August 24, 2019
0

Tarik siswa Baru, Pindahan/Mutasi dan Pd diluar dapodik dilakukan secara online melalui manajemen data.dikdasmen.kemdikbud.go.id, dan cara ini dilakukan Operator Sekolah Tingkat SD,karena peran  kami juga sebagai operator SD,untuk tingkat Sekolah SMP barangkali sama juga caranya, Oleh karena itu, kami akan berbagi panduannya melalui langkah-langkah singkat dibawah ini agar data peserta didik bisa masuk kedalam aplikasi dapodik anda. nah untuk mempermudah rekan-rekan operator sekolah indonesia, ikuti langkah-langkah dibawah
BACA JUGA: Cara Tarik PD ( Siswa Baru ) Secara Online Pada Aplikasi Dapodik 2021


2.Username dan Password isi sesuai yang sama dengan Dapodiknya,Klik KELOLA DATA SEKOLAH
3.Klik KELOLA DATA POKOK
4.Klik PESERTA DIDIK

5.Klik TAMBAH PESERTA DIDIK
6.Klik PESERTA DIDIK BARU,Lihat Gambar
Selesai,
Catatan :
*Tarik Pd atau PTK Mutasi ini boleh dilakukan sebelum instal Aplikasi Dapodiknya,karena saat generate prefill dan registrasi berhasil,otomatis data siswa baru dan PTK Mutasi akan masuk ke Aplikasi Dapodiknya.
*Kalau instal duluan Aplikasi Dapodiknya baru generate prefill dan Registrasi berhasil,kemudian Tarik Pd atau PTK Mutasi, maka untuk bisa masuk ke Aplikasi Dapodiknya wajib sinkron dulu baru bisa masuk siswa baru dan PTK Mutasinya.
*Pada saat Tarik Pd siswa baru atau siswa Pindahan(mutasi masuk)  pada pilihan ROMBEL TUJUAN ,Kalau memang sudah dibikin Rombel pada Aplikasinya,bisa saja dipilih Rombel berapa siswa tersebut,kalau belum tidak mengapa untuk tidak dipilih,nanti di aplikasinya bisa dimasukkan/ditarik ke rombelnya,tapi khusus siswa pindahan wajib pilihlah nama rombelnya.
*Alangkah baiknya Tarik Pd Online persiswa saja,maksudnya setelah dicontreng satu nama siswanya,klik SIMPAN,cari lagi nama siswanya dan contreng lagi,Klik SIMPAN.Tapi terserah anda saja mau contrengi dulu nama-nama siswanya baru klik SIMPAN.Kalau kasus kami,tidak semua siswa masuk,terpaksa tarik Pd ulang nama yang belum masuk tersebut,sebelum tarik lagi lihat data di Aplikasi Papodiknya nama siswa yang belum masuk untuk menghindari data ganda.
*Ingat....setelah sinkron klik F5 (Reload)

Cara menambah Peserta Didik diluar Dapodik,Lihat Gambar


Cara menarik siswa yang mutasi dari sekolah lain
Klik PINDAHAN/MUTASI,caranya lihat gambar
BACA JUGA :

Cara Tarik PTK Online yang mutasi dari sekolah lain
1.Sama dengan loginnya siswa tadi,tapi pilih GURU DAN TENDIK
2.Klik TAMBAH PTK
3.Cari Daerah Sekolah asal PTK Mutasi,caranya lihat gambar

Demikian postingan kami dengan judul Cara Tarik Pd, Tarik Pd Mutasi dan Tarik PTK Mutasi Secara Online Dapodikdasmen v 2020 Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media