August 22, 2019
0

Berat badan dan tinggi badan penting diukur guna memantau tumbuh kembang anak. Namun, pentingnya pengukuran lingkar kepala anak pun tak boleh dikesampingkan.

"Pengukuran lingkar kepala penting banget. Jadi kita tahu ukurannya si anak ini di bawah normal atau di atas normal," kata dr Bernie Endyarnie Medise SpA(K), MPH usai peluncuran aplikasi PRIMA di Gedung Kiara RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2016).

Dikatakan dr Bernie, ketika lingkar kepala anak di bawah atau di atas ukuran normal, bisa mengindikasikan ada masalah. Misalnya, ketika ukuran lingkar kepala di atas normal bisa jadi indikasi hidrocefalus atau saat lingkar kepala di bawah ukuran normal, bisa jadi indikasi cerebral palsy.

BACA JUGA :


Nah, cara mengukur lingkar kepala yang tepat yakni letakkan tali pengukur melingkar di atas alis, di atas telinga, dan di bagian belakang kepala yang paling menonjol. Dikatakan dr Bernie, pengukuran lingkar kepala ini bisa dilakukan di rumah.

Untuk anak usia 1 tahun ke bawah, maksimal pengukuran lingkar kepala yaitu per tiga bulan sekali. Tujuannya, yakni melihat tren kenaikan ukuran lingkar kepala anak. dr Bernie menambahkan bahwa pengukuran lingkar kepala saat ini juga sudah dilakukan di rumah sakit-rumah sakit.

"Kalau anaknya kebetulan jidatnya jenong gitu, kepalanya agak besar perlu juga dilakukan pengukuran. Ya walaupun memang pada beberapa anak ada yang kepalanya seperti itu tapi normal-normal aja ya," tutur dr Bernie.
Sumber : https://health.detik.com

Demikian postingan kami dengan judul Pentingnya Mengukur Lingkar Kepala Anak untuk Pantau Tumbuh Kembang Anak (Dapodikdasmen 2020) Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media