapat digunakan.
149 Bagaimana cara
pengaturan Jumlah Jam Mengajar (JJM) di dalam Rombel?
Ikuti peraturan pada pengaturan jam sesuai dengan peraturan menteri tentang
kurikulum dan pelajari modul validasi pengisian data GTK dari Direktorat GTK
(Guru dan Tenaga Kependidikan)
150 Kenapa isian Rombel
di tabel peserta didik tidak bisa diedit?
Untuk mengedit isian Rombel pada tabel peserta didik, lakukan registrasi
terlebih dahulu bila peserta didiknya belum diregistrasi. Setelah itu klik
tabel rombongan belajar, pilih kelas, lalu klik anggota Rombel. Kemudian pilih
nama dan mapping ke Rombel ya. Setelah itu lakukan refresh dengan cara menekan
tombol ctrl+f5 (Refresh), pastikan siswa sudah terpetakan pada rombongan
belajarnya.
151 Bagaimana langkah
mengganti kurikulum agar tidak perlu menghapus Rombelnya?
• Bila atribut dalam
anggota rombongan belajar dan pembelajaran sudah terisi maka rombongan belajar
tidak bisa dihapus
• Untuk mengganti kurikulum harus menghapus atribut yang melekat pada rombongan
belajar, kemudian hapus rombongan belajar tersebut.
• Langkah selanjutnya adalah tambah rombongan belajar, pilih tingkat dan
kurikulum yang sesuai, kemudian isikan kembali anggota rombongan belajar dan pembelajarannya.
• Prosedur ini dilakukan karena akan berpengaruh pada pemanfaatan data terkait
jam mengajar guru yang ada pada rombel tersebut.
Semoga artikel saya berkaitan dengan solusi permasalahan dapodik versi 2021
dapat mengatasi permasalahan yang anda hadapi.
Sumber : https://disdikbud.banyuasinkab.go.id/
Post a Comment for "Masalah Dapodik"