November 27, 2019
0

1.CARA AGAR APLIKASI PMP BISA CONNECT
Banyak terjadi Disconencted pada saat mau menyingkronkan Aplikasi PMPnya, berikut bisa dicoba cara mengatasinya
1.Hubungkan ke internet laptop atau computer yang sudah terinstal Aplikasi PMP 2019.11
2.Silahkan buka/login Aplikasi Dapodik yang sudah install v.2020.a Patch 2
3.Kemudian pada Aplikasi Dapodik klik Validasi Lokal,(bisa juga klik semuanya dulu Sekolah, Sarpras, Peserta Didik, GTK, Rombel dst), Kemudian klik menu Sinkronisasi (cuma klik menu sinkronisasi ya? bukan untuk disinkronkan)
4.Masih tetap keadaan login Aplikasi Dapodiknya, Silahkan buka/loginkan lagi Aplikasi PMP 2019.11(mungkin sudah ada satu atau dua orang responden yang mengisi EDS nya), kemudian silahkan klik pada Aplikasi PMPnya menu sinkronisasi, lihat apa masih DISCONECTED atau sudah CONNECT
5.Apabila belum CONNECT juga silahkan tekan Ctrl+F5
6. Selesai

Apabila masih tetap dengan keterangan pada Aplikasi PMP disconnected, coba pancing dengan melakukan sinkronisasi terlebih dahulu dengan Aplikasi Dapodik Versi barunya 2020.a Patch 2.
Alangkah bagusnya kalau mau sinkron Dapodik atau PMP pada waktu jam 4-6 pagi.

2. CARA AGAR APLIKASI PMP BISA SINKRON
Buka Local C
Bisa download file sinkronisasi.php disini atau disini
Setelah di download maka lakukan langkah-langkah berikut (caranya bisa lihat gambar diatas atau videonya dibawah)
1. Copy File sinkronisasi.php yang sudah di download
2. Paste ke folder Local Disk(C) /Program Files (x86)/EDSDikdasmen/dataweb/sync
3. (Replace) file sinkronisasi.php yang lama (sebelum replace backup lah dulu file sinkronisasi.php asalnya)
4. Setelah selesai diganti/replace file tsb,
5. Menuju ke aplikasi PMP Offline lalu Refresh
6. Lakukan Sinkronisasi
7. Tunggu hingga berhasil.
Mau jelasnya tonton videonya dibawah ini
Jadi coba dulu cara SATU diatas agar Aplikasi PMPnya bisa CONNECT baru nanti mencoba CARA 2 untuk bisa sinkron karena KONEKSI INTERNET LAMBAT

==============
INFO LAINNYA
_Ayo tinggal instalkan/timpahkan_
*EDS Offline PATCH 2019.11.18*
_Changelog Perbaikannya_ :
Perubahan Sinkronisasi
Perubahan instrumen (secara total)
Perubahan kuisioner untuk Responden Siswa (A,B,C,*E*) dan
Perubahan kuisioner untuk Responden Komite (A,B,D,*E*)
*NB: Pada kedua jenis responden itu, Pertanyaan E hilang semua
Perbaikan bisa diakses LAN
Perbaikan Progres Pengisian Responden
Download EDS DIKDASMEN PATCH 2019.11.18 disini atau disini

============
INFO LAINNYA
Sekedar sharing tentang PMP....
Kemarin yang mengisi data EDS di Sekolah, Guru sebanyak 10 orang, siswa sebanyak 15 orang...
Yang akhirnya ketika EDS mau di syncron jumlah jawaban yang mau dikirim mencapai 15.975...
Ketika saya paksa syncron terus menerus akhirnya berhasil kirim data, tapi tidak semua....
Syncron pertama terkirim 1.000 jawaban.... Kemudian internet lambat, saya paksa lagi syncron, terkirim lagi 1.000 jawaban... Server sibuk lagi, saya paksa lagi syncron,,, terkirim 1.000 jawaban lagi...
Jadi dari pengalaman diatas, jika sudah mengisi EDS sekalipun sedikit, langsung saja syncron, supaya tidak memberatkan pengiriman data...

Alhamdulillah, jumlah jawaban yang mau dikirim sekarang tersisa 2.975...

=============
INFO LAINNYA
Banyaknya kasus EDS Dikdasmen (offline) yang sebelumnya bisa login seperti biasa, tapi tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda jadi tidak dapat login masuk dengan muncul pesan seperti gambar dibawah ini.

Solusinya cukup simpel berdasarkan pengalaman pribadi.
1.Hapus history browser secara menyeluruh (yang dipakai EDS Dikdasmen)
2.Tutup seluruh browser yang aktif
3.Hapus folder C:\InstallerDapodik
4.Buka dan login aplikasi EDS Dikdasmen


=============
INFO LAINNYA
Tips Cara Mengatasi Beberapa Masalah EDS
Bagi yang sudah sukses registrasi dan berhasil login di EDS Offline, serta sudah mengisi kuesioner. Jika mendapatkan hasil isian kuesioner tidak dapat mencapai 100% tidak perlu panik dan bingung. 

Cukup lakukan sinkronisasi sampai sukses dan setelah itu tekan tombol F5 (kalau perlu beberapa kali). Taraaa.... maka otomatis referensi akan dilengkapi dan diperbaiki sehingga hasil menjadi 100%.

Jika saat sinkronisasi EDS ada permintaan mengisi Kode Registrasi tinggal tekan tombol F5 (kalau perlu beberapa kali) kemudian klik Sinkronisasi lagi. Tunggu sampai proses sinkronisasi selesai

Yang menjumpai masalah Disconnect saat akan sinkronisasi EDS, di coba dulu hapus history browser secara menyeluruh dari seluruh waktu (all time). Jika tetap gagal maka perlu dicoba mengganti browser yang berbeda. Atau kalau masih tetap gagal perlu gunakan aplikasi VPN yang cukup banyak pilihan.

Download Aplikasi Smart EDS 2019.11 dan Aplikasi Smart Clone v1.0 disini
Info kami dapatkan dari Group FB dan WA Operator

Demikian postingan kami dengan judul Cara Mengatasi Masalah Aplikasi PMP 2019.11 ( disconnected, koneksi internet lambat dan responden tidak 100% ) Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media