December 01, 2019
0


BackRest PMP EDS Offline
Ini merupakan file batch yang berfungsi untuk membackup dan merestore database PMP EDS Offline. mengingat dalam Aplikasi PMP EDS Dikdasmen tidak ada fitur backup dan restore. Sehingga saya buatkan dalam bentuk yang simpel dan memudahkan bagi pengguna awam.

Sebelum melakukan perintah backup/restore sebaiknya semua aplikasi aktif ditutup terlebih dulu. Untuk membuka file batch BackRest_PMP harus melalui perintah Run as administrator. Hasil backup database akan tersimpan dalam folder c:\Backup_EDS dan jika akan dipindahkan ke komputer lain tinggal dicopas menggunakan flashdisk dengan letak folder yang sama (c:\Backup_EDS).
Bagi yang mengalami kejadian dimana setelah install Patch EDS Dikdasmen Offline versi 2019.11.21 malah mengalami masalah dimana layar menjadi blank hitam. Padahal belum disinkronisasi tentu jika diuninstall aplikasi PMP EDS Dikdasmen akan ambyarr... datanya. Jadi bisa digunakan cara seperti dalam video ini. Dengan membackup terlebih dulu. Kemudian install ulang atau sebaiknya install PMP EDS Dikdasmen di komputer lain. Copykan folder backup ke drive c: dan lakukan restore melalui file batch.
Link Unduhan:
Link unduhan 2 file zip

Dipublikasikan tanggal 29 Nov 2019 oleh Adithya Exa Ramadhan
 

=============================
Dipublikasikan tanggal 1 Des 2019 oleh Adithya Exa Ramadhan
Aplikasi SmartEDS 2019.11 merupakan browser yang berbasis Chromium yang sudah dikustomisasi. Sehingga browser ini bisa dioptimalkan untuk mengerjakan kuesioner PMP EDS secara otomatis, tanpa bersentuhan langsung dengan database. Walaupun aplikasi EDS Dikdasmen masih memiliki cukup banyak bug tapi terpaksa saya upload ulang karena kebutuhan mendesak rekan-rekan operator.

Bagi operator awam sebaiknya menggunakan browser biasa seperti Chrome atau Firefox. Saya perlu tekankan lagi aplikasi ini merupakan browser. Jadi jika terjadi sesuatu beberapa masalah lebih banyak akibat faktor bug pada aplikasi EDS Dikdasmen.

Langkah kerjanya ikuti video dibawah karena saya sebenarnya tidak mood kalau urusan EDS Dikdasmen. Ini hanya empati saya buat rekan-rekan operator. Aplikasi Smart EDS pastinya dapat digunakan jika sudah terinstall EDS Dikdasmen serta sudah berhasil registrasi (dapat login masuk). Jika ada kuesioner yang tidak lengkap silakan lengkapi secara manual.
Link Unduhan:
Link unduhan 2
Link unduhan 3



=============================
Registrasi Dengan Generate Prefill Nasional (pakai NPSN)
Kalau OPS yang gagal paham mengenai registrasi EDS Dikdasmen Offline. Jika download prefill PMP pakai Generate Prefill Nasional (pakai NPSN) maka saat Registrasi yang dimasukkan 
Email: u_prefill_pmp dan 
Password: p4ssw0rd_pmp 
Setelah selesai registrasi untuk login masuk EDS Dikdasmen Offline menggunakan akun dapodik
Ingat!! Prefill ini hanya bisa dipakai satu kali registrasi kalau berhasil login, apabila sudah mengisi beberapa responden EDSnya dan sudah berhasil sinkron, maka nanti saat Laptopnya error/hang dan menginstal Aplikasi PMP lagi, maka generate prefillnya wajib dengan memilih wilayah, jangan memakai generate prefill (NPSN) lagi.Selain itu kalau mau registrasi browsernya pakailah google chrome,kalau tidak mau otomatis masuk ke google chrome copy paste link localhost PMPnya

Beda dengan download generate prefill dengan memilih wilayah,saat registrasi langsung memakai akun dapodiknya

BACA JUGA : Cara Mengatasi Masalah Aplikasi PMP 2019.11 ( disconnected, koneksi internet lambat dan responden tidak 100% )
=============================
BackRest Dapodik Dipublikasikan tanggal 4 Des 2019 oleh Adithya Exa Ramadhan
Batch File merupakan file script yang berbasis DOS (CMD) berupa baris interpreter, sehingga baris perintahnya dapat dibaca dengan notepad. Sengaja saya share menggunakan batch file dalam membackup atau merestore Dapodik biar dapat dipelajari dan dimodifikasi oleh rekan-rekan operator. Backup/Restore file batch ini akan sangat bermanfaat jika sudah mengedit/melengkapi Dapodik tapi terkendala Sinkronisasi. Sehingga jika sewaktu-waktu Dapodik bermasalah dapat direstore kembali seperti semula.

Langkah kerjanya cukup sederhana:
Cara BACKUP:
1.Tutup browser dan aplikasi yang aktif
2.Buka file BackRest_Dapodik melalui Run as administrator
3.Ketik angka 1 dan Enter
4.Tunggu sampai proses selesai dan secara otomatis akan ada folder c:\Backup_Dapodik
5.Jika diperlukan amankan (di copy atau compress) folder c:\Backup_Dapodik ke media penyimpanan lainnya.

Cara RESTORE:
1. Copy atau di extract folder backup ke drive c:
2. Selajutnya ikuti langkahnya sesuai dalam video

Catatan:
Jika di restore pada komputer berbeda maka harus sudah terinstall Dapodik (tanpa perlu registrasi)
Link Unduhan Batch File:

Demikian postingan kami dengan judul BackRest PMP EDS Offline Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya...Eh Jangan lupa Share and Like Ya?

Share To :

0 Comments:

Post a Comment


Monetize your website traffic with yX Media