Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun untuk
mengembangkan kreatifitas berpikir peserta didik. Pembelajaran
diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta
didik, kemampuan mengkontruksi pengetahuan baru, dan kemampuan menguasai materi
pelajaran dengan baik.
Pembelajaran perlu didesain dengan baik, karena melibatkan
interaksi peserta didik, pendidik (guru) dan sumber belajar pada sebuah
lingkungan belajar. Pembelajaran diselenggarakan dengan tujuan untuk
membantu peserta didik agar dapat belajar dengan sebaik-baiknya.
Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi, maka penerapan pembelajaran juga mengalami perubahan. Perubahan
tersebut tampak dari pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam
pembelajaran.
Pembelajaran Daring dan Luring
Daring merupakan
singkatan dari “dalam jaringan” sebagai pengganti kata online yang
sering kita gunakan dalam kaitannya dengan teknologi internet. Daring adalah
terjemahan dari istilah online yang bermakna tersambung ke
dalam jaringan internet.
Pembelajaran daring artinya adalah pembelajaran yang dilakukan secara online,
menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial.
Luring adalah
kepanjangan dari “luar jaringan” sebagai pengganti kata offline.
Kata “luring” merupakan lawan kata dari “daring”.
Dengan demikian, pembelajaran luring dapat
diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang sama sekali tidak dalam kondisi
terhubung jaringan internet maupun internet.
Prinsip Pelaksanaan
Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang
tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun
2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran
Corona Virus Disease (COVID 19), yaitu:
- keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik,
pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan
menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR
- kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman
belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan
menuntaskan seluruh capaian kurikulum
- BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup,
antara lain mengenai pandemi COVID-19
- materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan
usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan
peserta didik
- aktivitas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi
antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi
masingmasing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap
fasilitas BDR
- hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan
balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan
memberi skor/nilai kuantitatif; dan
- mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru
Metode dan Media
Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR)
Belajar Dari Rumah (BDR)
dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dibagi ke dalam 2 (dua)
pendekatan:
- pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring)
- pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring)
Dalam pelaksanaan PJJ,
satuan pendidikan dapat memilih pendekatan (daring atau luring atau kombinasi
keduanya) sesuai dengan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana.
Media dan Sumber Belajar
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara Daring selama masa BDR dapat menggunakan
gawai (gadget) maupun laptop dengan memanfaatkan google meet, zoom, facebook
messenger meeting, Cisco Webex Meetings. Whatsapp video call (untuk Kelas
kecil) dan lainnya serta dengan memanfaatkan beberapa portal dan aplikasi
pembelajaran daring,diantaranya:
- Rumah Belajar oleh Pusdatin Kemendikbud diakses
melalui https://belajar.kemdikbud.go.id
- TV edukasi Kemendikbud dapat diakses melalui https://tve.kemdikbud.go.id/live
- Pembelajaran Digital oleh Pusdatin dan SEAMOLEC
Kemendikbud dapat
diakses melalui https://rumahbelajar.id
- Tatap muka daring program sapa duta rumah belajar
Pusdatin Kemendikbud dapat diakses melalui pusdatin.webex.com
- LMS SIAJAR oleh SEAMOLEC, Kemendikbud dapat
diakses melalui http://lms.seamolec.org
- Aplikasi daring untuk paket A,B,C. dapat diakses melalui http://setara.kemdikbud.go.id
- Guru Berbagi dapat diakses melalui http://guruberbagi.kemdikbud.go.id
- Membaca digital dapat diakses melalui http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id
- Video pembelajaran dapat diakses melalui http://video.kemdikbud.go.id
- Suara edukasi Kemendikbud dapat diakses melalui https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id
- Radio edukasi Kemendikbud dapat diakses melalui https://radioedukasi.kemdikbud.go.id
- Sahabat keluarga -- Sumber Informasi dan bahan ajar
pengasuhan dan pendidikan keluarga dapat diakses melalui https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman
- Ruang guru PAUD Kemendikbud dapat diakses melalui http://anggunpaud.kemdikbud.go.id
- Buku sekolah elektronik dapat diakses melalui https://bse.kemdikbud.go.id
- Mobile edukasi - Bahan ajar multimedia dapat
diakse melalui https://m-edukasi.kemdikbud.go.id
- Modul Pendidikan Kesetaraan dapat diakses melalui https://emodul.kemdikbud.go.id
- Sumber bahan ajar siswa SD, SMP, SMA, dan SMK dapat
diakses melalui https://sumberbelajar.seamolec.org
- Kursus daring untuk Guru dari SEAMOLEC. dapat
diakses melalui http://mooc.seamolec.org
- Kelas daring untuk siswa dan Mahasiswa dapat
diakses melalui http://elearning.seamolec.org
- Repositori Institusi Kemendikbud dapat
diakses melalui http://repositori.kemdikbud.go.id
- Jurnal daring Kemendikbud dapat diakses melalui https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/jurnal-kemendikbud
- Buku digital open-access dapat diakses melalui http://pustaka-digital.kemdikbud.go.id
- EPERPUSDIKBUD (Google Play) dapat diakses melalui http://bit.ly/eperpusdikbud
- Informasi penanganan COVID-19 oleh Gugus Tugas
Percepatan Penanganan COVID-19 dapat diakses melalui https://covid19.go.id
- Portal informasi pendidikan Kemendikbud selama COVID-19 dapat diakses melalui http://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id
Post a Comment for "Media dan Sumber Belajar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Daring dan Luring Selama Masa Belajar Dari Rumah (BDR)"